Pengertian Westernisasi, Ciri, Contoh, Pola dan Media Penyebarannya

Pengertian Westernisasi, Ciri, Contoh, Pola dan Media Penyebarannya – Masyarakat seringkali menyamakan westernisasi dengan modernisasi. Keduanya dianggap memiliki arti yang sama, padahal keduanya jelas berbeda. Modernisasi adalah suatu yang mutlak ada dan dibutuhkan oleh setiap negara agar dapat berkembang ke arah yang lebih baik. Sedangkan westernisasi adalah suatu proses penyebaran unsur-unsur budaya barat yang seringkali bertentangan dengan budaya setempat (budaya timur).

Pengertian Westernisasi, Ciri, Contoh, Pola dan Media Penyebarannya

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai pengertian, ciri, contoh, pola dan media penyebaran westernisasi, kali ini StudiNews akan menjelaskannya secara terperinci.

Pengertian Weternisasi

Secara umum, westernisasi adalah suatu kecenderungan untuk menjadi sama seperti negara barat. Bentuk dari westernisasi yang paling mudah dilihat dalam perilaku seseorang yang agak kebarat-baratan. Adapun pengertian westernisasi menurut para ahli adalah sebagai berikut:

1. Koentjaraningrat

Westernisasi adalah suatu peniruan gaya hidup orang barat yang dilakukan secara berlebihan oleh masyarakat dalam bentuk gaya hidup, gaya pergaulan, kebiasaan, dan lain sebagainya. Namun westernisasi tidak cocok untuk diterapkan di Indonesia karena masyarakatnya masih menjunjung tinggi nilai-nilai budaya timur.

2. Soerjono Soekanto

Westernisasi merupakan proses kehidupan yang mengutamakan industrialisasi, dan juga sistem ekonomi kapitalis sehingga kehidupannya berusaha atau meniru sama persis dengan kehidupan masyarakat yang berada di Negara barat.

3. Samuel P. Huntington

Dalam bukunya yang berjudul “The Clash of Civilization” westernisasi merupakan proses yang mengikuti segala bentuk gaya hidup masyarakat di dunia Barat.

Ciri-Ciri Westernisasi

Adapun ciri-ciri dari westernisasi adalah sebagai berikut:

  • Gaya hidup yang mengikuti perkembangan yang terjadi di dunia barat. Contohnya seperti bergaya hidup mewah, boros dan lain sebagainya.
  • Terjadi hubungan sesama jenis, dimana hal ini tergolong sebagai hal yang sangat tabu di Indonesia.
  • Tejadi kasus pernikahan yang tidak sah.
  • Gemar minum-minuman keras, menari dansa di bar dan lain sebagainya.
  • Maraknya penyebaran vidio porno yang dapat merusak generasi bangsa.

Pola dan Media Penyebaran Westernisasi

Dalam menyebarkan westernisasi biasanya dimanfaatkan sejumlah media, dan pola penyebaran baik itu melalui media hiburan, media teknologi, informasi, media komunikasi, atau bahkan melalui media yang memegang kekuasaan di Indonesia. Adapun dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat segala sesuatu dapaat tersebar dengan mudah.

Disatu sisi, teknologi tersebut memberikan dampat positif, namun disisi lain perkembangan teknologi justru menjadi bumerang bagi budaya lokal yang terdapat di negara-negara Asia.

Dengan menggunakan sejumlah teknologi di bidang informasi dan komunikasi, budaya barat ditransfer dengan mudah ke seluruh penjuru dunia tanpa disadari secara langsung oleh pihak-pihak yang dipengaruhinya. Gaya berpakaian, gaya makan, gaya bahasa, gaya hidup, dan berbagai jenis elemen budaya Barat bisa dengan mudah mereka sebarkan lewat film atau media internet.

Selain daripada itu, di beberapa negara seperti Jepang, China, dan Afghanistan, kegiatan westernisasi ternyata pernah dilakukan dengan cara doktrin oleh para pemimpin yang memegang kekuasaan di negara tersebut.

Di Jepang misalnya, westernisasi pernah terjadi di era kekaisaran Meiji. Pada saat itu, Pangeran Yorihito Higashifushimi yang menjadi salah satu pemimpin negara mempraktikkan westernisasi di negaranya melalui gaya berpakaian. Lalu di Afghanistan, westernisasi juga pernah terjadi pada tahun 1920-an. Pemimpin mereka yang bernama Raja Amanullah Khan pernah berusaha untuk melakukan westernisasi di negara Afghanistan.

Pengertian Westernisasi, Ciri, Contoh, Pola dan Media Penyebarannya

Contoh Westernisasi

Ada banyak sekali contoh westernisasi yang terjadi pada saat ini, diantaranya adalah

  • Banyaknya geng-geng motor dan anak punk yang dianggap gaul dan keren di mata masyarakat.
  • Nilai-nilai kebudayaan setempat yang mulai ditinggalkan masyarakat demi kesenangan pribadi. Buktinya dengan masyarakat di erea modern lebih suka pergi menonton konser musik mancanegara dibandingkan dengan menonton pertunjukkan seni tradisional.
  • Bergaya hidup mewah.
  • Mengkonsumsi makanan fast-food.
  • Meniru warna rambut pirang agar terlihat seperti orang barat.
  • Meniru gaya berpakaian masyarakat di negara barat.
  • Mencampur bahasa Indonesia dengan bahasa Inggris demi terlihat keren.

Demikianlah penjelasan kita kali ini mengenai Pengertian Westernisasi, Ciri, Contoh, Pola dan Media Penyebarannya. Semoga dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semua. Sekian dan terimakasih 🙂