Pengertian Seni Budaya Beserta Contoh Seni Budaya

Pengertian Seni Budaya Beserta Contoh Seni Budaya – Pada kesempatan ini Studi News akan membahas tentang Seni Budaya. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian seni budaya beserta contohnya dengan secara singkat dan jelas. Unutk lebih jelasnya simak artikel berikut ini.

Pengertian Seni Budaya Beserta Contoh Seni Budaya

Seni adalah kata serapak yang berasal dari bahasa Sansekerta yakni sani yang artinya pelayanan, pemujaan dan persembahan. Sehingga kata seni berkaitan erat dengan suatu upacara keagamaan atau umumnya kita kenal dengan nama kesenian.

Menurut Padmapusphita, kata seni berasal dari bahasa Belanda artinya jenius. Berarti menurut Padmapusphita, seni adalah kemampuan bakat yang sudah ada sejak lahir.

Budaya berasal dari bahasa Sangsekerta yaitu buddhayah yang artinya sesuatu yang mempunyai keterkaitan dengan budi dan akal manusia. Dalam bahasa Inggris di sebut Culture berasal dari bahasa Latin adalah colore yang artinya mengolah atau mengerjakan.

Pengertian Seni Budaya

Secara umum seni budaya merupakan segala sesuatu yang diciptakan menusia mengenai cara hidup berkembang dengan bersama pada suatu kelompok yang mengandung unsur estetika atau keindahan dengan turun – temurun dari generasi ke generasi.

Menurut Para Ahli

Untuk lebih jelasnya, dibawah ini adalah Sini Budaya beberapa menurut para ahli, antara lain sebagai berikut:

  • Harry Sulastianto

Menurut Harry Sulastianto yang merupakan Dosen dari Uneversitas Pendidikan Indonesia fakustas seni rupa. Seni budaya adalah suatu keahlian untuk mengekspresikan ide – ide dan pemikiran estetika, termasuk mewujudkan kemampuan dan imajinasi pandangan mengenai benda, suasana atau karya sehingga mampu menimbulkan rasa indah yang menciptakan peradaban yang lebih moderen.

  • Muhammad Thoyibi

Menurut Muhammad Thoyibi, Seni budaya yaitu penjelmaan rasa seni yang sudah menjadi budaya yang termasuk dalam aspek kebudayaan, yang bisa dirasakan oleh banyak orang dalam rentang perjalanan sejarah peradaban manusia.

  • Sartono Kartodirdjo

Menurut Sartono Kartodirdjo, Seni budaya yaitu sistem yang komperhensif karena seni budaya dapat menjalankan komunikasi dengan efektif, antara lain dengan satu bagian saja dapat menunjukan keseluruhan.

Ide Bagus Perwita

Menurut Ide Bagus Perwita, Seni budaya adalah penunjang sarana upacara.

Contoh Seni Budaya yang Ada di Indonesia

Berikut ini adalah beberapa contoh dari seni budaya, antara lain sebagai berikut:

  • Tari Kencet Pantai

Tari Kencet Pantai adalah seni budaya dalam bentuk tarian perang. Menceritakan tentang seseorang pahlawa suku Dayak Kenyah yang sedang berperang melawan musuh. Tarian ini juga menggambarkan tentang keberanian para ajai atau pria Suku Dayak Kenyah dalam berperang. Mulai dari perang sampai upacara pemberian gelar bagi para ajai yang sudah berhasil mengenyahkan musuhnya.

Gerakan dari tarian ini sangat lincah, gesit, penuh semangat dan terkadang diikuti oleh pekikan para penari. Tarian ini diringi dengan lagu Sak Paku dan hanya menggunakan alat musik Sampe.

  • Tari Saman

Tari Saman yang berasal dari Suku Gayo, umumnya ditampilkan untuk merayakan peristiwa penting dalam adat. Syair yang ada dalam tarianini mempergunakan Bahasa Gayo. Selain itu Tari Saman juga biasanya ditampilkan untuk merayakan kelahiran Nabi Muhammad Salallahu’alaihiwasallam. Dalam beberapa literatur di sebutkan bahwa Tari Saman dari Aceh dikembangkan dan didirikan oleh Syekh Saman yang merupakan seorang ulama yang berasal dari Gayo di Aceh Tenggara.

UNESCO menetapkan Tari Saman sebagai Daftar Representatif Takbenda Warisan Manusia dalam Sidang ke-6 Komita Antar-Pemerintah untuk perlindungan Warisan Budaya Tak Benda UNESCO di Bali pada 24 Novenber 2011.

  • Kain Tenun Lombok

Kain tenun Lombok adalah salah satu seni budaya yang berbentuk kain atau pakaian. Masih banyak pakaian khas budaya Indonesia seperti Tapis, Songket dan lain sebagainya.

Pengertian Seni Budaya Beserta Contoh Seni Budaya

  • Batik

Batik juga terbagi dalam ratusan jenis yang berada di Indonesia.

  • Angklung

Angklung adalah alat musik yang bernada ganda atau multitonal yang secara tradisionalberkembang dalam masyarakat Sunda di Jawa Barat. Alat musik angklung terbuat dari bambu, dibunyikan dengan digoyangkan dan benturan dari badan pipa bambu tersebut menghasilkan bunyi yang bergetar dakam susunan 2,3 dan 4 nada dalam setiap ukuran, baik kecil ataupun besar.

Demikian penjelasan tentang Pengertian Seni Budaya Beserta Contoh Seni Budaya. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Terima kasih.