√ Pengertian Promosi, Tujuan, Fungsi, Jenis, Manfaat & Contohnya

Pengertian Promosi, Tujuan, Fungsi, Jenis, Manfaat & Contoh – Dalam suatu perusahaan atau didunia perdagangan adalah hal wajar dengan promosi. Dengan mempromosikan suatu barang atau jasa yang dijual maka dengan cepat orang mengetahui apa yang sebenarnya kita jual. Lalu apa sebenarnya pengertian promosi? Untuk itulah kali ini kami akan menjelaskannya kepada kalian tentang promosi, fungsi promosi, jenis-jenis promosi , manfaat promosi dan contohya yang dibahas dengan lengkap dan ringan. Agar lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Promosi, Tujuan, Fungsi, Jenis, Manfaat & Contohnya

Mari kita bahas pengertian promosi terlebih dahulu

Pengertian Promosi

Promosi ialah suatu usaha yang dilakukan oleh perusahaan untukk membuat kesadaran, memberitahuan, membujuk dan mempengaruhi konsumen untuk melakukan pembelian produk yang di tawarkan perusahaan.

Pengertian lain dari promosi adalah cara memberi tahu maupun menawarkan produk atau jasa yang bertujuan untuk menarik calon konsumen agar membeli atau mengkonsumsinya.

Tujuan Promosi

Adapun tujuan dari promosi adalah sebagai berikut:

  1. Mengirimkan informasi suatu produk kepada target pasar potensial
  2. Untuk memperoleh peningkatan penjualan dan profit/laba
  3. Untuk memperoleh pelanggan baru dan menjaga loyalitas konsumen
  4. Untuk menstabilkan penjualan ketika pasar lesu
  5. Menjadi pembeda dan juga mengunggulkan produk sendiri dari pesaing
  6. Membuat citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan
  7. Merubah tingkah laku dan anggapan konsumen

Fungsi Promosi

Menurut Supardi Lee, fungsi dari promosi adalah sebagai berikut:

  1. Fungsi Pengenalan

    Fungsi pengenalan, tujuan dari promosi yaitu agar produk yang hendak dijual bisa diketahui oleh masyarakat. Biasanya produk dipromosikan hanya berisi informasi-informasi dasar. Contohnya adalah informasi merek, harga produk, keunggulan produk yang dipromosikan dibanding dengan produk lain.

  2. Fungsi Penawaran

    Seorang konsumen bukan hanya diajak untuk mengetahui informasi dari produk atau jasa yang ditawarkan, tetapi juga menawarkan pada konsumen supaya mengambil suatu keputusan untuk tergerak membeli. Misalnya untuk pembeli 100 pertama akan memperoleh potongan harga atau diskon sebesar 25% dan gratis souvenir dompet atau aksesoris.

  3. Fungsi Penjagaan Konsumen

    Pada fungsi ini lebih menekankan pada kuantitas transaksi dan bukan kuantitas jumlah konsumen. Yang lebih penting dilakukan yaitu menyediakan pelayanan agar konsumen tetap setiap pada produk. Misalnya yaitu promosi hanya member (member only) di bisnis-bisnis tertentu seperti MLM dan lain sebagainya.

  4. Fungsi Perbaikan

    Di fungsi perbaikan promosi yaitu untuk melakukan perbaikan kesalahan yang pernah dilakukan baik oleh pemilik produk atau tim di perusahaan. Bisa disebut juga dengan sebagai permintaan maaf dari produsen terhadap konsumen. Misalnya adlaah ketika ada yang menjual buku “Cara Budidaya Jamur Tiram” yang dilengkapi dengan CD tutorialnya, tetapi pada kenyataanya penulis tersebut lupa untuk memasukkan CD didalam buku, sebagai permintaan maaf, maka penulis akan memberikan CD tutorial tersebut ditambah dengan souvenir terhadap pembeli.

