√ 10 Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli (Lengkap)

Posted on

10 Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli (Lengkap) – Pada kesempatan kali ini StudiNews akan memberikan bahasan mengenai perubahan sosial, yakni pengertian perubahan sosial menurut para ahli.

10 Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli (Lengkap)

Untuk mengetahuinya langsung saja yuk kita simak penjelasannya sebagai berikut:

Pengertian Perubahan Sosial

Perubahan sosial secara umum merupakan suatu keadaan dimana tidak terjadinya penyesuaian diantara unsur-unsur yang saling berbeda yang ada dalam kehidupan sosial, sehingga akan menghasilkan suatu pola yang tidak serasi fungsinya bagi masyarakat yang bersangkutan disebut perubahan sosial.

Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah pengertian perubahan sosial yang dikemukakan oleh beberapa ahli, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Prof. Selo Soemardjan

Perubahan sosial adalah suatu perubahan pada lembaga kemasyarakatan dalam ssuatu masyarakat yang dapat mempengaruhi suatu sistem sosialnya.

2. Robert M.I Lawang

Perubahan sosial adalah suatu proses ketika dalam suatu sistem sosial terdapat perbedaan-perbedaan yang dapat diukur dan terjadi dalam suatu kurun waktu tertentu.

3.  John Luwis Gillin dan John Philip Gillin

Perubahan sosial adalah suatu perubahan yang terjadi sebagai variasi dari suatu cara hidup yang telah diterima karena adanya suatu perubahan kondisi geografi, kebudayaan material, komposisi penduduk, ideologi, maupun adanya difusi atau penemuan-penemuan baru dalam masyarakat.

Baca Juga:  √ Pengertian Mobilitas Sosial, Bentuk dan Faktornya (Lengkap)

4.  Emile Durkheim

Perubahan sosial adalah suatu perubahan sosial yang terjadi dari hasil faktor-faktor ekologis dan demografis, yang mengubah kehidupan masyarakat dari kondisi tradisional yang diikat solidaritas mekanistik, ke dalam kondisi masyarakat modern yang diikat oleh solidaritas organistik.

5. Prof. Dr. M. Tahir Kasnawi

Perubahan sosial adalah proses perubahan, modifikasi, atau penyesuaian-penyesuaian yang terjadi di dalam pola hidup masyarakat, dan mencakup nilai-nilai budaya, pola perilaku kelompok masyarakat, hubungan-hubungan sosial ekonomi, dan kelembagaan-kelembagaan masyarakat, baik itu dalam aspek kehidupan material maupun non-materi.

6. Robert H. Lauer

Perubahan sosial adalah suatu perubahan dari segi fenomena sosial di berbagai tingkat kehidupan manusia, mulai dari tingkat individu hingga tingkat dunia.

7. William F. Ogburn

Perubahan sosial adalah suatu perubahan yang terdiri dari unsur-unsur kebudayaan baik yang material maupun yang inmaterial, dimana yang ditekankan adalah pengaruh besar dari unsur-unsur kebudayaan material terhadap unsur-unsur immaterial.

8. Pasurdi Suparlan

Perubahan sosial merupakan perubahan yang terjadi dalam struktur sosial, dan juga pola-pola hubungan sosial, yang mencakup sistem status,hubungan keluarga, sistem politik, kekuasaan dan juga penduduk.

Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli

9. Bruce J. Cohen

Perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi dalam struktur sosial dalam suatu organisasi sosial sehingga syarat dalam suatu perubahan tersebut adalah sistem sosial, perubahan hidup dalam nilai sosial dan juga budaya masyarakat.

10. Samuel Koening

Perubahan sosial adalah suatu modifikasi-modifikasi yang terjadi dalam pola-pola kehidupan manusia, dimana modifikasi tersebut terjadi karena sebab intern maupun ekstern.

Nah itulah tadi penjelasan mengenai 10 Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli (Lengkap). Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian. Terimakasih.