Pengertian Pasar Persaingan Sempurna, Ciri, Kelebihan & Kelemahannya

Pengertian Pasar Persaingan Sempurna, Ciri, Kelebihan & Kelemahannya – Pada kesempatan kali ini, StudiNews akan membahas mengenai pasar persaingan sempurna yang mencakup pengertian, ciri, kelebihan dan juga kelemahannya.

Pengertian Pasar Persaingan Sempurna, Ciri, Kelebihan & Kelemahannya

Untuk mengetahuinya langsung saja kita simak penjelasannya sebagai berikut:

Pengertian Pasar Persaingan Sempurna

Pasar persaingan sempurna adalah sebuah pasar dengan kondisi dimana penjual dan pembelinya sangat banyak dan jenis produknya yang dijual bersifat homogen (serupa) serta adanya permintaan dan penawaran yang bergerak secara bebas. Pasar persaingan sempurna umumnya dibuka untuk mempertemukan banyak perusahaan yang menjual produk yang sama dengan kualitas yang berbeda, tetapi harga jual disamakan dengan umumnya yang sudah ditentukan oleh pasar.

Adapun permintaan terbentuk yakni cerminan keinginan pembeli, sedangkan penawaran adalah cerminan keinginan penjual. Contohnya adalah perusahaan kecil namun jumlahnya banyak dengan menjual produk yang sama seperti beras, jagung, sayuran, gandum dan lain sebaaginya.

Pengertian Pasar Persaingan Sempurna Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah definisi dari pasar persaingan sempurna menurut ahlinya.

1. Adiwarman A. Karim

Pasar persaingan sempurna adalah pasar dimana penjual tidak dapat menentukan harga dan hanya bisa menjual dengan harga yang berlaku dipasar. Pasar persaingan sempurna dengan kondisi yang paling ekstrim adalah ketika penjual sama sekali tidak bisa menentukan harga.

2. Sadono Sukirno

Pasar persaingan sempurna adalah suatu industri dimana banyak sekali penjual dan pembeli dan masing-masing dari penjual dan pembeli tidak dapat mempengaruhi harga produk di pasar.

3. Wilson Bangun

Pasar persaingan sempurna adalah suatu bentuk pasar yang paling tua di dunia. Bentuk pasar ini sangat efektif digunakan untuk sebuah negara yang membutuhkan kebebasan berinteraksi bagi para pelaku ekonomi.

Ciri-Ciri Pasar Persaingan Sempurna

Adapun ciri-ciri pasar persaingan sempurna diantaranya adalah

1. Terdiri Dari Banyak Penjual dan Pembeli

Dengan sifat ini, penjual dan pembeli tidak dapat mempengaruhi kondisi pasar secara keseluruhan. Interaksi penjual dan pembeli dianggap sebagai pengikut harga (price taker) yang menyebabkan harga pasar bersifat datum (harganya tetap berapapun jumlah barang yang dijual) karena mekanisme pasar yang menentukan harganya melalui interaksi antara kekuatan permintaan dan penawaran di masyarakat.

2. Barang Yang Dijual Bersifat Homogen

Pasar ini berlaku aturan untuk menjual produk yang sama (identik), sehingga pembeli akan sulit untuk membedakannya. Penjual produk ini berasal dari berbagai perusahaan yang biasanya berjumlah banyak sehingga setiap perusahaan tidak memiliki pengaruh terhadap harga produk atau pengaruhnya lsangat kecil.

Barang yang dihasilkan oleh sebuah perusahaan dapat menjadi pengganti yang sempurna terhadap barang yang diproduksi oleh perusahaan lain dalam semua aspek, sehingga barang yang dihasilkan sama atau identik dan tidak bisa dibedakan.

3. Kebebasan Dalam Membuka dan Menutup Usaha (Free Entry and Free Exit)

Pada pasar persaingan sempurna biasanya tidak ada kesulitan bagi produsen yang tergabung di dalamnya untuk keluar dan masuk. Maksudnya produsen atau penjual tidak akan mengalami masalah jika ingin memulai suatu bisnis baru yang dianggap menguntungkan, dan menutup usahanya tersebut karena merasa rugi. Berbeda dengan pasar lainnya yang memiliki keterikatan dalam membuka dan menutup pasar karena adanya surat perjanjian.

4. Penjual dan Pembeli Memiliki Pengetahuan yang Sama Tentang Pasar

Penjual dan pembeli memiliki pengetahuan yang sama dan jelas terkait dengan keadaan pasar. Segala kejadian dan perubahan informasi dalam pasar yang dapat terjadi sewaktu-waktu wajib diketahui oleh kedua belah pihak karena memiliki porsi yang sama dalam pasar terutama untuk harga produk dan kualitas produk.

Adanya suatu informasi yang jelas akan meningkatkan seluruh transaksi dalam pasar tanpa adanya unsur penipuan, sehingga dapat mengakibatkan kondisi sebagai berikut:

  • Penggunaan sumber daya untuk menghasilkan keuntungan yang maksimal.
  • Semua produsen dapat menjual barang dengan harga yang sama sesuai dengan.
  • Semua konsumen membeli barang dengan harga yang sesuai dengan harga pasar.

5. Perpindahan Sumber Ekonomi Cukup Sempurna

Pasar persaingan sempurna tidak akan mengalami masalah jika sumber daya atau faktor produksi dipindahkan ke tempat lain. Karena pada dasarnya semua tempat produksi itu sama, baik dalam pembuatannya hingga proses penjualannya.

Pengertian Pasar Persaingan Sempurna, Ciri, Kelebihan & Kelemahannya

Kelebihan Pasar Persaingan Sempurna

Adapun kelebihannya diantaranya adalah

  • Pasar persaingan sempurna, penjualnya tidak memerlukan iklan untuk promosi.
  • Tidak ada persaingan dalam pasar ini karena produk yang dijual bersifat homogen.
  • Penentuan harga berdasarkan transaksi tawar menawar antara penjual dan pembeli.
  • Harga barang dan jasa yang dijual ditentukan oleh penjual dan juga pembeli secara bersama-sama dan umumnya harga cenderung stabil.
  • Penjual dan pembeli bebas bertindak dalam transaksi.  Pembeli bebas membeli barang mana yang diinginkan dan dari produsen mana yang akan dibelinya.

Kelemahan Pasar Persaingan Sempurna

Adapun kelemahannya diantaranya adalah

  • Pembeli mengalami keterbatasan dalam memilih barang atau jasa karena produk yang dijual memiliki kesamaan begitupun dengan kualitasnya.
  • Tidak ada dana untuk melakukan riset atau pengembangan produk sehingga minim inovasi.
  • Sering terjadi kesinambungan dalam distribusi pendapatan dari masing-masing produsen sehingga terjadi konflik keadilan.
  • Pekerjanya cenderung menerima upah atau gaji yang rendah.

Demikianlah penjelasan kita kali ini mengenai Pengertian Pasar Persaingan Sempurna, Ciri, Kelebihan & Kelemahannya. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan. Terimakasih.