Sifat Wajib dan Mustahil Bagi Rasul Dengan Perbandingannya

Posted on

Sifat Wajib dan Mustahil Bagi Rasul Dengan Perbandingannya – Sifat wajib pada Rasul Allah merupakan sifat yang mana harus dimiliki oleh para Nabi dan Rasul dimana beliau merupakan manusia pilihan Allah. Maka dari ini Disini Studi News akan menjelaskan tentang sifat wajin dan mustahil bagi Rasul beserta dengan perbandingannya. Mari simak saja pembahasannya dibawah ini.

Sifat Wajib dan Mustahil Bagi Rasul Dengan Perbandingannya

Sifat wajib bagi Rasul Allah merupakan suatu sifat yang mana harus dimiliki oleh para Nabi dan Rasul sebgai mana beliau merupakan manusia pilihan atau utusan dari Allah. Sedangkan sifat mustahil bagi Nabi dan Rasul yairu suatu sifat yang mana mustahil atau tidak mungkin dimiliki oleh para Nabi dan Rasul, sebab beliau terjaga dari dosa (Maksum), yang mana itu semua merupakan atas kehendak dari Allah Swt.

Seperti yang dijelaskan diatas, bahwa Nabi dan Rasul mempunyai sifat wajib dan sifat mustahil yang dimilikinya. Hal tersebut bisa terjadi sebab memang tekah menjadi kehendak Allah . Semua ini supaya Nabi dan Rasul dapat menjadi panutan bagi para umatnya termasuk kita. Terdapat juga penjelasan mengenai kedua sifat tersebut, mari simak penjelasannya dibawah ini.

Sifat wajib bagi Nabi dan Rasul

Berikut merupakan sifat wajib bagi para Nabi dan Rasul yang mana ada empat macam , berikut penjelasannya:

Baca Juga:  Aqidah Islam : Pengertian, Dasar dan Tujuannya

1. Sidiq

Sidiq (jujur atau benar), maksudnya yaitgu bahwa nabi dan Rasul ini dilindungi oleh Allah dari kejujurannya serta kebenarannya. Maka dari itu beliau tidak akan ingkar dengan yang telah ia katakan Rasul kepada umatnya sebab mereka adalah hamba-hamba pilihan yang diutus oleh Allah SWT.

2. Amanah

Amanah (dapat dipercaya), seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa Nabi dan Rasul ini tidak akan pernah ingkar maupun berdusta. Nabi dan Rasul bisa dipercaya dalam bertindak apapun yang sesuai dengan yang diperintahkan oleh Allah SWT kepada beliau.

3. Tabligh

Tabligh (meyampaikan), jadi tugas utama dari para Nabi dan Rasul yaitu menyampaikan pesan yang diberikan oleh Allah SWT maupun menyampaikan wahyu yang diberikan oleh Allah SWT kepada umat mereka.

4. Fathonah

Fathonah (cerdas), yang mana disini para Nabi dan Rasul diberikan kecerdasan oleh Allah Swt supaya beliau bisa memerangi para umat yang berada dijalan yang tidak benar serta mengajaknya agar berada dijalannya Allah Swt atau pada jalan yang di ridhoi Allah SWT.

Sifat mustahil bagi Rasul

Apabila pernyataan diatas merupakan penjelasan tentang sifat wajib bagi Nabi dan Rasul, nah selanjutny yaitusifat mustahil yang terdapat pada Nabi & Rasul, diantranya yaitu.

1. Kidzib

Kidzib (dusta atau bohong), yang mana hal tidak akan dimiliki oleh para Nabi dan juga Rasul. Yang mana beliau ini terhindar dari sifat yang namanya Kidzib (dusta atau bohong).

2. Khianat

Khianat (tidak dapat dipercaya), para Nabi dan Rasul merupakan hamba-hamba yang dipilih Allah agar menyampaikan serta menyebarkan agama islam untuk para umat manusia. Sehingga Nabi dan Rasul tidak akan mungkin apabila mempunyai sifat tersebut.

Baca Juga:  √ Pengertian Jihad Menurut Islam Beserta Macamnya (Lengkap)

3. Kitman

Kitman (menyembunyikan), seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa para Nabi dan Rasul merupakan manusia yang telah dipilih atau yang diutus oleh Allah SWT guna menyampaikan pesan serta wahyu dari Allah kepada para umat manusia, sehingga tidak akan mungkin apa bila para Nabi dan Rasul mempunyai sifat tersebut.

4. Baladah

Baladah (bodoh), Diatas juga sudah dijelaskan bahwa para Nabi dan Rasul ini merupakan hamba yang dipilih oleh Allah SWT, oleh sebab itu sehingga tidak akan mungkin apabila Allah memilih pilihan yang bodoh.

Sifat Wajib dan Mustahil Bagi Rasul Dengan Perbandingannya

Perbandingan Sifat Wajin dan Sifat Mustahil bagi Rasul

1. Siddiq >< Kidzib

Para Nabi & Rasul memiliki sifat siddiq yang rtinta jujur dalam segala perkataan atau dri perbuatan. Seperit dengan Nabi Muhammad yang beliau sudah dari terkenal dengan sifatnya yang jujun. Sehingga tidak mungkin apabila para Nabi dan Rasul mempunyau sifat kidzib, sebab mereka semua ditugaskan Allah SWT untuk menyampaikan ajarannya. Salah satu sifat yang mana supaya bisa dipercaya oleh orang yaitu jujur, sehingga tidak akan mungkin apabila orang yang dipilih langsung dari Allah SWT untuk menyampaikan ajaranNya dengan sifatnya kidzib.

2. Fathanah >< Baladah

Tidak satupun dari seorang Nabi dan Rasul yang dipilih oleh Allah mempunyai sifat bodoh (baladah). Sebab pada Nabi dan Rasul ini diberi akal serta pikiran yang sangat cerdas dari Allah Swt.

3. Tabligh >< Kitman

Nabi dan Rasul juga memiliki sifat yang bernama tabligh, bahwa para Nabi dan Rasul ini menyampaikan ajarannya dengan semestinya yang disampaikan. Wahyu yang sudah diterima beliau seluruhnya akan disampaikan untuk para umatnya dan tidak ada satupun yang disembunyikan.

Baca Juga:  √ Pengertian Kejujuran, Karakteristik & Macam Sifat Jujur (Lengkap)

4. Amanah >< Khianat

Nabi dan Rasul juga memiliki sifat yang namanya amanah (dapat dipercaya). Sehingga Nabi dan Rasul tidak akan berbuat khianat. Sebab sikap serta prilaku beliau tidak mungkin akan melanggar larangan, perintah serta aturan-aturan yang telah ditetapkan oleh Allah dan tidak akan menyimpang dari ajaran-Nya.

Demikian penjelasan dari kami mengenai Sifat Wajib dan Mustahil Bagi Rasul Dengan Perbandingannya. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda.