Pengertian Teori Komunikasi Menurut Para Ahli dan Macamnya

Pengertian Teori Komunikasi Menurut Para Ahli dan Macamnya – Pada kesempatan ini StudiNews akan membahas tentang Komunikasi. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan beberapa pengertian teori komunikasi menurut para ahli dan macam-macamnya dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut ini.

Pengertian Teori Komunikasi Menurut Para Ahli dan Macamnya

Bicara soal komunikasi pada dasarnya sangatlah dibutuhkan saat menerapkan suatu komunikasi baik itu komunikasi intrapersonal atau pun komunikasi massa. Karena kegunaan dari komunikasi sebagai alat penjelas serta pemberi informasi terhadap objek-objek komunikasi, yang agar para komunikasi dapat menyerap dengan baik apa yang telah disampaikan oleh komunikator.

Adapun yang sangat diperlukan dalam berkomunikasi termasuk dalam penerapan teori komunikasi ialah komunikator, media, pesan, pemirsa sampai umpan balik. Dari seluruh element komunikasi yang paling memiliki banyak peranan, atau berperan penting dalam proses berkomunikasi ialah seorang komunikator.

Apabila seorang komunikator handal maka umpan baliknya akan tercapai dengan baik. Dan yang terpenting dalam teori komunikasi ialah bagaimana seseorang dapat membangun komunikasi dengan baik dan jelas.

Pengertian Teori Komunikasi Menurut Para Ahli

Ada banyak pakar atau ahli ilmu komunikasi yang menerangkan tentang teori komunikasi diantaranya ialah sebagai berikut:

Borman, 1989

Teori komunikasi merupakan satu perkataan atau istilah yang merupakan paying untuk seluruh perbincangan dan analisis yang dibuat secara hati-hati, sistematik dan sadar tentang komunikasi.

Littlejohn, 1996

Yaitu, satu teori atau sekumpulan atau pemikiran kolektif yang didapati pada keseluruhan teori terutamanya yang berkaitan dengan proses komunikasi.

Cragan & Shields, 1998

Hubungan antara konsep teoretikal yang membantu untuk memberi secara keseluruhan ataupun sebagian, keterangan, penjelasan, penerangan, penilaian ataupun ramalan tidakan manusia yang berdasarkan komunikator yang berkomunikasi (bercakap, menulis, membaca, mendengar, menonton dan sebagainya) untuk jangka waktu atau masa tertentu melalui media (alat bantu).

Hendri Ma’ruf

Landasan bagi keberhasilan strategi promosi yang dilakukan peritel, termasuk oleh jenis perusahaan lain di industri apa saja. Teori ini menjelaskan siapa yang mengirim pesan apa dengan cara apa kepada siapa dan bagaimana hasilnya?

Winda Yulia

Komunikasi yang mengacu pada proses pertukaran pesan serta sinyal di antara aktor-aktor sosial, sebagai suatu elemen penting dalam konstruksi arti dan persepsi yang merupakan kepedulian sentral dalam model tersebut.

Saodah Binti Wok Awang & Narimah Binti Ismail

Teori yang dipergunakan sebagai alat untuk menerangkan, menjelaskan, menilai, membuat ramalan demi untuk memahami fenomena komunikasi.

Menjelaskan tentang teori komunikasi tentu tidaklah lengkap apabila kita tidak menjelaskan juga macam-macam dari teori komunikasi. Karena sejak teori komunikasi tersebut muncul banyak orang yang mengutarakan pendapat, dan dibagi menjadi berbagai macam-macam teori komunikasi.

Macam-macam Teori Komunikasi

Berikut adalah tentang macam-macam teori komunikasi, yaitu:

  1. Teori Behaviorisme

Jhon B.Watson (1878-1958) merupakan ilmuwan komunikasi yang mendukung teori ini, di Amerika beliau disebut sebagai bapak behaviorisme. Teori ini menerangkan bahwa dari semua perilaku, termasuk tindak balasan atau yang dikenal dengan respon diakibatkan dari adanya rangsangan (stimulus).

Dari pernyataan tersebut kita dapat menyimpulkan bahwa apabila suatu rangsangan telah diamati dan telah diketahui maka respon dari seseorang tersebut akan mudah dan dapat diprediksikan. Serta setiap prilaku dapat kita pelajari melalui hubungan stimulus dan juga respon.

  1. Teori Informasi

Merupakan bentuk dari karya Claude Shannon dan Warren Weaver (1949). Teori ini merupakan sebagian dari teori komunikasi yang klasik, dalam teori ini dijelaskan bahwa komunikasi sebagai transmisi pesan dan bagaimana transmiter menggunakan saluran dan media dalam berkomunikasi.

Di dalam teori ini, menitik beratkan pada saluran atau media yang digunakan oleh transmitter apabila sinyal dalam media ini tidak baik maka proses dalam komunikasi tsb tidak akan lancar begitu juga sebaliknya.

  1. Teori Agenda Setting

Teori ini diperkenalkan oleh MC Combs & DL Shaw (1972). Memiliki argumen bahwa media sangat memberi tekanan kepada suatu kejadian, dari kejadian ini media mengangkat peristiwa yang dapat mempengaruhi masyarakat agar menganggap peristiwa tersebut penting. Maka dapat disimpulkan apabila apa yang dianggap penting oleh media, maka penting pula bagi masyarakat.

  1. Teori uses and gratifications(kegunaan dan kepuasan)

Dikemukakan oleh Herbert Blumerdan Elihu Katz (1974). Pada teori ini hal yang di utamakan adalah pada pengguna media. Pengguna media memiliki peran yang aktif dalam teori ini, untuk memilih dan menggunakan media tersebut.

  1. Teori Dependensi Efek Komunikasi Massa

Dikembangkan oleh Sandra Ball-Rokeachdan Melvin L. DeFluer (1976). Teori ini sangat menfokuskan kepada kondisi struktural pada suatu masyarakat. Dari struktural masyarakat ini kecendurangan akan terjadi suatu efek media massa.

Teori ini bisa diakusisi oleh para komunitas masyarakat modern dan bagaimana masyarakat modern memiliki anggapan bahwa media massa ialah pusat informasi yang memiliki andil penting dalam proses memelihara, perubahan, serta konflik dalam tataran masyarakat dan masalah perorangan dalam suatu aktivasi sosial.

Demikian ulasan tentang Pengertian Teori Komunikasi Menurut Para Ahli dan Macamnya. Semoga dapat membantu dan menambah wawasan pembaca sekalian. Terimakasih.