√ Pengertian Manajemen, Fungsi, Tujuan, Macam, Manfaat & Prinsip

Pengertian Manajemen, Fungsi, Tujuan, Macam, Manfaat & Prinsip – Manajemen sangat penting dalam suatu perusahaan atau organisasi. Dengan adanya manajemen suatu pekerjaan atau perencanaan akan menjadi lebih mudah.

Lalu apa saja yang perlu diketahui tentang manajemen? Berikut ini kami akan menjelaskan secara lengkap tentang pengertian manajemen, fungsi manajmen, tujuan manajemen, macam-macam manajemen, manfaat manajemen dan prinsip manajemen yang diulas dengan lengkap. Untuk lebih rincinya silakan simak pembahasan di bawah ini dengan seksama.

Pengertian Manajemen, Fungsi, Tujuan, Macam, Manfaat & Prinsip

Mari kita bahas pengertian manajemen  terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Manajemen

Secara umum pengertian manajemen adalah seni untuk menyelesaikan pekerjaan dengan dengan perantara orang lain. Sedangkan pengertian lain dari manajemen adalah suatu seni keahlian yang bisa membuat orang lain bersedia melakukan sesuatu untuk kita.

Pengertian manajemen menurut Ricky W. Griffin adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran dengan efektif dan efisien. Efektif artinya jika tujuan bisa dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien artinya adalah tugas yang ada dilakukan secara benar, terorganisir, dan berseuaian dengan jadwal.

Menurut Etimologinya, manajemen berasal dari bahasa Perancis kuno Menagement yang mempunyai arti “seni melaksanakan dan mengatur”. Kata manajemen kemungkinan juga berasal dari bahasa Italia (1561) maneggiare yang artinya “mengendalikan”, utamanya dalam konteks mengendalikan kuda, yang berasal dari bahasa latin manus yang artinya “tangan”. Dalam bahasa Perancis kemudian mengadopsi kata ini dari bahasa Inggris menjadi menagement, yang mempunyai arti “seni melaksanakan dan mengatur”

Fungsi Manajemen

Adapun fungsi dari manajemen adalah sebagai berikut:

  • Planning (Perencanaan)

    Dalam proses ini digunakan untuk menentukan tujuan dari perusahaan atau organisasi dalam bentuk visi dan misi untuk jangka panjang ataupun jangka pendek. Dan juga strategi-strategi yang harus dijalani juga harus sudah ditentukan dari awal. Untuk itu, dalam pelaksanannya akan lebih mudah untuk meraih tujuan perusahaan.

  • Organizing (Mengorganisasi)

    Fungsi ini bermanfaat untuk mengatur atau mengorganisasi orang-orang yang berada didalam organisasi atau perusahaan tersebut. Agar bisa menjalankan peran dan fungsinya masing-masing dengan maksimal.

  • Staffing (Penempatan)

    Tidak berbeda dengan organizing, staffing jauh lebih luas. Untuk organizing lebih ke manajemen sumber daya manusia sedangkan staffing lebih ke sumber daya secara umum. Contohnya peralatan dan inventaris yang dimiliki.

  • Coordinating (Mengkoordinasi)

    Coordinating adalah fungsi yang mempunyai tujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas kinerja, membuat suasana dalam lingkungan kerja yang dinamis, sehat, nyaman dan lain sebagainya.

  • Controlling (Mengontrol)

    Adalah fungsi terakhir dari manajemen setelah seluruhnya dilaksanakan maka langkah terakhir adalah mengontrolnya. Didalam fungsi ini adaa elemen-elemen yang penting, seperti evaluasi dan pembuatan kebijakan baru. Fungsi kontrolling ini penting, agar kinerja orang-orang didalamnya agar tidak menurun.

