Pengertian Air Kapur, Fungsi, Rumus Kimia dan Kegunaannya

Pengertian Air Kapur, Fungsi, Rumus Kimia dan Kegunaannya – Pada kesempatan kali ini Studi News akan membahas tentang Air Kapur. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian air kapur, fungsi, rumus kimia dan kegunaannya dengan singkat dan jelas. Untuk lebih detailnya simak artikel berikut ini.

Pengertian Air Kapur, Fungsi, Rumus Kimia dan Kegunaannya

Air kapur disediakan dengan mengocak lebihan kalsium hidroksida di dalam air suling, dan menurasnya dari lebihan Ca(OH)2 yang tidak terlarut. jika lebihan kalsium hidroksida ditambah ke dalam air kapur, apungan zarah kalsium hidroksida akan wujud kemudian memberikan rupa keputihan seperti susu lalu diberikanya istilah milk of lime

Pengertian Air Kapur

Air kapur ialah nama umum dari larutan tepung Kalsium hidroksida merupakan senyawa kimia dengan rumus kimia Ca(OH)2. Kalsium hidroksida bisa berupa kristal tak berwarna ataupun bubuk putih. Kalsium hidroksida dihasilkan melalui proses reaksi kalsium oksida (CaO) dengan air. Senyawa ini juga bisa dihasilkan dalam bentuk endapan melalui pencampuran larutan kalsium klorida (CaCl2) dengan larutan natrium hidroksida (NaOH).

Kalsium hidroksida Ca(OH)2 tak begitu larut di dalam air (1.5 g dm−3 pada suhu 25 °C.[1]) Air kapur tulen ialah jernih dan tidak berwarna, dan dengan sedikit bau tanah yang mempunyai rasa pahit akibat kewujudan kalsium hidroksida.

Kalsium Hidroksida

Dalam bahasa Inggris, kalsium hidroksida juga diberi nama slaked lime, atau hydrated lime atau kapur yang di-airkan. Nama mineral Ca(OH)2 ialah portlandite, karena senyawa ini dihasilkan melalui proses pencampuran air dengan semen Portland.

Suspensi partikel halus kalsium hidroksida dalam air disebut milk of lime (Bahasa Inggris:milk=susu, lime=kapur)

Rumus Kimia Air Kapur

Ca(OH)2

Karbon dioksida melalui air kapur, kemudian memberikan larutan keputihan. Ini disebabkan karna apungan kalsium karbonat tak terlarut yang terbentuk:

Ca(OH)2(ak) + CO2(g) → CaCO3(p) + H2O(c)

Jika CO2 ditambah lagi, tindak balas berikut akan berlaku:

CaCO3(p) + H2O(c) + CO2(g) → Ca(HCO3)2(ak)

Ciri kimia di atas ialah lazim dipakai untuk mengesahkan kehadiran gas karbondioksida dalam makmal sekolah, dan proses penulenan gula yang dipanggil pengkarbonatan.

Fungsi Kalsium Hidroksida

Karena kekuatan sifat basanya, kalsium hidroksida sering digunakan sebagai bahan

  • Flocculant pada air, pengelolaan tanah asam serta pengolahan limbah
  • Bahan alkali bisa digunakan untuk menggantikan natrium hidroksida
  • Pereaksi kimia
  • Pestisida digunakan untuk mengobati dampak serangan kutu kebul
Pengertian Air Kapur
Pengertian Air Kapur

Kegunaan Air Kapur

Berikut ini adalah kegunaan dai air kapur, antara lain sebagai berikut:

  • Industri

Sisa gas dari industri yang mengandung sulfur dioksida boleh dibersihkan dengan kaedah pembuihan di dalam air kapur, suatu proses yang dinamakan pengsulfatan, yaitu sulfur dioksida yang bertoksik diperangkapkan sebagai mendakan:

Ca(OH)2(ak) + SO2(g) → CaSO3(p) + H2O(c)

Ia juga digunakan di dalam industri sebagai agen penetralan dalam rawatan sisa air bandaran.

  • Seni

Dalam seni catan fresko, air kapur difungsikan sebagai pelarut warna untuk dikenakan pada plaster. Ia turut dinamakan cat kapur.

  • Kegunaan lain

Air kapur juga digunakan meluas oleh penjaga marin sebagai pelengkap utama kalsium dan kealkalian pada akuarium terumbu karang. Ia juga turut digunakan untuk membuat naskah kulit.

Demikian penjelasan tentang Pengertian Air Kapur, Fungsi, Rumus Kimia dan Kegunaannya. Semoga dapat bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan Anda. Terima kasih.