Pengertian Promosi, Tujuan, Fungsi, Jenis-Jenis, Manfaat, Contoh
Pengertian Promosi, Tujuan, Fungsi, Jenis-Jenis, Manfaat, Contoh Terlengkap

Jenis-Jenis Promosi

Melakukan aktivitas promosi pada beberapa variabel yang terdapat didalamnya, dan variabel-variabel tersebut harus digambungkan dan sesuai dengan keperluan dan kemampuan perusahaan. Kombinasi variabel-variabel promosi tersebut dinyatakan dengan bauran promosi atau promotional mix. Adapun jenis-jenis promosi yang ada saat ini adalah sebagai berikut:

Advertensi (Periklanan)

Menurut jenis media yang dipakai, periklanan bisa dibedakan menjadi:

  • Advertensi cetak contohnya koran, majalah, dan lain sebagainya.
  • Advertensi elektronika seperti website, blog, radio, televisi, dan lain sebagainya
  • Pengiriman langsung adalah barang cetakan yang dikirim langsung dengan memakai jasa pos kepada target
  • Advertensi khusus adalah seluruh jenis barang yang berbentuk hadiah

Personal Selling

Personal selling merupakan penyajian barang dengan cara lisan dan bertatap muka dengan satu atau lebih calon pembeli yang bertujuan supaya barang yang ditawarkan dapat terjual. Hal ini tujuannya pada produk yang sifat pembelinya sekali-kali atau mempunyai nilai per unit yang tinggi atau yang di desain dengna kebutuhan khusus. Dengan memberikan peragaan supaya dapat menjadikan konsumen percaya kemudian melakukan pembelian.

Sales Promotion

Sales promotion yaitu salah satu jenis promosi yang dilakukan untuk merangsang barang perusahaan dibeli. Yang termasuk alat-alat yang dipakai dalam sales promotion diantaranya adalah:

  • Sampel atau contoh, dalam melaksanakan promosi tidak boleh ragu untuk memberi contoh kepada pembeli.
  • Kupon atau voucher, merupakan sertifikat hak potongan kepada pemegangnya sehingga lebih hemat dalam membeli suatu produk
  • Premi yaitu barang yang penawarannya dengan harga yang sangat rendah
  • Pakat harga yaitu produk harga yang meliputi harga lebih rendah dibanding harga biasanya apabila konsumen membeli produk dengan volume yang sudah ditentukan.
  • Tawaran atau terjadi kerusakan terhadap produk yang dibeli berdasar produknya maka uang akan dikembalikan kepada pembeli
  • Promosi dagang yaitu penawaran yang disediakan dalam bentuk potongan harga dalam rentang waktu yang sudah ditentukan
  • Undian yaitu cara promosi dengan menarik konsumen agar mengumpulkan label yang berisi nama produk agar kemudian diundi dan memperoleh hadiah
  • Kontes yaitu bentuk promosi dengan menarik konsumen untuk ikut dalam suatu perlombaan

Publicity

Publicity merupakan usaha pendekatan terhadap masyarakat supaya lebih dikenal oleh masyarakat misalnya jumpa pers, publikasi produk, bimbingan terhadap masyarakat dan lain sebagianya.

Manfaat Promosi

Adanya promosi suatu barang dan jasa memiliki manfaat diantaranya:

  • Agar tahu produk yang menjadi keinginan dan kebutuhan konsumen
  • Agar tahu tingkat kebutuhan konsumen terhadap produk
  • Agar tahu cara mengenalkan dan menyampaikan produk sehinga sampai ke konsumen
  • Agar tahu harga yang sesuai dengan keadaan pasar
  • Agar tahu strategi promos yang tepat terhadap calon konsumen
  • Agar tahu konsisi persaingan pasar dan bagaimana mengatasi hal tersebut
  • Untuk membuat image produk

Contoh Promosi

Berikut ini adalah beberapa contoh promosi:

  • Perusahaan A memasang iklan di TV untuk produk terbarunya
  • Diskon sampai dengan 75% untuk produk tertentu disebuah pusat perbelanjaan
  • Kirim 10 sms, dapat 100 sms gratis ke seluruh operator
  • Beli 1 gratis 2 untuk produk A

Itulah telah dijelaskan tentang Pengertian Promosi, Tujuan, Fungsi, Jenis, Manfaat & Contohnya semoga bermanfaat untuk kalian. Terimakasih telah mengunjungi blog kami dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.