√ 22 Pengertian Masyarakat Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

22 Pengertian Masyarakat Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) – Pada umumnya masyarakat ialah sekumpulan individu yang hidup bersama. Masyarakat yakni sekelompok orang yang membentuk suatu sistem semi tertutup, yaitu sebagian besar berinteraksi individu-individu yang ada dalam kelompok tersebut. Istilah masyarakat sering mengacu pada sekelompok orang yang hidup bersama dalam sebuah komunitas teratur.

Dalam bahasa Arab, istilah masyarakat lebih dikenal dengan kata “Syaraka” yang artinya ikut serta atau berpartisipasi. Sedangkan dalam bahasa Inggris disebut dengan Society yang mempunyai arti interaksi sosial, perubahan sosial dan rasa kebersamaan.

22 Pengertian Masyarakat Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Untuk lebih lengkapnya tentang pengertian masyarakat, berikut ini kami jelaskan beberapa pendapat para ahli tentang pengertian masyarakat. Silakan simak ulasan dibawah ini.

Pengertian Masyarakat Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah definisi masyarakat menurut ahlinya.

1. Gerhard Lenski dan Jean Lenski

Gerhard Lenski dan Jean Lenski mengemukakan tipe-tipe kelompok masyarakat tersebut adalah masyarakat pemburu dan pengumpul, masyarakat peladang dan peternak, masyarakat agraris, masyarakat industri, dan masyarakat pascaindustri.

2. Marion Levy

Marion Levy mengemukakan terdapat empat kriteria yang perlu ada agar suatu kelompok disebut sebagai masyarakat, yakni:

  • Kemampuan bertahan yang melebihi masa hidup seorang anggotanya
  • Perekrutan seluruh atau sebagian anggotanya melalui reproduksi atua kelahiran
  • Adanya sistem tindakan utama yang bersifat swasembada
  • Kesetiaan terhadap suatu sistem tindakan utama secara bersama-sama

3. Talcott Parsons

Talcott Parsons menambah kriteria kelima dari pendapat Marion Levy yakni melakukan sosialisasi terhadap generasi berikutnya.

4. Soerjono Soekanto

Soerjono Soekanto mengemukakan masyarakat pada umumnya memiliki ciri-ciri dengan kriteria sebagai berikut:

  • Manusia yang hidup bersama, sekurang-kurangnya terdiri atas dua orang
  • Bercampur atau bergaul dalam jangka waktu yang cukup lama. Berkumpulnya manusia akan menimbulkan manusia baru. Sebagai akibat dari hidup bersama, timbul sistem komunikasi dan peraturan yang mengatur hubungan antar manusia.
  • Sadar bahwa mereka merupakan satu kesatuan
  • Merupakan suatu sistem hidup bersama. Sistem kehidupan bersama menimbulkan kebudayaan karena mereka merasa dirinya terkait satu sama lain.

5. Paul B. Horton

Paul B. Horton mengemukakan pengertian masyarakat adalah sekumpuan manusia yang relatif mandiri dengan bersama dalam jangka waktu cukup lama, mendiami suatu wilayah tertentu dengan memiliki kebudayaan yang sama dan sebagian besar kegiatan dalam kelompok itu.

6. John J. Macionis

John J. Macionis mengemukakan pengertian masyarakat adalah orang-orang yang berinteraksi dalam sebuah wilayah tertentu dan memiliki budaya bersama.

7. Richard T. Schaefer dan Robert P. Lamm

Richard T. Schaefer dan Robert P. Lamm mengemukakan pengertian masyarakat adalah sejumlah besar orang yang tinggal dalam wilayah yang sama, relatif independen dan orang-orang di luar wilayah itu, dan memiliki budaya yang relatif sama.

8. Adam Smith

Adam Smith mengemukakan pengertian masyarakat adalah masyarakat dapat terdiri dari berbagai jenis manusia yang berbeda, yang memiliki fungsi yang berbeda (as among different merhants), yang terbentuk dan dilihat hanya dari segi fungsi bukan dari rasa suka maupun cinta dan sejenisnya, dan hanya rasa untuk saling menjaga agar tidak saling menyakiti “may subsist among different men, as among different merchants, from a sense of its utility without any mutual love or affection, if only they refrain from doing injury to each other”.

9. An-Nabhani

An-Nabhani mengemukakan pengertian masyarakat adalah sekelompok individu seperti manusia yang memiliki pemikiran perasaan, serta sistem/aturan yang sama, dan terjadi interaksi antara sesama karena kesamaan tersebut untuk kebaikan masyarakat itu sendiri dan warga masyarakat.

