Analisis Sistem : Pengertian, Fungsi dan Tugasnya

Posted on

Analisis Sistem : Pengertian, Fungsi dan Tugasnya – Dalam memakai komputer kita sebagai user pastinya akan sangat merasa tidak nyaman dengan sistem yang ada di komputer apa bila sistem tersebut mengalami eror atau mengalami kerusakan.

Sistem yang eror tersebut akan dapat memberikan pengaruh yang kuat terhadap daya kerja dari si user tersebut. maka untuk itu perlu adanya analisis sistem yang adapat membuat komputer atau sistem yang ada menjadi lebih nyaman.

Analisis Sistem : Pengertian, Fungsi dan Tugasnya

Dalam mengenalisis sistem di harapkan para user dapat ikut membantu guna mendapatkan nhasil yang sesuai dengan harapan si pemakai tersebut. untuk dapat mengetahui lebih lanjut mengenai analisis sistem akan di jelaskan seabgai berikut.

Pengertian Analisis Sistem

Analisis sistem merupakan suatu penguraian terhadap sistem yang telah utuh ke dalam bagian komponennya dengan bertujuan agar dapat mengidentifikasikan dan juga mengevaluasi segala macam permasalahan atau juga hambatan yang timbul di sistem tersebut yang nanti akan dapat di lakukan perbaikan dan juga pengembangan.

Kelompok atau seseorang yang melakukan kegiatan tersebut di namakan sebagai sistem analis. Sistem analis ini adalah seseorang atau juga kelompok yang melakukan suatu pengembangan sistem dengan mempelajari suatu masalah atau suatu kebutuhan yang ada di suatu sistem dan juga sistem analis merupakan orang yang bertanggung jawab akan proses analisa ataupun perancangan yang ada di sistem informasi. Analisis sistem melakukan perancangan dan juga perbaikan di suatu sistem.

Fungsi Sistem Analisis

Sistem analisis memiliki fungsi untuk dapat:

Baca Juga:  8 Pengertian Internet Menurut Para Ahli
  1. Mengidentifikasi masalah pemakai.
  2. Menentukan sasaran dan juga kebutuhan pemakai.
  3. Memilih metode alternative dalam memecah masalah di dalam sistem.
  4. Merencanakan dan nenerapkan rancangan sistem yang sesui dengan apa yang di inginkan oleh si pemakai.

Pengertian Analisis Sistem Beserta Fungsi Dan Tugasnya Lengkap

Tugas Sistem Analisis

Tugas yang di miliki oleh analisis sistem adalah:

  1. Mengumpulkan file atau juga dokumen terkait sistem yang sedang berjalan.
  2. Menyusun laporan dan juga menyajikan laporan perbaikan akan sistem yang sedang berjalan kepada user.
  3. Merancang sistem perbaikan dan juga mengidentifikasi apa saja aplikasi yang dapat di terapkan di komputer tersebut.
  4. Melakukan analisis dengan menyusun biaya dan juga keuntungan dengan di terapkannya sistem baru tersebut.
  5. Mengawasi apa saja aktivitas yang baru di buat.

Sekianlah penjelasan mengenai Analisis Sistem : Pengertian, Fungsi dan Tugasnya yang di jelaskan oleh studinews. Dengan menganalisis sistem yang ada maka akan dapat mempermudah user dalam berkerja atau menggunakan komputer karena akan sesuai dengan apa yang di inginkannya. Semoga bermanfaat 🙂