Pengertian Seni Grafis, Macam dan Contoh Seni Grafis

Pengertian Seni Grafis, Macam dan Contoh Seni Grafis – Pada kesempatan ini Studi News akan membahas tentang Seni Grafis. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian seni grafis, macam dan contoh seni grafis dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel berikut ini.

Pengertian Seni Grafis, Macam dan Contoh Seni Grafis

Seni grafis adalah salah satu cabang seni rupa yang memanfaatkan teknologi komputer dan teknik cetak. Media pencetak yang di gunakan umumnya menggunakan kain atau kertas. Seni grafis biasanya dapat di temuakan di koran, papan reklame, majalah dan pakaian.

Pengertian Seni Grafis

Seni grafis yaitu karya seni yang dihasilkan melalui proses printing atau pencetakan yang biasanya menggunakan kertas sebagai media pencetakannya. Dalam bahasa Inggris di sebut Printmaking. hHasilnya yaitu berupa karya seni yang bisa diperbanyak dengan mudah.

Macam dan Contoh Seni Grafis

Dibawah ini adalah macam dari seni grafis bserta contohnya, antara lain sebagai berikut:

  • Relief

Cetak relief adalah proses dimana lapisan timbul pada lempengan cetakan atau balok kayu yang di beri tinta. Sedangkan are yang timbul atau tersembunyi bebas tinta, sehingga pada saat ditempelkan dapat membentuk sebuah cetakan yang diinginkan. Contohnya pada pembuatan stempel.

  • Intaglio

Intaglio adalah teknik cetak timbul dengan menggoreskan atau menorehkan plat aluminium sehingga membentuk suatu gambar yang diinginkan. Lalu arue yang tergores diisikan tinda dan ditempelkan pada kertas basah. Hasilnya ialah cetakan timbul. Cetak berkebalikan dari cetak relief, contohnya pada pembuatan uang kertas.

  • Cetak Plano

Planographic printing atau cetak plano adalah teknik mencetak pada lapisan datar. Taknik yang satu ini memanfaatkan perbedaan pada sifat air dan minyak yang tidak saling menyatu. Teknik plano menjadi inspirasi pada mesin cetak ofset yang menggunakan acuan plat. Contohnya pada mesin fotocopy dan scanner.

  • Cetak Stensil

Cetak stensil adalah Teknik mencetak dengan menggunakan kertas dengan cara menggunting kertas sesuai dengan bentuk atau tulisan yang diinginkan. Lalu kertas tersebut ditempelkan dengan papan atau kain yang akan diberi cat dan kertas tersebut di semprot atau di cat. Kemudian kertas tersebut dicabut dan hasilnya akan seperti yang telah digunting. Contohnya pada spanduk dan papan peringatan.

Pengertian Seni Grafis Macam dan Contoh Seni Grafis

  • Kolagrafi

Kolagrafi adalah teknik mencetak dengan menempelan benda atau objek pada kanvas dan kesemuanya di beri cat. Lalu objek tersebut di lepas dan hasilnya bagian yang tidak terkena cat akan berbentuk seperti objek dan tampak cekung. Teknik ini tidak berhubungan dengan teknik kolase meskipun teknik ini terkesan memiliki kata dasar kolase.

  • Cetak Saring

Cetak saring adalah pengembangan dari cetak stensil yang mempunyai kekurangan terutama saat mencetak huruf yang mempunyai kurva tertutup seperti huruf d, o, e dan a. Teknik ini biasa disebut dengan sablon. Pencetakan dilakukan dengan saringan yang diberi batasan sesuai dengan huruf atau bentuk yang ingin dicetak. Contohnya yaitu pada kaos, spanduk dan pembungkus makanan olahan.

  • Fotografi

Fotografi adalah seni yang menggunakan pencitraan pada sebuah objek. Unsur seni yang biasa ditonjolkan merupakan komposisi foto. Makin baik komposisinya maka akan semakin bagus hasil foto tersebut. Apalagi jika pengambilan gambar terkandung pesan yang tersirat pada foto tersebut. Peralatan utamanya yaitu kamera.

Demikian penjelasan tentang Pengertian Seni Grafis, Macam dan Contoh Seni Grafis. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Terima kasih.