28 Pengertian Sosialisasi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

28 Pengertian Sosialisasi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) – Dalam masyarakat kita tentu mengenal dengan istilah sosialisasi. Biasanya istilah ini digunakan pada suatu pemberitahuan informasi atau penyampaian sesuatu untuk masyarakat ataupun individu. Namun apakah kalian mengetahui pengertian dari sosialisasi? Berikut ini kami akan membahas tentang sosialisasi yang dikemukakan oleh beberapa ahli dengan lengkap dan ringan. Agar lebih detailnya mari ikuti ulasan dibawah ini.

28 Pengertian Sosialisasi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Mari kita bahas pengertian sosialisasi terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Sosialisasi Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah definisi dari sosialisasi yang dibahas oleh ahlinya.

1. Karel J. Veeger

Karel J. Veeger mengemukakan pengertian Sosialisasi adalah suatu proses belajar mengajar.

2. Paul B. Horton

Paul B. Horton mengemukakan pengertian Sosialisasi adalah suatu proses dimana seseorang menghayati serta memahami norma-norma dalam masyarakat tempat tinggalnya sehingga akan membentuk kepdibadiannya.

3. Giddens

Giddens mengemukakan pengertian Sosialisasi adalah sebuah proses yang terjadi ketika seorang bayi yang lemah berkembang secara aktif melalui tahap demi tahap sampai akhirnya menjadi pribadi yang sadar akan dirinya sendiri, prinadi yang berpengetahuan dan terampil akan cara hidupnya dalam kebudayaan tempat ia tinggal

4. Bruce J. Cohen

Bruce J. Cohen mengemukakan pengertian Sosialisasi adalah proses-proses manusia mempelajari tata cara kehidupan dalam masyarakat untuk memperoleh kepribadian dan membangun kapasitasnya agar berfungsi dengan baik sebagai individu maupun sebagai anggotanya.

5. Ritcher JR

Ritcher JR mengemukakan pengertian Sosialisasi adalah proses seseorang memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap yang diperlakukannya agar dapat berfungsi sebagai orang dewasa dan sekaligus sebagai pemeran aktif dalam suatu kedudukan atau peranan tertentu pada masyarakat.

6. Jack Levin dan James L. Spates

Jack Levin dan James L. Spates mengemukakan pengertian Sosialisasi adalah proses pewarisan dan pelembagaan kebudayaan ke dalam kepribadian individu.

7. Edward Shils

Edward Shils mengemukakan pengertian Sosialisasi adalah proses sosial yang dijalankan seseorang atau sepanjang umur yang perlu dilalui seorang individu untuk menjadi seorang anggota kelompok dan masyarakatnya melalui pembelajaran kebudayaan dari kelompok dan masyarakat itu.

8. Sukandar Wiraatmaja

Sukandar Wiraatmaja mengemukakan pengertian Sosialisasi adalah proses mulai bayi untuk mengenal dan memperoleh sikap, pengertian, gagasan dan pola tingkah laku yang disetujui oleh masyarakat

9. Wright Wright

WrightWright mengemukakan pengertian Sosialisasi adalah proses ketika individu mendapatkan kebudayaan kelompoknya dan menginternalisasikan (sampai tingkat tertentu) norma-norma sosialnya, sehingga membimbing oran gitu untuk memperhitungkan harapan-harapan orang lain.

10. Prof. Dr. Nasution, S.H.

Prof. Dr. Nasution, S.H. mengemukakan pengertian Sosialisasi adalah proses membimbing individu ke dalam dunia sosial (sebagai warga masyarakat yang dewasa)

11. John C. Macionis

John C. Macionis mengemukakan pengertian Sosialisasi adalah pengalaman sosial seumur hidup di mana individu dapat mengembagkan potensinya dan mempelajari pola-pola kehidupan

12. David Gaslin

David Gaslin mengemukakan pengertian Sosialisasi adalah proses belajar yang dialami seseorang untuk memperoleh pengetahuan tentang nilai dan norma-norma agar ia dapat berpartisipasi sebagai anggota kelompok masyarakat

13. Nursal Luth

Nursal Luth mengemukakan pengertian Sosialisasi adalah suatu prose ketika individu menerima dan menyesuaikan diri dengan masyarakat

14. Irvin L.

Irvin L. mengemukakan pengertian Sosialisasi adalah proses yang mengharuskan semua individu untuk mengembangkan potensi perilaku mereka yang sebenarnya diyakini benar dan telah menjadi kebiasaan dan sesuai dengan standar kelompok.

