√ Pengertian Konsep, Ciri, Fungsi, Unsur dan Karakteristiknya (Lengkap)

Posted on

Pengertian Konsep, Ciri, Fungsi, Unsur dan Karakteristiknya (Lengkap) – Pada pembahasan kali ini StudiNews akan menjelaskan mengenai konsep yang mencakup pengertian, ciri, fungsi, unsur dan juga karakteristiknya. Untuk itu langsung saja kita simak penjelasannya sebagai berikut:

Pengertian Konsep, Ciri, Fungsi, Unsur dan Karakteristiknya (Lengkap)

Segala sesuatu jika diawali dengan sebuah konsep maka akan lebih terarah. Agar tidak disalah artikan mengenai konsep langsung saja kita simak penjelasannya sebagai berikut:

Pengertian Konsep

Secara umum, konsep merupakan suatu gambaran abstrak dan umum tentang sesuatu yang bertujuan untuk menjelaskan suatu benda, gagasan ataupun peristiwa. Konsep adalah sebuah abstraksi suatu gagasan atau gambaran mental, yang dinyatakan dalam suat kata atau simbol. Konsep juga dinyatakan sebagai bagian dari pengetahuan yang dibangun dari berbagai macam karakteristik.

Konsep disebut sebagai abstrak karena mereka menghilangkan perbedaan dari segala sesuatu dalam ekstensi, yang memperlakukan seolah-olah mereka identik dan umum dimana mereka dapat diterapkan secara merata untuk setiap exstensinya.

Adapun secara etimologis kata “konsep” sendiri berasal dari bahasa latin “Conceptum” yang berarti segala sesuatu yang dapat dipahami. Adapun pengertian konsep lainnya adalah serangkaian pernyataan, ide atau gagasan yang saling terkait tentang berbagai kejadian atau peristiwa dan menjadi dasar serta petunjuk dalam melakukan sebuah penelitian.

Baca Juga:  √ Pengertian Variabel Menurut Para Ahli, Macam dan Contohnya

Pengertian Konsep Menurut Para Ahli

Adapun pengertian konsep menurut para ahli adalah sebagai berikut:

1. Soedjadi

Konsep adalah suatu ide abstrak yang dapat dipakai untuk melakukan klasifikasi ataupun penggolongan yang pada umumnya dinyatakan dengan suatu istilah ataupun rangkaian kata (lambang bahasa).

2. Aristoteles

Konsep merupakan suatu penyusun utama dalam pembentukan pengetahuan ilmiah dan filsafat pemikiran manusia.

3. Bahri

Konsep merupakan satuan arti yang mewakili sejumlah objek yang memiliki suatu ciri yang sama. Konsep sendiri pun dapat dilambangkan dalam bentuk suatu kata (lambang bahasa).

4. Singarimbun dan Effendi

Konsep adalah generalisasi dari suatu fenomena tersebut sehingga dapat dipakai untuk menggambarkan berbagai fenomena yang sama. Konsep adalah satu kesatuan pengertian tentang hal atau persoalan yang dirumuskan.

5. Woodruff

Konsep merupakan suatu gagasan atau ide yang relatif sempurna dan juga bermakna. Dapat diartikan juga sebagai tentang suatu objek, atau produk subjektif yang bersumber dari cara seseorang membuat pengertian terhadap objek-objek atau benda-benda melalui pengalamannya (setelah melakukan persepsi terhadap objek atau benda).

6. Wikipedia

Konsep adalah abstrak, yakni entitas mental yang umum dan menunjuk pada kategori atau kelas dari suatu entitas, kejadian ataupun hubungan.

Ciri-Ciri Konsep

Dalam sebuah konsep terdiri dari beberapa ciri ciri, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Suatu konsep yang memiliki sifat abstrak dan merupakan suatu gambaran mental tentang benda, peristiwa ataupun kegiatan.
  • Konsep merupakan suatu kumpulan dari benda-benda yang memiliki karakteristik ataupun kualitas secara umum. Sehingga dalam sebuah konsep ada beberapa hal yang dapat disatukan.
  • Konsep memiliki sifat perorangan, pemahaman orang mengenai suatu konsep kelompok mungkin akan berbeda dengan pemahaman orang lainnya.
  • Konsep bukanlah persoalan arti, akan tetapi konsep dipelajari melalui sebuah pengalaman dengan belajar.

Fungsi Konsep

Jika dilihat secara garis besar, fungsi konsep merupakan sebagai gambaran besar atau penjelasan mengenai sesuatu. Adapun fungsi konsep lain diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Fungsi Kognitif

Fungsi kognitif ini merupakan suatu kemampuan manusia untuk berpikir secara optimal di sepanjang hidupnya. Dengan membuat sebuah konsep maka fungsi kognitif seseorang akan berubah menjadi lebih baik.

