√ Analisis Jabatan : Pengertian, Macam, Tujuan dan Manfaatnya

Analisis Jabatan : Pengertian, Macam, Tujuan dan Manfaatnya – Pada kesempatan ini Studi News akan membahasan Analisi Jabatan. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian analisis jabatan, macam, tujuan dan manfaatnya dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelas dan dapat mudah dalam memahaminya silahkan lihat artikel berikut ini.

Analisis Jabatan : Pengertian, Macam, Tujuan dan Manfaatnya

Pengertian analisis jabatan merupakan suatu kegiatan pengumpulan, penilaian dan penyususnan berbagai informasi dengan secara sistematis yang berhubungan dengan jabatan. Melihat dari pengertian lainnya pengertian analisis jabatab adalah kegiatan untuk mempelajari dan menyimpulkan berbagai keterangan dan fakta yang berhubungan erat dengan jabatan, sistematis serta teratur.

Pengertian lainnya dair analisis jabatan yaitu suatu proses di mana sejumlah pekerjaan dibagi berbagai bagian yang menentukan tugas dan tanggung jawab yang berkaitan dengan pekerjaan, persyaratan yang harus dipenuhi dimana pekerjaan tersebut dilaksanakan dan kapabilitas personal yang disyaratkan agar mencapai kinerja yang maksimal.

Tujuan Analisis Jabatan

Dalam hal ini terdapat tujuan dari analisis jabatan yaitu untuk menciptakana Sumber Daya Manusia atau SDM yang berkualitas dalam menghadapi situasi perkembangan ekonomi demi menciptakan sumber kenyamanan dalam bekerja serta terkendalinya dalam pekerjaan suatu perusahaan atau organisasi tertentu.

Dalam hal ini perlu menentukan berbagai hal diantaranya yaitu:

  1. Apa saja yang dilakukan oleh pekerja dengan jabatan yang didudukinya;
  2. Apa saja wewenang dan tanggung jawab pekerja dengan jabatannya saat ini;
  3. Kenapa pekerjaan tersebut harus dilakukan dan bagaimana cara untuk melakukan pekerjaan tersebut;
  4. Peralatan apa saja yang dibutuhkan dalam menjalankan pekerjaan;
  5. Berapa besar gaji yang diterima dan berapa lama jam kerjanya;
  6. Pendidikan, pelatihan dan pengalaman apa saja yang dibutuhkan untuk menjalankan pekerjaan itu;
  7. kemampuan, sikap apa saja yang dibutuhkan dalam menjalankan pekerjaan itu.

Analisis Jabatan Pengertian Macam Tujuan dan Manfaatnya

Macam Analisis jabatan

Terdapat berbagai macam dalam analisis jabatan antara lain sebagai berikut :

  1. Job analysis for personal specipication

Macam jenis ini bertujuan agar dapat menentukan syarat-syarat kualifikasi sumber daya manusia sebagai tenaga kerja yang dibutuhkan.

  1. Job analysis for training purposes

Macam jenis ini bertujuan agar dapat menentukan langkah apa saja yang harsu ditmpuh dalam mengajarkan suatu pekerjaan kepada karyawan atau pegawai dalam perusahaan yang digunakan juga untuk kebutuhan pendidikan dan latihan.

  1. Job analysis for setting reters

Macam jenis ini bertujuan agar dapat menentukan nilai setiap jabatan dalam perusahaan dan dapat ditentukan tingkat gaji atau upah dari setiap jabatan pegawai atau karyawan.

  1. Job analysis for method improvement

Macam jenis ini bertujuan agar dapat mempermudah cara kerja sumber daya manusia atau SDM sebagai tenaga kerja pada suatu jabatan tertentu.

Manfaat Analisis Jabatan

Tentu dari berbagai analisis jabatan terdapat berbagai macam manfaatnya baik memimpin seuatu perusahaan atau organisasi tertentu. Dimana hal ini bertujuan agar dapat memecahkana suatu permasalahan tentang kepegawaian khususnya yangberhubungan dengan tugas yang akan dilakukan oleh perusahaan tersebut.

Berikut ini beberapa manfaat dari analisis jabatan, yaitu sebagai berikut:

  1. Sebagai penarikan serta seleksi tenaga kerja;
  2. Sebagai Penempatan posisi tenaga kerja;
  3. Sebagai penentuan pendidikan atau pelatihan dari tenaga kerja;
  4. Sebagai keperluan dalam penilaian kerja;
  5. Sebagai perbaikan syarat dalam pekerjaan;
  6. Sebagai alat promosi jabatan pada tenaga kerja;
  7. Sebagai perencanaan organisasi.

Demikian penjelasan singkat tentang Analisis Jabatan : Pengertian, Macam, Tujuan dan Manfaatnya, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.