Pengertian LAN (Local Area Network), Kelebihan dan Kekurangannya

Pengertian LAN (Local Area Network), Kelebihan dan Kekurangannya – Komputer merupakan benda yang sangat penting bagi kehidupan kita karena banyak sekali pekerjaan kita yang menggunakan computer untuk dapat menyelesaikannya.

Di dalam computer terdapat elemen-elemen penting pendukung computer itu sendiri agar dapat di gunakan guna membantu kita dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Elemen itu salah satunya adalah LAN.

Pengertian LAN (Local Area Network), Kelebihan dan Kekurangannya

Lan ini sangat penting bagi computer karena akan sangat banyak manfaat dan kegunaannya di dalam penggunaannya. Berikut akan di jelaskan apa itu LAN.

Pengertian LAN

LAN atau Local Area Network merupakan suatu perangkat jaringan yang dapat menghubungkan computer satu dengan komputer yang lain menggunakan media penghubung  berupa kabel dan juga router untuk dapat menghubungkannya dengan banyuak computer.

Menghubungkan computer ini seperti contohnya seperti komputer A dapat berinteraksi dengan computer B dengan menghubungkan dengan kabel LAN, akan tetapi apabila ingin menghubungkan computer A dengan computer B, C, D, E, dan seterusnya maka membutuhkan alat tambahan berupa router.

Pengertian lain LAN adalah media transmisi bersama antara software dan hardware agar dapat menginterfacekan perangkat menjadi suatu media dan dapat mengatur akses untuk dapat menuju ke media tersebut dengan tepat.

Jaringan LAN ini berupa jaringan pribadi yang biasanya dapat di gunakan di dalam suatu gedung atau kampus dengan ukuran yang beragam. jaringan LAN memiliki ukuran terbatas yang berarti transmisinya terbatas. Di karenakan keterbatasannya ini maka dapat di perkirakan desain yang di butuhkan untuk dapat mempermudah manajemen jaringannya.

Jaringan LAN menggunakan transmisi kabel tunggal dengan kecepatan 10-100 Mbps dengan delay rendah. Jaringan LAN modern dapat beroperasi dengan kecepatan yang lebih tinggi hingga ratusan megabit.

Kelebihan LAN

Kelebihan dari lan yaitu:

  1. Dapat melakukan penggunaan sumber daya secara bersamaan
  2. Tidak banyak menggunakan kabel
  3. Keamanan data dapat terjamin kerahasiaannya karena dapat terproteksi password
  4. Pengguna LAN dapat berkerja dengan efisien dan efektif
  5. Dapat melakukan transfer file server
  6. User interface yang digunakan berupa fasilitas yang baku
  7. Dapat menciptakan jaringan hubungan antar system
  8. Jaringan LAN dapat mengcopy data dengan cepat antar computer
  9. Sistem yang dapat terhubung ke terminal lebih banyak

Pengertian LAN (Local Area Network), Kelebihan dan Kekurangannya

Kekurangan LAN

Kekurangan LAN dapat Berupa;

  1. Ketika computer banyak terhubung di jaringan LAN akan melambat
  2. Softwarenya harus multi user
  3. LAN dapat begitu lambat di speed modemnya
  4. Karena saling terhubung maka ketika satu computer terkena virus maka computer lain akan terkena dampaknya
  5. System menggunakan 1 jaringan yang rentan di retas

Demikianlah penjelasan kita kali ini mengenai Pengertian LAN (Local Area Network), Kelebihan dan Kekurangannya. Semoga dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita semua. Sekian dan terimakasih.