Pengertian Perang Dingin : Sejarah, Latar Belakang, dan Dampaknya

Posted on

Perang Dingin – Para pembaca yang kami banggakan dikesempatan kali ini kami studinews.co.id akan membahas tentang apa itu perang dingin. Apakah dari anda disini ada yang mengetahui apa itu perang dingin? Apabila anda belum mengetahunya mari simak penjelasan berikut.

Pengertian Perang Dingin : Sejarah, Latar Belakang, dan Dampaknya

Mari kita bahas lengbih lengkapnya dulu tentang apa itu perang dingin.

Pengertian Perang Dingin

Pereng dingin yaitu dimana pada suatu periode yang sedang terjadi ketegangan politik dan militer antar duni barat. Ketegangan ini dipimpim oleh Amerika serikat serta dari sekutu Nato dengan pihak dunia Komunis, yang dipimpin oleh Unisoviet dan dari sekutu nagara satelitnya.

Secara etimologi, kata perang dingi ini merupakan dari istilah cold war yang artinya perang dingin. Secara umum perang dingin ini memiliki arti yaitu istilah yang dipakai untuk menjelaskan  tentang peta politik setelah perang dunia II yang berakhir pada tahun 1945. cold war ini berlangsung sekitar tahun 1947-1991.

Sejarah Perang Dingin

Perang dingin ini bermula pada saat keberhasilan sekutu dalam mengalahkan Nazi pada perang dunia II. Setelah itu menyisakan Amerika Serikat dan Uni Soviet yang merupakan sebagai dua negara adidaya di dunia yang memiliki perbedaan idelogi, ekonomi serta militer yang besar.

 Uni Soviet bersamaan dengan negara Eropa Timur yang didudukinya sehingga membentuk blok timur. Proses pemulihan semenjek setelah perang di Eropa Barat yang difasilitasi oleh program Rencana Marshall Amerika Serikat. Untuk menandinginya, disini Uni Soviet juga membentuk COMECON dengan sekutu Timurnya.

Lalu Amerika Serikat ini membentuk aliansi militer NATO yaitu pada tahun 1949. Sedangkan Uni Soviet juga tak mau kalah dnegan membentuk Pakta Warsawa yaitu pad tahun 1955. Dari beberapa negera memilih antara dua negara adidaya tersebut. Sedangkan yang lain lebih banyak memilih untuk netral dan juga mendirikan sebuag Gerakan Non Blok.

Dinamakan perang dingin sebab kedua belah negara ini tidak pernah melakukan aksimiliter secara langsung. Namun masing-masing pihak mempunyai senjata nuklir yang mana senjata tersebut dapat menyebabkan kerusakan yang sangat besar.

Peristinwa ini juga disebut dengan perang urat syaraf. Peristiwa ini adalah suasana internasional yang dipenuhi dengan ketegangan antara blok barat yang dipimpin oleh marika serikat. Dan blok timur yang dipimpin oleh uni soviet setelah perang dunia berakhir.

Latar Belakang Terjadinya Perang Dingin

  • Terdapat perbedaan ideologi dari kedua belah pihak
  • Perluasan kawasan uni soviet di bagian timur eropa serta janji kampanye yang tidak ditepati
  • Terdapat penolakan dari pihak amerika serikat untuk berbagai rahasia nuklir
  • Adanya kekuatan yang terdapat di uni soviet terhadap persenjataan yang dimaksud merupakan bom atom amerika serikat.
  • Ketidak sukaan dari pihak uni soviet atas kapitalisme
  • Adanya dua negara adidaya  atau istilahnya disebut dengan super power yakni amerika serikt dan uni soviet.
  • Terjadinya balance of power
  • Aksi amerika serikat terhadap uni soviet di jerman
  • Adanya penyebaran pamah komunisme dari pihak uni soviet
  • Ketidak sukaan antara Truman terhadap Stalin

Akhir Perang Dingin

Peristiwa ini di deklarasikan oleh kedua belah negara tersebut atas berakhirnya perang dingin yang dilakukan setelah perbincangan selama 2 hari pada pertemuan Puncak Malta.

Disini kedua pihak juga mengatakan bahwa mereka ingin mengurangi jumlah persenjataan dan pasukan di eropa. Pemimpim soviet juga menyatakan bahwa ia tidak pernah menylut untuk melakukan perang terbuka terhadap AS.

Sementara dari pihak Presiden AS juga mengatakan bahwa kedua pihak ini daopat merealisaikan perdamaian dan bisa melakukan kerjasama dengan waktu yang lama.

Puncak Melta ini merupakan pertemuan terpenting mulai dari 1945, pada saat Churchill, Stalin, dan Roosevelt telah menyetujuai tentang rencana pasca perang untuk eropa di yalta.

Setelah beberapa jam terakhir pada saat pembicaraan yang telah dilakukan oleh kedua pemimpin negara adidaya tersebut. Terjadi suatu perbedaan dalam kebijakan yang ada di Amerika Tengah serta pemotongan untuk armada laut. Maka dari kedua belah pihak tersebut memutuskan untuk melakukan pembicaraan lagi pada Juni 1990.

Pengertian Perang Dingin : Sejarah, Latar Belakang, dan Dampaknya

Dampak Perang Dingin

  • Kedua belah pihak tersebut baik itu dari Uni Soviet dan Amerika Serikat berlomba-lomba untuk  membuat gudang persenjataan yang berisi senjata bom serta rudal balistik.
  • Peristiwa ini adalah salah satu penyebab dari terjadinya konflik deskrutif yang mana diantaranya perang yang terjadi antara negara Vietnam dan Perang Korea.
  • Uni Soviet hancur yang disebabkan oleh kehancuran ekonominya.
  • Amerika Serikat menjadi negara adikuasi
  • Hancurnya paham komunisme di seluruh dunia
  • Hancurnya Tembok Berlin serta terjadnya bersatunya antaranya dua negara Jerman.
  • Munculnya peristiwa ini akhirnya membawa dampak dengan terbentuknya sebuah persatuan militer, NATO serta the Warsaw Pact (Pakta Warsawa).
  • Dihancurkannya the Warsaw Pact.
  • Beberapa negara yang merupakan bagian dari Republik Uni Soviet memerpoleh kemerdekaannya.

Sekian penjelasan yang dapat kami sampaikan tentang Pengertian Perang Dingin : Sejarah, Latar Belakang, dan Dampaknya. Semoga penjelasan ini dapat membantu anda wawasan anda tentang apaitu perang dingin yang merupkan suatu peristiwa yang pernaj terjadi di dunia ini.

Baca juga: