Pengertian Teks Eksplanasi, Jenis, Ciri, Struktur dan Kaidah Kebahasaannya

Pengertian Teks Eksplanasi, Jenis, Ciri, Struktur dan Kaidah Kebahasaannya – Pada kesempatan kali ini StudiNews akan membahas mengenai teks eksplanasi yang terdiri dari pengertian, jenis, ciri dan strukturnya.

Pengertian Teks Eksplanasi, Jenis, Ciri, Struktur dan Kaidah Kebahasaannya

Untuk mengetahuinya langsung saja kita simak penjelasannya sebagai berikut:

Pengertian Teks Eksplanasi

Secara umum, teks eksplansi merupakan teks yang menjelaskan tentang proses atau tahapan “mengapa” dan “bagaimana” terjadinya suatu fenomena ataupun peristiwa yang berhubungan dengan alam, sosial, ilmiah, dan budaya.

Definisi lain dari teks eksplansi adalah suatu teks atau paragraf yang isinya menjelaskan tentang informasi mengenai proses terjadinya suatu fenomena alam, ilmu pengetahuan dan kehidupan sosial serta budaya. Biasanya jenis teks ini sering ditemukan di dalam buku sains, sejarah dan geografis.

Pada hakikatnya tujuan dari teks ini adalah menjelaskan tentang mengapa dan bagaimana suatu fenomena ataupun peristiwa terjadi. Contohnya seperti artikel tentang dampak global warming, melestusnya gunung berapi dan lain sebagainya.

Jenis-Jenis Teks Eksplanasi

Menurut NWS Departement School and Education (2012),ada empat jenis explanatory text diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Eksplanasi Kausal, yakni salah satu jenis eksplansi yang menjelaskan mengenai asal atau penyebab terjadinya perubahan pada suatu hal secara bertahap. Contohnya proses terjadinya banjir.
  • Eksplanasi  Sequential, yakni jenis eksplansi yang menjelaskan tentang rincian tahapan suatu fenomena. Contohnya seperti urutan siklus kehidupan rantai makanan.
  • Eksplanasi Teoritis, yakni jenis eksplansi yang berisi spekulasi kemungkinan yang dapat terjadi di balik suatu fenomena alam. Seperti letusan gunung berapi yang memicu terjadinya bencana alam.
  • Eksplanasi Faktorial, yakni jenis eksplansi yang menjelaskan tentang efek dan hasil dari suatu proses. Seperti efek terjadinya kolonialisasi.

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

Adapun ciri-ciri dari teks eksplansi diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Semua informasi yang disampaikan dalam teks merupakan berdasarkan fakta (faktual) tanpa adanya tambahan opini dari penulis.
  • Topik yang dibahas di dalamnya merupakan fenomena yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan ataupun bersifat ilmiah.
  • Bersifat informatif serta tidak berusaha untuk mempengaruhi pembaca untuk mempercayai yang dibahas.
  • Penjelasan yang ada dalam teks eksplanasi menggunakan sequence markers, contohnya Pertama, Kedua, Ketiga, dan seterusnya.
  • Struktur teksnya terdiri dari tiga jenis, yakni pernyataan umum, deretan penjelas atau sebab akibat, dan juga interpretasi.

Struktur Teks Eksplanasi

Dalam teks eksplanasi ada 3 struktur yang membangun teks ini sehingga menjadi satu kesatuan, diantaranya adalah

1. Pernyataan Umum

Pada bagian pernyataan umum ini memuat mengenai penjelasan umum mengenai suatu topik ataupun peristiwa yang dibahas. Adapun pernyataan umum ini dapat berupa pengenalan atau penjelasan singkat tentang suatu peristiwa atau fenomena.

2. Deretan Penjelas

Pada bagian deretan penjelas terdapat informasi mengenai sebab-akibat suatu peristiwa ataupun fenomena. Pada bagian deretan penjelas ini disusun sedemikian rupa, sehingga dapat menjelaskan suatu peristiwa secara berurutan dari awal hingga akhir.

3. Interpretasi

Interpretasi merupakan teks penutup dan bukan suatu keharusan. Pada interpretasi ini menjelaskan tentang intisari atau kesimpulan dari pernyataan umum dan deretan penjelas dari topik yang dibahas.

Pengertian Teks Eksplanasi, Jenis, Ciri, Struktur dan Kaidah Kebahasaannya

Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi

Adapun beberapa kaidah kebahasaan teks eksplanasi adalah sebagai berikut:

  • Pembahasan topik lebih fokus pada hal-hal yang bersifat umum, bukan partisipan manusia. Seperti Gempa bumi, gunung meletus dan lain sebagainya.
  • Menggunakan istilah-istilah yang ilmiah.
  • Menggunakan kalimat pasif.
  • Lebih sering memakai verba material serta relasional (kata kerja aktif).
  • Banyak menggunakan konjungsi kausal dan waktu. Seperti sebelum, pertama, kemudian, jika.
  • Pada penjelasan teks ini bertujuan untuk menjustifikasi bahwa sesuatu yang dijelaskan secara kausal itu benar adanya.

Nah itulah tadi penjelasan mengenai Pengertian Teks Eksplanasi, Jenis, Ciri, Struktur dan Kaidah Kebahasaannya. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan. Terimakasih