Saklar : Pengertian, Fungsi, Jenis & Contohnya (lengkap)

Posted on

Saklar : Pengertian, Fungsi, Jenis & Contohnya (lengkap) – Pasti kalian sering melihat saklar di kehidupan sehari-hari, yang mana saklar ini berperan penting juga pada kehidupan sehari-hari kita. Pada kesempatan kali ini Studi News akan menjealskan mengenai saklar yang akan dibahas secara lengkap. Mari simak penjelasan berikut.

Saklar : Pengertian, Fungsi, Jenis & Contohnya (lengkap)

Mari kita bahas terlebih dahulu mengenai pengertian saklar.

Pengertian Saklar

Saklar yaitu suatu alat yang digunakan untuk melakukan pemutusan dan juga penyambungan arus listrik atau aliran listrik. Penggunaan dari saklar tak hanya sebagai jaringan listrik arus kuat, saklar sendiri memiliki bentuk kecil yang digunakan untuk alat komponen elektronika yang memiliki arus lemah.

Saklar Listrik tersebut bisa digolongkan berdasarkan dari jumlah Kondisi yang ia miliki. Jumlah dari Kontak serta kondisi yang ia miliki ini pada umumnya disebut dengan istilah “Pole” dan “Throw”.

Keadaan Saklar

1. Keadaan Membuka

Pada saat keadaan membuka hal ini bisa membuat tegangan pada arus listrik maupun aliran dari arus listrik ini dapat tidak tersambung yang membuat arus listrik tidak bisa mengalir sebab kondosi saklar membuka.

2. Keadaan Tertutup

Pada saat saklar dalam keadaan tertutup maka hal ini akan terjadi tersambungnya aliran listrik maupun arus listrik yang tersambung dan bisa untuk memberikan arus listrik.

Saklar juga bisa berganti-gantian keadaan yang mana bisa dalam keadaan membuka dan dapat menutup. Alat yang di digunakan memang di rancang agar bisa mempunyai dua keadaan tersebut yang mana supaya bisa membuka dan menutup sehingga dalam penggunaan arus listrik dapat terkontrol dengan baik.

Rangkaian listrik bisa di ubah menjadi suatu rangkaian terbuka maupun bisa diubah menjadi suatu rangkaian tertutup. dalam keadaan rangkaian tertutup hal ini bisa membuat arus listrik yang ada akan mengalir ke dalam rangkaian itu.

Namun apabila saklar tersebut di buka maka hal ini akan menjadio rangkaian terbuka yang mana membuat arus listrik berhenti serta tidak bisa mengalir ke dalam rangkaian.

Contoh Penggunaan Saklar

Berikut ini adalah beberapa contoh dari penggunaan saklar diantaranya yaitu:

  • Tombol on/off dan volume up down yang terdapat pada ponsel
  • Tombol on/off di TV, tombol-tombol yang terdapat pada remote TV
  • Saklar dinding yang digunakan untuk menghidupkan dan mematikan lampu listrik
  • Tombol on/off yang terdapat pada laptop atau komputer
  • Tombol-tombol keyboard pada laptop atau komputer
  • Tombol on/off dan tombol pilihan kecepatan yang terdapat pada kipas angin

Fungsi Saklar

  • Untuk memutuskan serta menyambungkan arus listrik yang terdapat pada rangkaian.
  • Sebagai pengatur  masuk dan keluar arus listrik.
  • Untuk memberikan kenyamanan pada saat terjadi hal yang tidak di inginkan.

Saklar : Pengertian, Fungsi, Jenis & Contohnya (lengkap)

Jenis-Jenis Saklar Listrik

Jenis-jenis dari saklar diantaranya yaitu:

  • SPST (Single Pole Single Throw) : yaitu salah satu jenis Saklar ON/OFF yang paling sederhana yang  hanya mempunyai 2 Terminal. Contohnya yaitu seperti Saklar Listrik ON/OFF pada lampu.
  • SPDT (Single Pole Double Throw) : merupakan jenis Saklar yang mempunyai 3 Terminal. Saklar SPDT ini bisa dipakai sebagai Saklar Pemilih. Contohnya yaitu seperti Saklar pemilih Tegangan Input Adaptor yang merupakan  110V atau 220V.
  • DPST (Double Pole Single Throw) : ialah salah satu jenis saklar yang mempunyai 4 Terminal. Saklar jenis ini bisa diartikan sebagai 2 Saklar SPST yang mana saklar ini dikendalikan dalam satu mekanisme.
  • DPDT (Double Pole Double Throw) : yaitu jenis saklar yang mempunyai 6 Terminal. Skalar jenis ini bisa diartikan sebagai 2 Saklar SPDT yang mana dikendalikan oleh satu mekanisme.
  • SP6T (Single Pole Six Throw) : yakni salah satu jenis saklar yang mempunyai 7 Terminal yang mana biasanya berfungsi sebagai Saklar pemilih. Jenis SP6T ini sering ditemui pada Rangkaian Adaptor yang mana bisa memilih berbagai Tegangan Output, seperti pilihan output 1,5V, 3V, 4,5V, 6V, 9V dan 12V.

Demikianlah ulasan dari Studi News mengenai  Saklar : Pengertian, Fungsi, Jenis & Contohnya (lengkap), semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan ilmu pengetahuan anda. Terima kasih.

Baca Juga:  Gerak Jatuh Bebas (GJB) : Pengertian, Ciri, Besaran, & Rumus