√ 8 Pengertian Analisis Regresi Menurut Para Ahli Lengkap

Posted on

8 Pengertian Analisis Regresi Menurut Para Ahli Lengkap – Pada kesempatan ini StudiNews akan membahas tentang pengertian analisis regresi dari sudut pandang para ahli.

8 Pengertian Analisis Regresi Menurut Para Ahli Lengkap

Dibawah ini akan kita bahas apa saja kata para ahli mengenai analisis regresi, silahkan disimak.

1. Nawari (2010)

Analisis regresi ialah sebuah cara sederhana dalam melakukan investigasi mengenai relasi fungsional antara variabel-variabel berbeda. Relasi antara variabel tersebut dituliskan dalam sebuah model matematika.

Di dalam model regresi sendiri, terdapat dua bagian variabel yakni variabel respon (response) dan variabel bebas (independent variable). Variabel respons memiliki nama lain variabel bergantung atau dependent variable, sedangkan variabel bebas memiliki nama lain variabel penduga atau predictor variable atau variabel eksplonari.

2. Sunyoto (2007)

Analisis regresi ialah bagian integral di dalam peramalan. Peramalan dalam   konteks ini yaitu menurut data-data yang diolah melalui cara-cara statistik yang kemudian dibuat suatu kesimpulan. Penggunaan analisis regresi berguna untuk mengetahui sejauh mana sebuah variabel memiliki pengaruh terhadap variabel-variabel lainnya.

3. Hasan (2008)

Regresi termasuk dalam alat ukur yang dipakai untuk mengukur keberadaan korelasi antar-variabel. Regresi diartikan sebagai ramalan atau taksiran. Analisis regresi bisa menganalisa korelasi secara lebih akurat sebab dalam analisis regresi sukar menunjukkan tingkat perubahan sebuah variabel pada variabel lainnya bida ditentukan (slop).

Baca Juga:  √ Pengertian Administrasi Negara, Ciri, Tujuan & Ruang Lingkupnya

Analisis regresi bisa memprediksi atau meramal nilai variabel bebas dengan lebih akurat. Regresi linier merupakan regresi dimana variabel bebas (variabel x) memiliki pangkat tertinggi satu.

4. Galton

Analisis regresi berhubungan dengan studi tentang ketergantungan dari sebuah variabel yang dinamakan variabel tak bebas (dependent variable), terhadap satu variabel yang menerangkan dengan tujuan memprediksi atau memperkirakan nilai-nilai variabel tak bebas apabila nilai variabel yang menerangkan telah diketahui.

Variabel yang menerangkan itu dinamakan variabel bebas (independet variable). Dalam mempelajari hubungan-hubungan variabel, terdapat dua analisis yakni analisis regresi sederhana (simple regression) dan analisis regresi berganda (multiple regression).

5. David Olson dan Yong Shi (2008)

Regresi dalam buku “Pengantar Ilmu Pengalian Data Bisnis” berarti sebagai salah satu perangkat dasar dalam analisis yang dapat dipakai untuk membuat model prediktif untuk bermacam jenis data.

6. Gujarati (2006)

Analisis regresi ialah suatu kajian pada hubungan sebuah variabel yang dinamakan variabel yang diterangkan (the expalined variable) dengan satu atau lebih variabel yang menerangkan (the explanatory). Variabel pertama dikenal juga dengan variabel tergantung dan variabel ke dua dikenal juga dengan variabel bebas. Variabel bebas lebih dari satu menggunakan analisis regresi linier berganda sebab pengaruh variabel-variabel bebas dikenakan pada variabel bergantung.

8 Pengertian Analisis Regresi Menurut Para Ahli

7. Wikipedia

Dalam ilmu statistika, ada metode untuk menentukan hubungan kausalitas (sebab – akibat) antara variabel-variabel. Variabel penyebab memiliki banyak nama lain seperti variabel eksplanatorik, variabel penjelas, variabel x, variabel independen. Sedangkan, variabel yang dikenai akibat memiliki istilah variabel dependen, variabel yang dipengaruhi, variabel y atau variabel terikat. Variabel-variabel tersebut bisa berupa variabel acak, tetapi variabel terikat harus selalu variabel acak.

Baca Juga:  √ Pengertian Literatur dan Jenisnya (Pembahasan Lengkap)

8. Levin dan Rubin (1998: 648)

Regresi dipakai dalam menentukan sifat-sifat serta kekuatan relasi antara dua variabel juga meramalkan nilai sebuah variabel yang belum diketahui yang berlandaskan pengamatan di masa lampau pada variabel itu juga variabel-variabel lain.

Demikian penjelasan materi 8 Pengertian Analisis Regresi Menurut Para Ahli Lengkap. Semoga bisa menambah pengetahuan pembaca. Terima kasih.