Pengertian Toleransi, Ciri, Tujuan dan Contohnya (Lengkap)

Pengertian Toleransi, Ciri, Tujuan dan Contohnya (Lengkap) – Istilah toleransi sudah tidak asing lagi dalam kehidupan kita, namun masih banyak yang belum mengetahui secara jelas. Nah pada kesempatan kali ini, StudiNews akan membahas mengenai toleransi, yang mencakup pengertian, ciri, tujuan, dan juga contohnya.

Pengertian Toleransi, Ciri, Tujuan dan Contohnya (Lengkap)

Untuk mengetahuinya yuk langsung saja kita simak penjelasannya sebagai berikut:

Pengertian Toleransi

Toleransi secara etimologis berasal dari bahasa latin “tolerare” yang berarti menahan diri, sabar atau membiarkan sesuatu yang terjadi. Sehingga toleransi diartikan sebagai perilaku yang saling menghormati antar sesama manusia sesuai dengan aturan dan norma yang berlaku di masyarakat.

Secara umum, toleransi diartikan sebagai sikap saling menghargai dan menghormati antar individu maupun kelompok dalam masyarakat meskipun terdapat perbedaan didalamnya baik itu perbedaan pendapat, agama, pandangan, ras, budaya dan perbedaan lainnya.

Pengertian Toleransi Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah definisi dari toleransi menurut ahlinya.

1. W. J. S poerwadarminta

Toleransi adalah suatu sikap menenggang, yakni menghargai dan memperbolehkan suatu pendapat atau pandangan yang berbeda. Dalam hal ini, seseorang harus menghargai pendapat orang lain yang berbeda dengan pendiriannya.

2. Michael Wazler

Toleransi adalah suatu sikap keniscayaan yang harus ada dalam suatu kehidupan masyarakat. Sehingga toleransi merupakan sikap dasar yang harus dimiliki oleh setiap individu dalam masyarakat.

3. Max Isaac Dimont

Toleransi adalah suatu pengakuan masyarakat yang majemuk dan mengakui perdamaian dan menunjukkan sikap atau perilaku yang tidak menyimpang dari suatu aturan, dan menghargai serta menghormati setiap tindakan orang lain.

4. Friedrich Heiler

Toleransi adalah suatu sikap yang mengakui adanya pluralitas agama dan juga menghargai semua agama tersebut.

5. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Toleransi adalah suatu perilaku atau sikap toleran, batas ukur untuk penambahan atau pengurangan yang masih diperbolehkan, penyimpangan yang masih bisa diterima dalam pengukuran kerja.

Ciri-Ciri Toleransi

Adapun ciri-ciri toleransi diantaranya adalah:

  • Menghargai pendapat orang lain yang berbeda
  • Menghargai dan menghormati orang lain meskipun berbeda agama, suku dan juga ras.
  • Berbuat baik kepada orang lain tanpa melihat ras, suku dan juga agama
  • Memberikan kesempatan kepada setiap orang walau berbeda agama, ras dan suku
  • Memberikan kebebasan beribadah sesuai dengan kepercayaannya dan tidak melakukan intimidasi meskipun berbeda kepercayaan.

Tujuan dan Manfaat Toleransi

Pada hakikatnya tujuan dari toleransi adalah menciptakan suasana yang harmonis dalam masyarakat yang majemuk. Toleransi ini dapat menciptakan kehidupan yang lebih baik meskipun dalam masyarakat  terdiri dari agama, ras, suku dan juga golongan. Adapun manfaat atau tujuan toleransi secara khusus adalah

1. Meningkatkan Rasa Persaudaraan

Toleransi yang ada dalam diri seseorang dapat menimbulkan rasa kasih sayang di dalam dirinya sehingga rasa persaudaraan sesama anak bangsa akan semakin besar sehingga akan meminimalisir perpecahan.

2. Meningkatkan Rasa Nasionalisme

Sikap positif dan rasa toleransi yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari akan berdampak pada rasa nasionalisme seseorang. Dengan menyadari bahwa negara kita adalah negara Indonesia adalah negara majemuk sehingga seseorang akan semakin mencintai tanah airnya.

3. Memudahkan Untuk Mencapai Kata Mufakat

Toleransi sangat diperlukan ketika musyawarah, untuk mencapai ssuatu mufakat. Menghormati dan menghargai perbedaan pendapat orang lain akan membuat suatu masyarakat terhindar dari permusuhan dan juga pertikaian.

Pengertian Toleransi, Ciri, Tujuan dan Contohnya

4. Meningkatkan Kekuatan dalam Iman

Saling menghargai dan menghormati agama lain yang berbeda agama karena itu merupakan salah bentuk keimanan seseorang. Seseorang yang mampu bersosialisasi dengan orang lain, yang berbeda budaya dan kepercayaan adalah orang yang memiliki iman kuat.

5. Memudahkan Pembangunan Negara

Sikap toleransi dalam setiap individu akan memudahkan proses pembangunan suatu negara. Hal tersebut karena adanya pemikiran bahwa perbedaan membuat suatu negara semakin kuat.

Contoh Toleransi

Berikut ini adalah beberapa contoh toleransi yang sudah diterapkan diantaranya adalah

  • Menghormati dan menghargai hak serta kewajiban orang lain dalam masyarakat yang majemuk. Seperti hak dan kewajiban dalam beragama dan menjalankan kegiatannya.
  • Saling membantu dan tolong menolong antar sesama manusia sebaagai makhluk sosial tanpa membeda-bedakan.
  • Menjaga keharmonisan dan kedamaian di masyarakat yang majemuk, seperti menghargai pendapat orang lain yang berbeda dan tidak semena-mena terhadap orang lain.
  • Menghargai dan menghormati kegiatan umat beragama yang berbeda.

Demikianlah penjelasan kita kali ini mengenai Pengertian Toleransi, Ciri, Tujuan dan Contohnya (Lengkap). Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan. Terimakasih 🙂