Teks Prosedur : Pengertian, Tujuan, dan Jenisnya

Posted on

Teks Prosedur : Pengertian, Tujuan, dan Jenisnya – Apakah anda mengetahui tentang teks prosedur ? Lantas apakah itu teks prosedur. Pada kesempatan ini Studi News akan menjelaskan tentang teks prosedur yang meliputi pengertian, tujuan dan juga jenisnya. Mari simak pembahasan berikut.

Teks Prosedur : Pengertian, Tujuan, dan jenisnya

Mari kita bahas bersama mengenai pengetian teks prosedur terlebih dahulu.

Pengertian Teks Prosedur

Teks Prosedur yaitu suatu teks yang yang isinya meliputi cara, tujuan untuk membuat atau melakukan mengenai sesuatu hal dengan langkah demi langkah yang dilakukan secara tepat dan berurutan sehingga gal ini dapat menghasilkan suatu tujuan yang akan diinginkan.

Teks prosedur pada umumnya terdapat pada tulisan yang mengandung mengenai cara, tips atau tutorial untuk melakukan sesuatu langkah tertentu. Di dalam teks prosedur ada beberapa kata imperatif atau kata perintah guna melakukan apa yang sedang dibahas pada teks supaya si pembaca dapat melakukan apa yang diperintahkan dalam isi teks tersebut.

Contohnya yaitu apabila anda sedang mencari tulisan cara untuk memutihkan wajah melalui media internet. Nah, pada teks tulisan tersebut anda akan menemukan cara atau langkah bagaimana cara untuk memutihkan wajah sehingga menghasilkan wajah yang putih bersih seperti yang anda inginkan. Caranya pun langkah demi langkah disajikan secara berurutan supaya si pembaca dapat atau mampu untuk mengikuti tutorial yang telah disajikan.

Tujuan Teks Prosedur

Tujauan dari teks prosedur yaitu untuk mempermudah si pembaca ataupun si pendengar supaya bisa untuk mengikuti langkah demi langkah atau perintah dari isi teks yang tujuan akhirnya dapat sesuaikan dengan keinginan pembaca atau si pendengar.

Baca Juga:  √ Pengertian Kalimat Langsung dan Tidak Langsung Serta Contohnya

Jenis-Jenis Teks Prosedur

Teks prosedur sendiri terdiri dari tiga jenis, yang diantaranya yaitu teks prosedur sederhana, kompleks, dan protokol, berikut adalah penjelasannya.

  1. Teks Prosedur Sederhana
    Teks prosedur sederhana yakni suatu teks yang berisikan tentang langkah-langkah sederhana yang pada umumya hanya terdiri dari 2-4 langkah saja untuk melakukannya. Contohnya yaitu seperti, cara login instagram, cara membuat WA, twitter, facebook, dan masih banyak lagi.
  2. Teks Prosedur Kompleks
    Teks prosedur kompleks yakni suatu teks yang berisikan tentang banyaknya langkah dalam proses melakukannya. contohnya yaitu seperti, cara membuat sambal pedas manis, cara mengajukan pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP), cara memperpanjang STNK, prosedur pembuatan SIM, pembuatan paspor, dan masih banyak lagi.
  3. Teks Prosedur Protokol
    Teks prosedur protokol yakni suatu teks yang dalam setiap langkahnya dapat diubah dan tidak harus runtut, Meskipun berubah, namun hasil pada akhirnya akan tetap sama. Contohnya yaitu, ketika sedang memasak mie instan kita dapat merebus dengan langsung memasukan mie dan juga bumbunya tersebut kedalam air rebusan dari tungku atau kita juga dapat memasukkan air panas ke dalam wadah yang mana hanya berisi mie dan selanjutnya memasukkan bumbu.

Mengorganisasikan Informasi dalam Teks Prosedur

Kegiatan mengontruksi berkaitan juga dalam mengorganisasikan informasi dalam teks prosedur, yang mana pada kegiatan ini kita menelaah tentang teks prosedur agar dapat menemukan bagian-bagian yang termasuk ke dalam pernyataan umum serta tahapan-tahapan melakukan dalam suatu kegiatan atau suatu pekerjaan.

Teks Prosedur : Pengertian, Tujuan, dan jenisnya

Pernyataan Umum dalam Teks Prosedur

Pernyataan umum atau disebut juga dengan penjelasan umum atau yang sering juga disebut sebagai pembuka dalam teks prosedur yakni suatu tulisan yang berisi tentang tujuan atau hasil akhir yang akan dicapai ketika seseorang sedang mengikuti langkah-langkah yang terdapat pada teks tersebut. Sementara dari hal itu, tahapan-tahapan yakni prosedur yang harus atau wajib diikuti supaya dapat mencapai tujuan yang diinginkan dengan tepat.

Baca Juga:  √ Pengertian Bahasa, Sejarah, Fungsi dan Strukturnya (Lengkap)

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai Teks Prosedur : Pengertian, Tujuan, dan Jenisnya dari Studi News. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan ilmu pengetahuan bagi para pembaca. Terima Kasih.