√ Mengenal Berbagai Alat Musik Tradisional Dari Sumatera

Posted on

Mengenal Berbagai Alat Musik Tradisional Dari Sumatera – Pada kesempatan ini Studi News akan membahas tentang Alat Musik Sumatera. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan mengenal tentang berbagai macam alat musik tradisional atau khas dari wilayah Pulau Sumatera dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel tentang alat musik sumatera berikut ini.

Mengenal Berbagai Alat Musik Tradisional Dari Sumatera

Negara Indonesia terkenal akan kaya akan keanekaragaman kesenian dan budaya yang mana salah satunya yakni alat musik. Dalam setiap pulau yang ada di Indonesia atau Nusantara memiliki alat musik yang berbeda-beda dan memiliki ciri khas masing-masing.

Di bawah ini beberapa alat musik tradisional atau khas di setiap Provinsi yang terdapat pada pulau Sumatera, antara lain yaitu:

  1. Provinsi Aceh

Aceh merupakan provinsi yang berada di bagian barat wilayah Indonesia. Provinsi Aceh juga dikenal dengan sebutan Serambi Mekah serta memiliki berbagai macam alat musik tradisional. Namun yang menjadi icon khas budaya di Prov. Aceh yaitu Serune Kalee. Serunee atau Serunai merupakan salah satu jenis alat musik aerophon berasal dari provinsi Aceh yang dimainkan dengan ditiup. Terdapat lubang nada pada bagian tangkainya yang mana berfungsi sebagai pengatur tinggi dan rendahnya nada yang akan dimainkan.

  1. Sumatera Utara

Provinsi Sumatera Utara mempunyai suku mayoritas yang berpegang teguh pada budaya dari nenek moyangnya yaitu Suku Batak. Salah satu ikon kebudayaan dan alat musik tradisional dari Sumatera Utara yakni Aramba. Alat musik Aramba merupakan jenis alat musik seperti gong dengan bentuk kecil yang umumnya dimainkan atau digunakan pada cara upacara adat. Alat musik Aramba termasuk salah satu model jenis alat musik ideophon yang mana cara memainkannya dengan dipukul.

Baca Juga:  √ Pengertian Seni Teater, Unsur dan Contoh Seni Teater

Mengenal Berbagai Alat Musik Tradisional Dari Sumatera

  1. Provinsi Riau

Pada Provinsi Riau yang mana bagian Provinsi Sumatra yang kental akan budaya Melayu dalam kehidupan masyarakatnya. Berkaitan dengan jenis alat musik yang berada di Provinsi Riau yaitu alat musik Gambus.

Bila melihat dari sejarah adanya alat musik ini berasal dari kebudayaan Timur Tengah yang mana dibawa oleh para pedagang yang dulu singgah di Indonesia untuk melakukan transaksi jual beli. Walaupun begitu, alat musik ini lebih dikenal sebagai kebudayaan yang berasal dari Riau dibandingkan yang dibawa oleh para pedagang.alat musik gambus termasuk alat musik Kordophon yang mana cara memainkannya dipetik.

  1. Provinsi Sumatera Barat

Provinsi Sumatera Barat terkenal dengan suku Minang yang mana terdapat berbagai macam jenis alat musik tradisional. Adapun alat musik tradisional dari Sumatera Barat yaitu Gendang Tabuik. Jenis alat musik yang satu ini khusus dimainkan hanya pada saat memperingati hari wafatnya cucu Rasulullah SAW yaitu Hasan Husein. Adapun nilai spiritual Agama Islam yang terkandung dalam alat musik ini, yang mana alat musik tabuik termasuk kedalam jenis alat musik Membraphone.

  • Provinsi Jambi

Dalam budaya yang dimiliki oelh Provinsi Jambi tidak jauh berbeda dengan Provinsi Riau. Kedua provinsi ini saling berkaitan dan memiliki sejarah yang kuat dengan kebudayaan Melayu sejak zaman dahulu. Adapun alat musik tradisional provinsi Jambi yaitu Akordeon, alat musik yang cara memainkannya dengan dipompa dan ditekan.

  • Provinsi Kepulauan Riau

Pada kepulauan Riau memiliki kebudayaan yang sama seperti halnya provinsi Riau yaitu Melayu. Kedua provinsi ini sangat kental akan budaya melayu, namun yang menjadi ikon alat musik dari kepulauan Riau yaitu Gandang Panjang adan Marwas. Jenis alat musik ini tergolong kedalam alat musik Membraphon, sebab membran menjadi sumber bunyi dari alat musik lain.

  • Kepulauan Bangka Belitung

Alat musik tradisional Bangka Belitung yaitu Rebana. Rebana khas dari Bangka Belitung memiliki ciri khas yaitu terdapat beberapa logam yang bergerincing yang terdapat pada pinggiran rebana. Selain alat musik rebana ada juga alatmusik tradisional lainnya yaitu Gendang, Gambus dan Rebab.

  • Provinsi Sumatera Selatan

Salah satu alat musik tradisional dari Sumatera Selatan yaitu Burdah Oku. Alat musik jenis ini yang sudah lama yaitu Ogan Komering Ulu. Alat musik Burdah pada umumnya dimainkan seiring dengan lagu yang mengiringinya.

  • Provinsi  Bengkulu

Provinsi Bengkulu terdapat alat musik tradisional yaitu Doll. Alat musik jenis Doll memiliki bentuk gendang cilik dan barangka cembung. Jenis alat musik dari Bengkulu yaitu membrenophon. Jenis alat musik ini biasa dimainkan seperti halnya Grmdang Tabuik yang dilakukan pada saat peringatan meninggalnya cucu Rasulullah.

  • Provinsi  Lampung

Untuk daerah Provinsi Lampung terdapat 4 (empat) alat musik tradisional yang asli daidapit salah satu alat musik yaitu Kompang Serdam, Cerik, Gamolan Pekhing dan Bende.  . Dari ke-4 (empat) alat musik menjadi alat musik terk

Baca Juga:  √ 34 Pengertian Seni Tari Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Demikian penjelasan tentang Mengenal Berbagai Alat Musik Tradisional Dari Sumatera, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.