Pengertian Trapesium, Jenis, Keliling, Luas dan Contohnya

Pengertian Trapesium, Jenis, Keliling, Luas dan Contohnya – Pada kesempatan ini Studi News akan membahas tentang Rumus Trapesium. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian trapesium, rumus trapesium, luas, keliling, jenis dan contohnya dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel berikut ini.

Pengertian Trapesium, Jenis, Keliling, Luas dan Contohnya

Trapesium adalah bangun datar yang dibentuk oleh empat buah rusuk yang mana dua diantara rusuknya saling sejajar namun tidak sama panjang. Trapesium juga bisa kita disebut dengan bangun datar dua dimensi yang terbentuk oleh empat sisi. Dimana dua sisi diantaranya saling sejajar tetapi tidak sama panjang.

Pengertian Trapesium

Untuk mengitung luas dan keliling trapesium terkadang kita memerlukan juga rumus-rumus bangun datar lainnya. Seperti rumus luas dan keliling persegi, persegi panjang, segitiga, dan juga rumus phytagoras. Sehingga untuk memudahkan pemahaman kita ada baiknya jika kita membaca terlebih dahulu mengenai luas dan keliling persegi dan rumus phytagoras.

Jenis-Jenis Trapesium

Dibawah ini adalah beberapa bentuk atau jenis-jenis Trapesium yang sering kita jumpai, antara lain :

Trapesium sembarang

Adalah trapesium yang keempat rusuknya tidak sama panjang.

Trapesium siku-siku

Yaitu trapesium yang mana dua diantara empat sudutnya merupakan sudut siku-siku.

Trapesium sama kaki

Yaitu trapesium yang mempunyai sepasang rusuk sama panjang dan sepasang rusuk sejajar. Trapesium sama kaki mempunyai satu simetri lipat.

macam trapesium

Sifat-Sifat Trapesium

Trapesium memiliki beberapa sifat diantaranya yaitu sebagai berikut:

  • Mempunyai sepasang sisi yang sejajar, dengan sisi yang terpanjang disebut alas trapesium.
  • Jumlah dari dua sudut yang berdekatan atau yang dalam istilah matematika biasa disebut dengan sudut dalam sepihak adalah 180 derajat.
  • Jumlah dari semua sudut trapesium (4 sudut) ialah 360 derajat.
  • Mempunyai 1 simetri putar

Rumus Keliling Trapesium

Menghitung keliling sebuah bangun trapesium dapat diartikan dengan menghitung seluruh tepian bangun datar ini. Jadi, untuk menghitungnya Kita hanya perlu menjumlahkan keempat garis atau rusuk dari trapesium.

Rumus keliling trapesium dapat dituliskan sabagai berikut ini :

Keliling Trapesium (K) = AB+BC+CD+DA

Contoh soal menghitung keliling trapesium

Sebuah bangun trapesium sama kaki ABCD mempunyai panjang sisi-sisi sejajar berturut-turut 10 cm dan 14 cm, serta sisi tegak trapesium (kaki trapesium) 7 cm. Hitunglah keliling bangun trapesium ABCD tersebut!

Jawab:

Panjang AB = 14 cm

BC = DA = 7 cm

CD = 10 cm

Maka, Keliling trapesium = AB+BC+CD+DA

= 14 + 7 + 10 + 7

= 38 cm

Pengertian Trapesium Jenis Keliling Luas dan Contohnya

Rumus Luas Trapesium

Untuk menghitung Luas sebuah bangun trapesium, kita perlu terlebih dahulu mengetahui rumus bangun trapesium. Berikut adalah rumus luas trapesium :

Luas = ½ × jumlah rusuk sejajar × tinggi

Contoh Soal Luas Trapesium

Sebuah trapesium mempunyai sisi sejajar masing-masing 12 cm dan 14 cm serta memiliki tinggi 10 cm. Luas trapesium tersebut ialah …

Jawab:

L =  ½ × jumlah rusuk sejajar × tinggi

= ½ × (12+ 14) × 10

= 130 cm²

Demikian penjelasan tentang Pengertian Trapesium, Jenis, Keliling, Luas dan Contohnya. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Terima kasih.