Tujuan Manajemen

Tujuan mempelajari manajemen adalah sebagai berikut:

  • Melakukan dan mengevaluasi strategi yang kita pilih secara efektif dan efisien
  • Mengevaluasi kinerja, meninjau dan mengkaji ulang situasi dan juga melakukan berbagai penyesuaian dan koreksi jika adanya penyimpangan di dalam melakukan strategi
  • Senantiasa memperbaharui strategi yang dirumuskan supaya sesuai dengan perkembangan lingkungan eksternal
  • Senantiasa meninjau kembali kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman peluang yang ada
  • Senantiasa melakukan inovasi atas aktivitas sehingga hidup menjadi lebih teratur

Macam-Macam Atau Jenis-Jenis Manajemen

Jenis-jenis manajemen adalah sebagai berikut:

Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen sumber daya manusia adalah memiliki fungsi untuk memperoleh daya manusia (SDM) terbaikk untuk menjalankan perusahaan maupun bisnis yang sedang dijalankan dan juga bagaimana mengatur serta memelihara SDM terbaik yang sudah terpilih tersebut untuk bekerja bersama-sama dan menentukan SDM tersebut tetap bekerja dengan keyakinan penuh pada hasil dan juga menjaga kualitas hasil pekerjaanya, memastikan hasilnya tetap atau bahkan mungkin bertambah dimasa yang akan datang.

Manajemen Operasional

Manajemen operasional memiliki fungsi menghasilkan suatu produk yang memiliki standar operasi yang sudah ditentukan, produk yang dihasilkan dapat memenuhi kehendak konsumen yang beragam dengan tidak meninggalkan pemakaian teknik prosuksi yang efisien.

Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan memiliki fungsi untuk memastikan apabila aktivitas bisnia yang dilaksanakan benar-bedar bisa memaksimalkan pencapaian tujuan perusahaan secara ekonomi, yang mana profit tersebut yang menjadi tolak ukurnya. Fungsi yang paling penting dari manajemen keuangan ini adalah memastikan bahwa perencanaan modal perusahaan pasti dapat diperoleh untuk mendanai bisnis dan juga mengatur bagaimana modal yang sudah diperoleh supaya dialokasikan secara tepat sehingga tujuan perusahaan bisa tercapai dengan maksimal.

Manajemen Pemasaran

Manajemen pemasaran memiliki fungsi untuk mengusahakan dan mempelajari dan juga mengidentifikasi apapun yang diperlukan konsumen. Didalamnya juga sangat perlu untuk penganalisaan kekuatan produk pesaing supaya pencapaian target dari perusahaan bisa maksimal.

Manfaat Manajemen

Adapun manfaat dari mempelajari manajemen adalah sebagai berikut:

  • Membantu dalam membuat strategi yang lebih baik dengan membuat pendekatan yang lebih sistematis, logis, rasional pada pilihan strategis.
  • Merupakan suatu proses bukan keputusan atau dokumen. Tujuan utama dari proses yaitu meraih komitmenda dari yang sudah direncanakan.
  • Proses yang dilakukan memberikan pemberdayaan individual.
  • Meningkatkan kesadaran terhadap ancaman eksternal sehingga lebih siap terhadap kejadian yang tidak diinginkan dari faktor luar
  • Dapat mengetahui dengan lebih baik strategi pesaing sehingga lebih mudah dalam menghadapinya.

Pengertian Manajemen, Fungsi, Tujuan, Macam, Manfaat, Prinsip

Prinsip Manajemen

Secara umum prinsip manajemen antara lain:

  • Pembagian kerja (division of work)
  • Wewenang dan tanggung jawab (authority and responsibility)
  • Disiplin (dicipline)
  • Kesatuan perintah (unity of command)
  • Kesatuan pengarahan (unity of direction)
  • Pembayaran upah yang adil (renumeration)
  • Pemusatan (centralisation)
  • Hierarki(hierarchy)
  • Tata tertib (order)
  • Keadilan (equity)
  • Stabilitas kondisi karyawan (stability of tenure of personnel)
  • Inisiatif (Inisiative)
  • Semangat kesatuan (esprits de corps)

Itulah telah dijelaskan Pengertian Manajemen, Fungsi, Tujuan, Macam, Manfaat & Prinsip semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung. Jangan lupa untuk membaca artikel kami lainnya.