√ Pengertian Komprehensif, Penggunaan dan Contohnya (Lengkap)

Posted on

Pengertian Komprehensif, Penggunaan dan Contohnya (Lengkap) – Istilah komprehensif sudah tidak asing lagi di dengar bagi sebagian orang. Komprehensif digunakan untuk menyatakan kondisi dimana sesuatu dapat menjelaskan keterangan secara lengkap dan menyeluruh serta memberikan wawasan yang lebih.

Pengertian Komprehensif, Penggunaan dan Contohnya (Lengkap)

Untuk mengetahui pengertian komprehensif, penggunaan istilah dan juga contohnya, kali ini StudiNews akan membahasnya. Simak penjelasannya sebagai berikut:

Pengertian Komprehensif

Secara umum, komprehensif adalah segala sesuatu yang sifatnya luas dan lengkap yang meliputi berbagai aspek atau ruang lingkup yang luas. Dengan kata lain, komprehensif adalah memiliki suatu wawasan yang luas terhadap sesuatu dan melihatnya dari berbagai aspek sehingga dapat memahami suatu permasalahan secara menyeluruh dan menyelesaikannya dengan baik.

Adapun menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), komprehensif adalah

  • Luas dan lengkap (tentang ruang lingkup atau isi)
  • Bersifat mampu menangkap (menerima dengan baik)
  • Mempunyai dan memperlihatkan wawasan yang luas.

Istilah “komprehensif” diambil dari bahasa Inggris, yakni “comprehensive” yang berarti lengkap, luas, menyeluruh, teliti, dan meliputi banyak hal.

Penggunaan Istilah Komprehensif

Adapun istilah komprehensif ini sering digunakan dalam berbagai bidang kehidupan, seperti filsafat, kebidanan, akuntansi, dan lain sebagainya. Arti komprehensif dalam berbagai bidang adalah sebagai berikut:

1. Bidang Filsafat

Arti komprehensif di bidang filsafat adalah suatu cara berpikir filsafat yang mengkaji segala sesuatu dengan menyeluruh sehingga tidak terdapat lagi bagian yang tersisa atau yang berada di luarnya.

Baca Juga:  √ Pengertian Budidaya, Manfaat dan Contohnya (Bahasan Lengkap)

2. Bidang Kebidanan

Arti komprehensif di bidang kebidanan yaitu penanganan yang dilakukan secara berkesinambungan kepada bayi dan ibu bayi sejak bayi tersebut dalam kandungan hingga dilahirkan.

3. Bidang Akuntansi

Arti komprehensif di bidang akuntansi adalah suatu prinsip pembuatan laporan laba dan rugi dengan tujuan untuk mengukur tingkat keberhasilan kinerja suatu perusahaan dalam periode tertentu.

Contoh Komprehensif

Berikut adalah beberapa kalimat dan penjelasannya sebagai contoh komprehensif.

1. “Perusahaan X melaporkan laba komprehensif yang diperolehnya pada tahun 2007”.
Artinya: keuntungan perusahaan yang dipengaruhi berbagai faktor di luar operasional normal perusahaan. Contohnya keuntungan nilai tukar mata uang.

2. “Rumah sakit X memberikan pelayanan yang komprehensif kepada para pasiennya”.
Arti dari kalimat komprehensif tersebut adalah rumah sakit X memberikan suatu pelayanan yang menyeluruh, mulai dari upaya kuratif, preventif, serta rehabilitatif bagi pasien.

Pengertian Komprehensif, Penggunaan dan Contohnya

3. “Berita kompreensif yang disajikan oleh situs X akhirnya membuat masyarakat memahami masalah secara keseluruhan”.
Artinya: Pada laopran berita mengenai suatu fakta yang disajikan secara menyeluruh dan dikaji dari berbagai aspek sehingga dihasilkan suatu kesimpulan.

4. “Setiap kampus pasti mengadakan ujian komprehensif bagi seluruh mahasiswa semester akhir”.
Artinya: “Ujian yang meliputi semua aspek pada bidang ilmu tertentu. Ujian ini dapat dilihat apakah seorang mahasiswa layak untuk lulus atau tidak.

Demikianlah penjelasan kita kali ini mengenai Pengertian Komprehensif, Penggunaan dan Contohnya (Lengkap). Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kamu. Sekian dan terimakasih.