Pengertian Segmentasi Pasar, Manfaat, Tujuan & Syaratnya (Lengkap)

Pengertian Segmentasi Pasar, Manfaat, Tujuan & Syaratnya (Lengkap) – Pada pembahasan kali ini StudiNews akan memberikan penjelasan mengenai segmentasi pasar, yang mencakup pengertian, manfaat, tujuan, dan syaratnya.

Pengertian Segmentasi Pasar, Manfaat, Tujuan & Syaratnya (Lengkap)

Untuk mengetahuinya langsung saja kita simak penjelasannya dibawah ini.

Pengertian Segmentasi Pasar

Secara umum segmentasi pasar adalah pembagian kelompok konsumen ataupun pembeli yang memiliki kebutuhan, karakteristik, perilaku yang berbeda-beda dalam pasar, hingga menjadi satuan pasar yang homogen dan dapat dijadikan sebagai sasaran pasar dengan strategi marketing mix sendiri.

Arti lain dari strategi pasar adalah strategi untuk mengenal minat serta kebutuhan konsumen di suatu pasar yang kemudian menciptakan produk baru (product diversification) yang sesuai dengan minat dan kebutuhan konsumen tersebut.

Pengertian Segmentasi Pasar Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah definisi dari segmentasi pasar menurut ahlinya.

1. Philip Kotler dan Gary Amstrong

Segmentasi pasar adalah pembagian pasar menjadi beberapa kelompok pembeli yang berbeda. Tujuan dari pengelompokkan ini adalah untuk membagi pasar yang berbeda-beda (heterogen) menjadi kelompok pasar homogen (sama) yang setiap kelompoknya dapat menargetkan untuk memasarkan suatu produk sesuai dengan kebutuhan keinginan, dan karakteristik pembeli.

2. Swastha dan Handoko

Segmentasi pasar adalah aktivitas membagi pasar yang bersifat heterogen ke dalam satuan-satuan pasar yang memiliki sifat homogen.

3. Pride dan Ferrel

Segmentasi pasar adalah sistem membagi pasar ke segmen pelanggan potensial dengan kesamaan karakteristik yang menampakkan adanya kesamaan tingkah laku konsumen.

Manfaat Segmentasi Pasar

Ada beberapa manfaat dilakukannya segmentasi pasar untuk perusahaan, diantaranya adalah

  • Menerapkan dan memiliki ide pemasaran yang lebih terarah
  • Dapat mengatur produk menjadi lebih baik
  • Mengetahui dan membandingkan peluang pasar baru
  • Menggunakan dan menyusun budget agar lebih efektif dan efisien
  • Menciptakan daya tarik dalam bidang pemasaran
  • Akan lebih menguntungkan.

Tujuan Segmentasi Pasar

Tujuan utama dari pengelompokkan pasar adalah membagi pasar yang masih sangat luas menjadi beberapa pasar yang bersifat homogen. Adapun tujuan segmentasi pasar secara spesifik diantaranya adalah:

  • Membantu memudahkan dalam membedakan pasar
  • Membantu pelayanan konsumen menjadi lebih baik
  • Strategi pemasaran lebih terarah
  • Dapat mengenal kompetitor dengan segmen yang sama
  • Dapat mengevaluasi target dan rencana bisnis.

Syarat Segmentasi Pasar

Adapun beberapa syarat segmentasi pasar yang sangat efektif diantaranya adalah

1. Dapat Diukur (Measurable)

Dalam sebuah pengelompokkan pasar harus terukur, baik besarnya, luasnya, dan daya beli konsumen pada segmen tersebut.

2. Dapat Dijangkau (Accessible)

Segmentasi pasar harus dapat dilaksanakan dengan baik, dengan kata lain strategi pemasarannya dapat dilakukan dengan baik.

3. Cukup Besar (Substantial)

Yakni pengelompokkan harus lumayan besar sehingga dapat menguntungkan saat dilayani oleh perusahaan.

Pengertian Segmentasi Pasar, Manfaat, Tujuan & Syaratnya

4. Dapat Dibedakan (Differentiable)

Segmen pasar yang dikelompokkan harus dapat dibedakan dengan jelas.

5. Dapat Dilaksanakan (Actionable)

Yakni market segmentation harus dapat dilayani atau dijangkau oleh sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan.

Nah itulah tadi penjelasan kita kali ini mengenai Pengertian Segmentasi Pasar, Manfaat, Tujuan & Syaratnya (Lengkap). Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan. Terimakasih.