Baca Juga:  √ Pengertian Inovasi, Ciri, Jenis dan Tujuannya (Lengkap)

2. Fungsi Evaluatif

Fungsi evaluatif merupakan suatu proses yang dilakukan manusia dalam menentukan nilai suatu hal.

3. Fungsi Operasional

Dalam fungsi operasional ini dibutuhkan dasar yang kuat untuk melakukannya, karena dengan adanya suatu konsep maka proses operasional menjadi lebih efektif dan juga efisien.

4. Fungsi Komunikasi

Fungsi komunikasi yang terdiri dari penjelasan, gagasan, ide atau suatu benda maupun peristiwa.

Unsur-Unsur Konsep

Dalam pembuatan sebuah konsep terdapat sebuah unsur yang terdapat di dalamnya, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Nama

Nama merupakan suatu konsep yang mewakili kata tunggal untuk menjelaskan suatu ide maupun suatu gagasan.

2. Contoh

Dalam sebuah konsep terdapat beberapa contoh analisis yang membandingkan contoh positif dan negatif serta karakteristiknya.

3. Karakteristik Pokok

Karakteristik pokok ini dapat digunakan untuk menciptakan dan juga menentukan suatu contoh dalam kategori konsep atau bukan konsep.

4. Rentang Karaktersitik

Rentang karakteristik ini merupakan suatu konsep yang terkait dengan konsep lainnya dan memiliki rentang karakteristik yang membatasi suatu konsep, diantaranya adalah

  • Super ordinat (suatu konsep yang dihubungkan dengan konsep yang lebih luas)
  • Koordinat (suatu konsep yang setara dan saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya)
  • Subordinat (sub kategori atau bagian kecil dari suatu konsep) Kaidah.

Karakteristik Konsep

Suatu konsep memiliki karakteristik, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Suatu konsep memiliki karakteristik sifat yang abstrak yang merupakan suatu gambaran mental mengenai benda, kegiatan dan juga peristiwa.
  • Konsep ini bersifat personal sehingga pemahaman seseorang tentang suatu hal dapat berbeda dengan pemahaman orang lain.
  • Secara umum, suatu konsep adalah kumpulan berbagai benda dengan karakteristik dan juga kualitas tertentu.
  • Konsep dapat diketahui melalui proses belajar dan juga pengalaman seseorang.

Contoh Konsep

Adapun contoh konsep yang biasa diterapkan dalam dunia bisnis, salah satu yang dijadikan contoh disini adalah contoh sederhana dalam membuat restorant bagi pemula. Untuk membuat suatu usaha seperti ini pasti membutuhkan sebuah konsep yang matang, agar tujuannya terarah dan dapat berjalan dengan baik. Berikut beberapa contoh pembuatan konsep restaurant:

Baca Juga:  √ Pengertian Model Pembelajaran, Ragam dan Fungsinya (Lengkap)

1. Konsep Food Truck

Konsep food truck ini adalah salah satu konsep sederhana yang dapat diterapkan dalam menjalankan suatu bisnis. Anda bisa menggunakan mobil pickup sebagai tempat untuk menaruh makanan. Dan modifikasilah pickup tersebut seperti restorant kecil sekaligus bersama dapur untuk memproses menu makanan dan juga minumannya.

2. Konsep Lesehan

Jika budget dalam membuat restorant terbatas anda juga bisa membuat konsep lesehan karena tidak membutuhkan peralatan seperti kursi, hal ini akan membuat lebih hemat tentunya. Agar dapat sesuai dengan lesehan yang sesuai dengan harapan, bisa juga ditambahkan dengan aksen kayu atau bambu pada dinding restorant. Sehingga jika restorant nyaman maka akan banyak pengunjung.

Pengertian Konsep, Ciri, Fungsi, Unsur dan Karakteristiknya

3. Konsep Pop-Up

Konsep pop up merupakan suatu konsep yang hanya didirikan dalam jangka waktu tertentu dan tidak memiliki komitmen jangka panjang. Dalam konsep pop up ini biasanya bersifat sementara yaitu tidak permanen. Pop up biasanya bergaya open kitchen dan berpindah-pindah tempat pada mall-mall besar.

4. Konsep Industrial Modern

Konsep industrial ini merupakan suatu konsep yang menyerupai suatu kawasan industri yakni pabrik. Pada konsep ini sangat cocok untuk diaplikasikan pada ruangan yang luas dan beratap tinggi. Biasanya pada konsep ini menggunakan dinding yang sederhana yakni semen atau bata yang seolah-olah bangunan ini seperti bangunan yang belum jadi. Seperti masih terlihatnya jalur pipa, kabel dilangit-langit, rangka besi dan lainnya.

Nah itulah tadi penjelasan mengenai Pengertian Konsep, Ciri, Fungsi, Unsur dan Karakteristiknya (Lengkap). Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan. Terimakasih 🙂

√ Pengertian Konsep, Ciri, Fungsi, Unsur dan Karakteristiknya (Lengkap)
5 (100%) 10 vote[s]