√ Pengertian Vendor, Jenis, Fungsi dan Tugasnya (Bahas Lengkap)

Posted on

Pengertian Vendor, Jenis, Fungsi dan Tugasnya (Bahas Lengkap) – Istilah vendor sering kita dengar dalam dunia bisnis. Namun masih adakah yang belum mengetahui apa itu vendor? Baiklah pada kesempatan kali ini StudiNews akan memberikan penjelasan mengenai pengertian vendor, jenis, fungsi dan juga tugasnya.

Pengertian Vendor, Jenis, Fungsi dan Tugasnya (Bahas Lengkap)

Untuk mengetahuinya langsung saja kita simak penjelasannya sebagai berikut:

Pengertian Vendor

Vendor merupakan pihak lembaga ataupun perorangan yang menyediakan atau menjual bahan baku, jasa, penolong, maupun produk yang diolah atau dijual kembali oleh suatu perusahaan lain untuk menunjang kinerja perusahaan tersebut.

Adapun pengertian lain dari vendor adalah suatu perusahaan atau perorangan yang menjual produk barang atau jasa kepada pihak lain (perusahaan atau lembaga) untuk menunjang kinerja perusahaan lain atau bahan baku untuk menghasilkan produk jadi yang nantinya akan dijual ke konsumen akhir.

Vendor ini tidak hanya menjual bahan baku saja, tetapi juga barang setengah jadi yang nantinya akan menjadi barang jadi. Kemudian bisa juga menjual jasa ataupun kehalian yang tidak dimiliki oleh perusahaan.

Jenis-Jenis Vendor

Pada dasarnya vendor menurut jenis produk yang dijual terdiri dari barang dan jasa. Dari keduanya dapat masing-masing menjual bentuk produk yang berbeda, seperti khusus menjual produk bahan baku ataupun menjual produk jasa. Adapun penjelasan jenis-jenis vendor adalah sebagai berikut:

1. Vendor Penyedia Barang

Vendor penyedia barang merupakan suatu lembaga maupun perorangan yang menjual produk berupa barang kepada suatu perusahaan guna mendukung operasional perusahaan tersebut.

Baca Juga:  √ Pengertian Investasi Jangka Pendek, Tujuan, Bentuk, Karakteristik, Jenis, Sarana & Contohnya

Misalnya: Suatu pabrik kain membutuhkan mesin-mesin yang dapat menghasilkan kain. Maka pabrik tersebut akan mencari vendor yang menjual mesin penghasil kain.

2. Vendor Penyedia Jasa

Vendor penyedia jasa adalah suatu lembaga atau perorangan yang menjual jasa dalam bentuk keahlian tertentu kepada perusahaan lain.

Contoh: suatu perusahaan kain membutuhkan jasa ekspedisi untuk mengirimkan kain hasil produksinya ke perusahaan ritel. Maka otomatis perusahaan kain tersebut akan bekerjasama dengan vendor yang memiliki spesialisasi dalam pengiriman barang.

Fungsi Vendor

Fungsi utama dari vendor adalah sebagai pihak yang memastikan tersedianya barang dan jasa yang dibutuhkan suatu perusahaan untuk kegiatan operasionalnya.

Sehingga dengan kata lain, suatu perusahaan atau perorangan membutuhkan vendor ketika bahan baku atau pekerjaan tertentu tidak dapat disediakan sendiri sehingga membutuhkan pihak lain untuk menyediakannya. Produk yang dapat dibeli dari vendor berbagai macam seperti bahan baku, bahan penolong, barang setengah jadi, ataupun jasa untuk melakukan suatu pekerjaan.

Adanya vendor ini sangat berpengaruh pada kelancaran operasional suatu bisnis. Sehingga perusahaan harus memperhatikan kualitas kerja vendor, karena jika terjadi masalah pada vendor maka akan berdampak pada perusahaan. Seperti kualitas bahan akan berdampak pada produk yang dihasilkan.

Pengertian Vendor, Jenis, Fungsi dan Tugasnya

Tugas dan Tanggung Jawab

Pada dasarnya tugas utama dari vendor adalah memastikan bahwa kebutuhan barang atau jasa suatu perusahaan dapat tersedia dengan baik. Adapun tugas-tugas vendor diantaranya adalah

  • Memenuhi setiap permintaan dari perusahaan yang menjadi rekannya sesuai pada kesepakatan awal.
  • Memastikan setiap produk barang dan jasa yang dijual kepada konsumennya adalah suatu produk yang berkualitas.
  • Memastikan pengiriman barang atau jasa sesuai dengan tenggang waktu yang telah ditentukan.
  • Memberikan pelayanan terbaik dengan harga yang bersaing kepada konsumennya.
Baca Juga:  √ Sejarah Uang : Sejarah, Syarat, fungsi, Nilai dan Jenisnya

Nah itulah tadi penjelasan kita kali ini mengenai Pengertian Vendor, Jenis, Fungsi dan Tugasnya (Bahas Lengkap). Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan. Terimakasih.

√ Pengertian Vendor, Jenis, Fungsi dan Tugasnya (Bahas Lengkap)
5 (100%) 15 vote[s]