√ Pengertian Repeater, Fungsi dan Jenisnya (Penjelasan Lengkap)

Posted on

Pengertian Repeater, Fungsi dan Jenisnya (Penjelasan Lengkap) – Di dalam mengguanakan peralatan computer pastinya kita memerlukan alat tambahan untuk dapat berkomunikasi dengan computer lainnya.

Pengertian Repeater, Fungsi dan Jenisnya (Penjelasan Lengkap)

Dengan adanya tambahan alat tersebut membuat kita dapat memindahakan data atau sekedar chatingan dengan pengguna computer lainnya. Untuk dapat berkomunikasi itu di perlukan alat yang bernama repeater. Untuk mengetahui apa itu repeater akan di jelasakan sebagai berikut.

Pengertian Repeater

Repeater berasal dari bahasa inggris yaitu repeat dengan arti pengulangan. Definisi repeater yaitu pengulangan kembali atau alay yang dapat mengulang atau dapat meneruskan kembali signal ke area sekitar perangkat ini dengan lebih mudah.

Repeater sendiri dapat menyebarkan jangkauan signal wifi yang sebelumnya tidak terjangkau yang bertujuan untuk menangkap sinyal tersebut. Untuk itu repeater di buat menjadi dua buah alat yaitu satu sebagai penerima dan yang satu menjadi penyebar sinyal. Penerima sinyal tersebut di namakan client dan penyebar signal tersebut di namakan accesspoint.

Tujuan utamanya untuk dapat menjauhkan jarak yang dapat di jangkau yang di karenakan sinyal melemah ketika terlalu jauh di pancarkan. Repeater terdiri dari antena Yagi yang menerima sinyal dari luar ruangan kemudian di teruskan dengan booster dan di pancarkan kembali dengan antena omni untuk membuat sinyal menjadi lebih kuat.

Fungsi Repeater

Fungsi repeater ini sebagai penguat dari sinyal dengan cara menerimanya dan kemudian memancarkannya kembali dengan kekuatan yang sama dengan sinyal aslinya.

Baca Juga:  √ Pengertian HTTP, Fungsi HTTP, Cara Kerja, Contoh HTTP (Lengkap)

Fungsi lain dari repeater adalah:

  1. Untuk dapat memudahkan akses sinyal Wifi yang berasal dari server.
  2. Untuk dapat mengcakup daerah yang lemah sinyal dari server (pemancar)
  3. Untuk dapat meluaskan jangkauan sinyal dari server atau pemancar.

Jenis Repeater

Repeater memiliki jenis yang diantaranya:

Telephone Repeater

Ini merupakan jenis repeater yang di pasangkan di saluran telepon dengan mengguanakan sinyal yang akan di terdegradasi di karenakan jaraknya yang jauh sehingga menjadikan sinyal menjadi jelas di terima oleh si pengerima.

Optical Communications Repeater

Ini merupakan jenis repeater yang berfungsi sebagai pernguat jangkauan sianyal pada kabel serat optic (fiber optic cable). Di dalam serat kabel ini terdapat informasi digital secara fisik yang berwujud light pulses yang terbuat dari foton agar dapat tersebar mengacak di dalam kabel tersebut.

Radio Repeater

Ini merupakan jenis repeater yang bertugas untuk dapat menguatkan sinyal radio. Di dalam repeater ini terdapat satu antenna yang berguna untuk receiver dan transmitter.

Repeater ini dapat mengubah frekuensi sinyal yang dapat menerima sebelum selanjutnya akan di pancarkan kembali. Sinyal ini dapat di pancarkan melalui sinyal repeater dan dapat menembus objek penghalang.

Kelebihan Repeater

Repeater ini memiliki kelebihan sebagai berikut:

  • Dapat memperkuat, membentuk ulang, atau membuat kombinasi dari satu sinyal input digital ke pada transmisi ulang.
  • Dapat berkerja di sinyal fisik sebenarnya, maka jangan mencoba untuk dapat menginterpresentasikan data yang di kirim.
  • Dapat menjadi penguat sinyal
  • Dapat berkerja di lapiasan fisik dnegan lapisan pertama dan model OSI
  • Suatu analig perangkat yang dapat menguatkan input sinyal yang terlepas dari alam

Kekurangan Repeater

Repeater memiliki kekurang diantaranya:

  • Tembaga untuk serat
  • Dapat memanjangkan jarak fisik dari perangkat jaringan
  • Alat harus dapat di letakkan di tempat yang tinggi
  • Tidak dapat memberikan pengaruh lebih terhadap kinerja jaringan
Baca Juga:  √ Pengertian Software, Fungsi, Jenis & Contohnya (Pembahasan Lengkap)

Pengertian Repeater Beserta Fungsi Dan Jenis Repeater Lengkap

Cara Kerja Repeater

Repeater dapat menyebarkan jaringan Wifi menjadi lebih luas lagi. Ini semua dapat di jalankan dengan cara menerima sinyak data yang kemudian akan di pancarkan kembali. Tetapi sebelumnya sinyal tersebut telah masuk dan di perkuatkan terlebih dahulu dengan komponen yang di milikinya dengan tugas menerima data sinyal dan memancarkan sinyal kembali.

Setelah mendapat sinyal tersebut maka akan di lakukan perubahan frekuensi yang akan menjadikannya mengeluarkan kegunaan untuk sinyal menjadi lebih kuat, tidak hanya kuat sinyal juga memiliki pancaran yang luas.

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian Repeater, Fungsi dan Jenisnya (Penjelasan Lengkap). Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.