10. Linton

Linton mengemukakan pengertian masyarakat adalah sekelompok manusia yang telah cukup lama hidup dan bekerja sama sehingga dapat terbentuk organisasi yang mengatur setiap individu dalam masyarakat tersebut dan membuat setiap individu dalam masyarakat dapat mengatur diri sendiri dan berpikir tentang dirinya sebagai satu kesatuan sosial dengan batasan tertentu.

11. M.J. Heskovits

M,J. Heskovits mengemukakan pengertian masyarakat adalah sebuah sekelompok individu yang mengatur, mengorganisasikan, dan mengikuti suatu cara hidup (the way life) tertentu.

12. J.L Gillin

J.L Gillin mengemukakan pengertian masyarakat adalah masyarakat sebagai sekelompok manusia yang tersebar yang memiliki kebiasaan (habit), tradisi (tradition), sikap (attitude), dan perasaan persatuan yang sama.

13. S.R. Steinmentz

S.R. Steinmentz mengemukakan pengertian masyarakat adalah kelompok manusia yang terbesar meliputi pengelompokan-pengelompokan manusia yang lebih kecil yang mempunyai perhubungan erat dan teratur.

14. Mack Ever

Mack Ever mengemukakan pengertian masyarakat adalah sebagai suatu sistem dari cara kerja dan prosedur, otoritas dan saling bantu-membantu yang meliputi kelompok-kelompok dan pembagian-pembagian sosial, sistem pengawasan tingkah laku manusia dan kebebasan. Sistem yang kompleks dan selalu berubah dari relasi sosial.

15. Max Weber

Max Weber mengemukakan pengertian masyarakat adalah sebagai suatu struktur atau aksi yang pada pokoknya ditentukan oleh harapan dan nilai-nillai yang dominan pada warganya.

16. Emile Durkheim

Emile Durkheim mengemukakan pengertian masyarakat adalah suatu kenyataan objektif individu-individu yang merupakan anggota-anggotanya.

17. Karl Marx

Karl Marx mengemukakan pengertian masyarakat adalah sebagai suatu struktur yang menderita ketegangan organisasi ataupun perkembangan karena adanya pertentangan antara kelompok-kelompok yang terpecah-pecah secara ekonomis.

18. Selo Soemardjan

Selo Soemardjan mengemukakan pengertian masyarakat adalah sebagai orang-orang yang hidup bersama dan menghasilkan kebudayaan.

19. Koentjaraningrat (2012:122)

Koentjaraningrat mengemukakan pengertian masyarakat adalah kesatuan hidup manusia yang berinteraksi sesuai dengan sistem adat-istiadat tertentu yang sifatnya berkesinambungan dan terikat oleh suatu rasa identitas bersama.

20. Syani (1987:30) dalam buku Sosiologi kelompok dan masalah sosial

Syani mengemukakan pengertian masyarakat adalah berasal dari kata musyarak (Arab) yang artinya bersama-sama, kemudian berubah menjadi masyarakat, yang artinya berkumpul bersama, hidup bersama dengan saling berhubungan dan saling mempengaruhi, selanjutnya mendapat kesepakatan menjadi masyarakat (Indonesia).

Pengertian Masyarakat Menurut Para Ahli

21. Syani (2013:30)

Syani mengemukakan pengertian masyarakat adalah sebagai community dapat dilihat dari dua sudut pandang; pertama memandang community sebagai unsur statis, artinya community terbentuk dalam suatu wadah/tempat dengan batas-batas tertentu, maka ia menunjukkan bagian dari kesatuan masyarakat sehingga ia dapat pula disebut sebagai masyarakat setempat, misalny kampung, dusun atau kota-kota kecil. Masyarakat setempat adalah suatu wadah dan wilayah dari kehidupan sekelompok orang yang ditandai oleh adanya hubungan sosial. Disamping itu dilengkapi pula oleh adanya perasaan sosial, nilai-nilai dan norma-norma yang timbul atas akibat dari adanya pergaulan hidup atau hidup bersama manusia.

Kedua, community dipandang sebagai unsur yang dinamis, artinya menyangkut suatu proses (nya) yang terbentuk melalui faktor psikologis dan hubungan antar manusia, maka didalamnya terkandung unsur-unsur kepentingan, keinginan atau tujuan-tujuan yang sifatnya fungsional.

22. Parsons (2011:264)

Parsons mengemukakan pengertian masyarakat adalah sebagai suatu jenis sistem sosial yang dicirikan oleh tingkat kecukupan diri yang relatif bagi lingkungannya, termasuk sistem sosial yang lain.

Itulah telah dijelaskan tentang 22 Pengertian Masyarakat Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) semoga dapat bermanfaat. Terimakasih telah mengunjungi blog kami dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.