Pengertian Metode dan Metodologi Menurut Para Ahli (Lengkap)

Pengertian Metode dan Metodologi Menurut Para Ahli (Lengkap) – Di kesempatan ini kami akan memberikan pemaparan tentang pengertian metode dan metodologi menurut para ahli. Untuk lebih jelasnya silahkan disimak ulasan StudiNews berikut ini.

Pengertian Metode dan Metodologi Menurut Para Ahli (Lengkap)

Metode berasal dari kata methodos yang terdiri dari kata metha yaitu melewati, menempuh atau melalui dan kata hodos yang berarti cara atau jalan. Metode artinya cara atau jalan yang akan dilalui atau ditempuh. Menurut istilah metode ialah cara atau jalan yang harus ditempuh untuk mencapai sebuah tujuan.

Metodologi sendiri berasal dari bahasa yunani yaitu “methodos” dan “logos”. Methodos (metode) “methodos” yang terdiri dari 2 kata yaitu “metha” artinya melewati, menempuh atau melalui dan kata “hodos” yang artinya cara atau jalan.

Metodologi secara bahasa berasal dari bahasa yunani yaitu methodos dan logos. Kata logos berarti ilmu atau bersifat yang ilmiah. Jadi metodologi adalah ilmu atau cara yang digunakan untuk memperoleh suatu kebenaran dengan menggunakan penelusuran dengan urutan atau tatacara tertentu sesuai dengan apa yang akan dikaji atau diteliti secara ilmiah.

Ada dua hal yang penting dalam metode, yakni cara dalam melakukan sesuatu & sebuah rencana dalam pelaksanaannya. Adapun fungsinya sebagai alat untuk mencapai sebuah tujuan.

Pengertian Metode dan Metodologi Menurut Para Ahli

Berikut ini kami sajikan beberapa pengertian dan definisi metode dan metodologi menurut para ahli. Adapun pengertiannya tersebut antara lain sebagai berikut:

1. Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Dalam KBBI Metode Adalah cara kerja yang mempunyai sistem dalam memudahkan pelaksanaan dari suatu kegiatan untuk mencapai sebuah tujuan tertentu.

2. Agus M. Hardjana

Drs. Agus M. Hardjana mengemukakan metode adalah cara yang telah dipikirkan secara matang yang dilakukan dengan mengikuti, beberapa langkah-langkah tertentu demi tercapainya sebuah tujuan.

3. Titus

Tistus menjelaskan bahwa metode merupakan serangkaian cara & langkah-langkah yang tertib untuk menegaskan suatu bidang keilmuan.

4. Almadk

Almadk menerangkan bahwa metode merupakan suatu cara dengan menerapkan berbagai prinsip yang logis terhadap suatu penemuan dan penjelasan kebenaran.

5. Rothwell & Kazanas

Rothwell dan Kazanas menurut mereka metode ialah cara, proses atau pendekatan untuk menyampaikan sebuah informasi.

6. Hebert Bisno

Hebert Bisno mengemukakan metode merupakan suatu teknik yang digeneralisasikan dengan baik & benar agar bisa diterima ataupun digunakan dalam satu disiplin ilmu ataupun bidang disiplin & praktek.

7. Macquarie

Macquarie menuturkan metode ialah suatu cara dalam melakukan sesuatu terutama suatu hal yang berkaitan dengan rencana tertentu.

8. Rosdy Ruslan

Rosdy Ruslan menjelaskan metode sebagai kegiatan ilmiah yang berhubungan dengan cara kerja dalam memahami suatu subjek maupun objek penelitian dalam upaya menemukan jawaban secara ilmiah & keabsahannya dari sesuatu yang diteliti.

9. Wiradi

Wiradi, metode ialah seperangkat langkah dari apa yang harus dikerjakan secara tersusun & sistematis.

10. Ostle

Menurut Ostle, menjelaskan metode merupakan suatu pengajaran terhadap sesuatu dalam memperoleh sesuatu yang interelasi.

11. Departemen Sosial RI

Dalam Departemen Sosial RI bahwa metode adalah suatu cara teratur yang digunakan dalam menjalankan suatu pekerjaan untuk mencapai hasil yang diinginkan.

12. Max Siporin

Max Siporin, menjelaskan metode merupakan suatu orientasi kegiatan yang mengarah pada persyaratan tujuan & tugas yang nyata.

13. Pasaribu Simanjuntak

Pasaribu Simanujuntak menjelaskan bahwa metode ialah suatu cara sistematik yang digunakan demi tercapainya sebuah tujuan.

14. Hamid Darmadi

Hamid Darmadi mengemukakan metode sebagai jalan atau cara yang harus dilewati dalam mencapai sebuah tujuan.

15. Heri Rahyubi

Heri Rahyubi menurutnya metode ialah suatu model cara yang bisa dilakukan dalam kegiatan belajar mengajar demi tercapainya suatu proses pembelajaran yang baik.

16. Nasir

Nasir menjelaskan Metode penelitian ialah cara utama yang digunakan peneliti untuk mencapai tujuan & menentukan jawaban atas masalah yang diajukan.

17. Winarno

Winarno menjelaskan Metode penelitian ialah suatu kegiatan ilmiah yang dilakukan dengan teknik yg teliti & sistematik.

18. Muhiddin Sirat

Muhiddin Sirat menjelaskan Metode penelitian ialah suatu cara memilih masalah & penentuan judul penelitian.

19. Sugiyono

Sugiyono menjelaskan Metode penelitian ialah cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan & kegunaan tertentu.

20. Gie

Gie menjelaskan metodologi pada dasarnya menunjuk pada tiga ciri utama, baik dalam kerangka konseptual maupun operasional, yaitu:

  • Semata-mata ilmu tentang metode.
  • Berkaitan dengan ilmu-ilmu khusus.
  • Sebagai cara-cara pengumpulan data ilmu khusus tersebut.

21. Mouton (1996)

Mouton mengemukakan metodologi adalah tata cara atau metode untuk melakukan sesuatu

22. Burns & Grove (2003)

Burns & Grove menjelaskan tentang Metodologi yang merupakan sebuah desain penelitian yang terdiri dari: setting, tata cara, sampel, pembatasan dan kumpulan data yang hendak di analisis dalam sebuah kajian.

Demikian penjelasan kita kali ini tentang Pengertian Metode dan Metodologi Menurut Para Ahli (Lengkap). Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung. Terimakasih.