Pengertian Seni Musik, Jenis dan Unsurnya (Pembahasan Lengkap)

Pengertian Seni Musik, Jenis dan Unsurnya (Pembahasan Lengkap) – Musik adalah suara yang dapat menghasilkan suatu irama dan merupakan bentuk dari seni. Dengan musik seseorang dapat mengekspresikan diri dan emosinya melalui suara yang dirangkai sedemikian rupa baik itu dengan suara vocal maupun suara alat musik.

Pengertian Seni Musik, Jenis dan Unsurnya (Pembahasan Lengkap)

Nah pada kesempatan kali ini StudiNews akan membahas mengenai seni musik yang mencakup pengertian, jenis dan juga unsurnya. Langsung saja kita simak penjelasannya sebagai berikut:

Pengertian Seni Musik

Secara umum seni musik adalah salah satu cabang seni yang menggunakan musik dan unsur-unsurnya sebagai sarana untuk mengungkapkan suatu ekpresi dan perasaan seorang seniman.

Pengertian lain dari seni musik adalah cabang seni yang menggunakan suara sebagai sarana penyampaian dimana suara disusun sedemikian rupa hingga memiliki nada, irama, lagu dan juga keselarasan.

Pengertian Seni Musik Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah definisi dari seni musik menurut ahlinya.

1. David Ewen

Seni musik adalah ilmu pengetahuan dan seni tentang kombinasi ritmik dan beberapa nada, baik vocal maupun instrumen yang mencakup sebuah melodi dan harmoni sebagai ekspresi segala sesuatu hal yang ingin diungkapkan lebih dalam dari sisi emosional.

2. Aristoteles

Seni musik adalah suatu ungkapan kemampuan serta tenaga penggambaran yang berawal dari gerakan rasa dalam satu deretan nada (melodi) yang memiliki irama.

3. Remy Sylado

Seni musik adalah suatu wujud yang hidup dan beberapa kumpulan ilusi dan alunan suara atau nada yang berjiwa sehingga dapat menggerakkan isi hati sang penikmatnya.

4. Otti Jamalus

Seni musik adalah sesuatu yang menghasilkan karya seni, baik bunyi yang berbentuk lagu atau komposisi yang mengungkapkan pikiran atau perasaan penciptanya lewat unsur-unsur pokok musik yakni irama, harmoni, melodi, dan susunan lagu serta ekspresi sebagai satu kesatuan.

Jenis-Jenis Musik

Musik akan selalu mengalami perkembangan dari waktu ke waktu dan ada beberapa perbedaan jenis musik pada setiap masa. Adapun jenis-jenis musik diantaranya adalah

1. Musik Tradisional

Musik tradisional merupakan warisan nenek moyang setiap suku bangsa di Indonesia. Setiap daerah di Indonesia memiliki instrumen musik yang berbeda dan digunakan untuk keperluan yang berbeda pula.

Ciri Musik Tradisional:

  • Menggunakan instrumen musik khas daerah
  • Merupakan bagian dari budaya masyarakat
  • Menggunakan bahasa daerah dalam setiap syairnya
  • Musik tradisional umumnya tidak memiliki notasi
  • Dapat dipelajari secara lisan.

2. Musik Modern

Musik modern adalah suatu jenis kreasi baru yang memiliki sifat dinamis dan sudah menggunakan teknologi tertentu baik dari instrumen maupun penyajiannya.

Ciri Musik Modern:

  • Melibatkan berbagai alat musik modern
  • Mendapatkan sentuhan teknologi maju baik instrumen maupun penyajian
  • Tempo musik cenderung lebih cepat
  • Menggunakan bahasa internasional atau nasional
  • Sebagai sarana aktualisasi diri dan komersial.

3. Musik Kontemporer

Musik kontemporer adalah salah satu jenis musik yang mulai memperkenalkan berbagai elemen musik baru yang belum digunakan pada periode sebelumnya. Adapun jenis musik ini mulai muncul dan berkembang pada tahun 1990-an.

Ciri Musik Kontemporer:

  • Terdapat harmoni yang tidak selaras (disonan)
  • Memiliki ritme yang lebih kompleks
  • Melodi liriknya cenderung lebih sedikit
  • Banyak menggunakan alat musik tiup dan perkusi
  • Adanya penggunaan suara elektronik dan sintetis.

Unsur-Unsur Seni Musik

Musik dapat terbentuk karena beberapa unsur untuk dapat membentuk satu kesatuan yang utuh. Adapun unsur-unsur seni musik adalah

1. Melodi

Melodi merupakan susunan rangkaian tiga nada atau lebih yang terdengar berurutan secara logis, memiliki irama dan mengungkapkan gagasan.

2. Irama

Merupakan ukuran waktu atau tempo yang menentukan suatu ketukan dalam keseluruhan musik. Irama bentuk dari rangkaian bunyi dalam waktu yang berbeda sehingga membentuk pola irama.

3. Birama

Merupakan unsur seni musik yang berupa ketukan atau ayunan berulang-ulang secara teratur dalam tempo yang sama. Ketukan ini biasanya ditulis dengan 2/4,  2/3,  3/4 dan seterusnya.

4. Harmoni

Merupakan perpaduan teratur antara melodi dan nada secara terus menerus sehingga menghasilkan suatu keindahan komposisi musik.

5. Tempo

Adalah suatu tingkat kecepatan musik yang ditentukan oleh banyaknya ketukan dalam satu menit (beat). Semakin cepat musik yang dimainkan maka nilai temponya akan semakin besar.

Pengertian Seni Musik, Jenis dan Unsurnya

6. Tangga Nada

Adalah suatu urutan nada yang disusun secara berjenjang dimana dalam setiap nada terdapat jarak tertentu. Tangga nada ada dua yakni tangga nada diaktonik (7 nada) dan pentatonik (5 nada).

7. Dinamika

Adalah suatu tingkat kelembutan dan suara kerasnya musik ketika dimainkan sehingga tidak terdengar datar dan monoton.

8. Timbre

Adalah kualitas warna atau suara dalam seni musik. Timbre ini sangat bergantung pada suara dan cara bergetarnya suatu instrumen.

Nah itulah tadi penjelasan kita kali ini mengenai Pengertian Seni Musik, Jenis dan Unsurnya (Pembahasan Lengkap). Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan. Terimakasih 🙂