15. David B Brinkerhoft dan Lynn K White

David B Brinkerhoft dan Lynn K White mengemukakan pengertian Sosialisasi adalah suatu proses belajar peran, status dan nilai yang diperlukan untuk partisipasinya dalam institusi sosial

16. Robert M.Z.

Robert M.Z. mengemukakan pengertian Sosialisasi adalah proses mempelajari norma-norma, nilai-nilai, peran, dan semua persyaratan lainnya yang diperlukan untuk memungkingkan partisipasi efektif dalam kehidupan sosial.

17. Wikipedia

Wikipedia mengemukakan pengertian Sosialisasi adalah proses penanaman atau penghapusan kebiasaan atau nilai dan aturan dari satu generasi ke generasi lainnya dalam sebuah kelompok atau masyarakat.

18. Irvin L. Child

Irvin L. Chilid mengemukakan pengertian Sosialisasi adalah segenap proses yang menuntut individu mengembangkan potensi tingkah laku aktualnya yang diyakini kebenarannya dan telah menjadi kebiasaan serta sesuai dengan standar dari kelompoknya.

19. Robert M.Z. Lawang

Robert M.Z. Lawang mengemukakan pengertian Sosialisasi adalah proses mempelajari norma, nilai, peran, dan semua persyaratan lainnya yang diperlukan untuk memungkinkan partisipasi yang efektif dalam kehidupan sosial.

20. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

KBBI mengemukakan pengertian Sosialisasi adalah suatu proses belajar seorang anggota masyarakat untuk mengenal dan menghayati kebudayaan masyarakat di lingkungannya.

21. Charlotte Buhler

Charlotte Buhler mengemukakan pengertian Sosialisasi adalah proses yang membantu individu-individu belajar dan menyesuaikan diri terhadap bagaimana cara hidup dan bagaimana cara berpikir kelompoknya agar ia dapat berperan dna berfungsi dalam kelompoknya.

22. Horton dan Hunt

Horton dan Hunt mengemukakan pengertian Sosialisasi adalah proses dimana seseorang menginternalisasikan norma-norma kelompok tempat ia hidup sehingga berkembang menjadi satu pribadi yang unik.

23. Koentjaraningrat

Koentjaraningrat mengemukakan pengertian Sosialisasi adalah seluruh proses di mana seorang individu sejak masa kanak-kanak sampai dewasa, berkembang, berhubungan, mengenal, dan menyesuaikan diri dengan individu-individu lain yang hidup dalam masyarakat sekitarnya.

24. Broom dan Selznic

Broom dan Selznic mengemukakan pengertian Sosialisasi adalah proses membangun atau menanamkan nilai-nilai kelompok pada diri sendiri.

Pengertian Sosialisasi Menurut Para Ahli

25. Stewart

Stewart mengemukakan pengertian Sosialisasi adalah proses memperoleh kepercayaan, sikap, nilai dan kebiasaan dalam kebudayaannya.

26. Peter L. Berger

Peter L. Berger mengemukakan pengertian Sosialisasi adalah proses pada seorng anak yang sedang belajar menjadi anggota masyarakat

27. Soerjono Soekanto

Soerjono Soekanto mengemukakan pengertian Sosialisasi adalah proses sosial tempat seorang individu mendapatkan pembentukan sikap untuk berperilaku yang sesuai dengan perilaku orang-orang disekitarnya.

28. Peter Barger

Peter Barger mengemukakan pengertian Sosialisasi adalah proses seorang anak belajar menjadi seorang anggota yang berpartisipasi dalam masyarakat

Itulah telah dijelaskan tentang 28 Pengertian Sosialisasi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap), semoga bisa bermanfaat. Terimakasih telah mengunjungi blog kami dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.