Pengertian Metode Demonstrasi, Tujuan, Kelebihan dan Kekurangannya

Pengertian Metode Demonstrasi, Tujuan, Kelebihan dan Kekurangannya – Ada beragam metode yang digunakan dalam ngajar-mengajar, namun tidak semua metode dapat diterapkan. Penguasaan berbagai jenis metode pembelajaran menjadi suatu hal yang harus dilakukan oleh guru.

Salah satu metode yang dapat diterapkan adalah metode demonstrasi. Untuk mengetahui pengertian metode demonstrasi, tujuan, kelebihan dan juga kekurangannya, kali ini StudiNews akan membahasnya, simak penjelasannya sebagai berikut:

Pengertian Metode Demonstrasi, Tujuan, Kelebihan dan Kekurangannya

Mari kita bahas pengertiannya terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Metode Demonstrasi

Secara umum, metode demonstrasi adalah suatu metode pembelajaran yang menggunakan bantuan alat peraga serta peragaan untuk menjelaskan materi ajar. Biasanya metode ini digunakan untuk materi ajar yang membutuhkan peragaan atau percobaan seperti IPA.

Pengertian Metode Demonstrasi Menurut Para Ahli

Adapun pengertian metode demonstrasi menurut para ahli:

1. Darajat

Metode demonstrasi adalah metode belajar yang menggunakan peragaan untuk memperjelas suatu pengertian atau untuk memperlihatkan bagaimana melakukan sesuatu kepada anak didik.

2. Suaedy

Metode demonstrasi adalah cara penyampaian materi dengan memperagakan suatu proses ataupun kegiatan. Umumnya metode ini digabungkan dengan metode ceramah dan tanya.

Tujuan Metode Demonstrasi

Adapun tujuan metode demonstrasi dalam proses ngajar mengajar adalah untuk memperjelas pengertian konsep dan memperlihatkan cara melakukan sesuatu atau proses terjadinya sesuatu. Selain itu, demonstrasi juga bertujuan untuk menunjukkan atau memperagakan suatu keterampilan yang akan dipelajari siswa.

Sejalan dengan itu juga metode demonstrasi digunakan untuk memperlihatkan terhadap anak didik bagaimana sesuatu harus terjadi dengan cara yang paling baik.

Karakteristik Metode Demonstrasi

Dalam karakteristik metode demonstrasi dapat terlihat dari kegiatan proses belajar mengajar yang terdiri dari adanya alat bantu atau peraga yang digunakan, mempertunjukkan objek yang sebenarnya, terjadinya suatu proses pengamatan dan penganalisaan kegiatan secara proses oleh peserta didik serta terjadinya proses peniruan oleh peserta didik.

Kelebihan Metode Demonstrasi

Adapun kelebihan metode demonstrasi diantaranya adalah

  1. Memudahkan dalam berbagai jenis penjelasan.
  2. Membantu anak didik dalam memahami dengan jelas jalannya suatu proses atau kerja suatu benda atau peristiwa.
  3. Dapat lebih memusatkan perhatian anak.
  4. Kesalahan-kesalahan yang terjadi dari hasil ceramah dapat diperbaiki melalui pengamatan dan contoh konkret.
  5. Mengurangi kesalahan yang mungkin akan terjadi pada anak yang hendak mencoba sendiri.
  6. Peserta didik ikut serta aktif apabila demonstrasi langsung dilanjutkan dengan eksperimen.
  7. Dapat mempertanyakan langsung persoalan yang belum dimengerti dan dapat terjawab dengan jelas.

Pengertian Metode Demonstrasi, Tujuan, Kelebihan dan Kekurangannya

Kelemahan Metode Demonstrasi

Adapun kelemahan metode demonstrasi diantaranya adalah

  1. Peserta didik kurang jelas dalam melihat benda atau peristiwa yang akan dipertunjukkan karena jumlah anak yang banyak dalam kelas atau alat yang digunakan terlalu kecil, sehingga metode ini hanya efektif digunakan untuk sistem kelompok.
  2. Tidak semua benda atau alat dapat di demonstrasikan.
  3. Sukar dimengerti jika guru kurang menguasai apa yang di demonstrasikan.
  4. Jika tidak dilanjutkan dengan eksperimen, kemungkinan peserta didik akan lupa, serta materi belajar tidak bermakna karena tidak menjadikan pengalaman belajar.

Demikianlah penjelasan kita kali ini mengenai Pengertian Metode Demonstrasi, Tujuan, Kelebihan dan Kekurangannya. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan. Terimakasih 🙂