√ Pengertian Augmented Reality, Fungsi, Manfaat dan Bahannya

Posted on

Pengertian Augmented Reality, Fungsi, Manfaat dan Bahannya – Pada kesempatan ini Studi News akan membahas tentang Pengertian Augmented Reality. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian augmented reality, fungsi, manfaat, alat dan bahannya dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel mengenai pengertian augmented reality berikut ini.

Pengertian Augmented Reality, Fungsi, Manfaat dan Bahannya

Definisi atau pengertian augmented reality atau disebut juga AR (Augmented Reality) adalah teknologi yang menggabungkan atau menyatukan benda maya 2D (dua dimensi) atau 3D (tiga dimensi) kedalam suatu lingkungan nyata 3D (tiga dimensi) yang selanjutnya memproyeksikan benda tersebut kedalam waktu nyata. Tidak seperti realitas maya yang seutuhnya menggantikan kenyataan, realitas tertambah Augmented Reality hanya sekedar melengkapi atau menambah kenyataan.

Fungsi Augmented Reality

Terdapat beberapa fungsi dari Augmented Reality yakni:

  • Sebagai penambah persepsi seseorang dari dunia yang ada disekelilingnya
  • Menjadiakan beberapa dunia virtual dan nyata antar muka yang baru
  • Dapat menunjukkan informasi yang relevan
  • Dapat membantu dalam bidang perbaikan atau pemeliharaan, pendidikan, pelatihan,militer, permainan, manufaktur dan semua macam hiburan.

Manfaat Augmented Reality

Ada juga beberapa manfaat dari Augmented Reality, antara lain yaitu:

  • Entertainment (Hiburan)

Pengertian Augmented Reality Fungsi Manfaat dan Bahannya

Dalam dunia hiburan bisa juga memanfaatkan Augmented Reality sebagai efek penunjang yang akan diahsilkan oleh hiburan tersebut. Seperti saat seorang wartawan cuaca memperkirakan ramalan cuaca dengan berdiri didepan layar biru atau hijau.

Baca Juga:  √ Pengertian Intranet, Fungsi, Manfaat dan Contohnya (Lengkap)

Kemudian dengan bantuan dari teknologi Augmented Reality layar biru atau hijau akan berubah menjadi gambar animasi tentang cuaca yang akan menjadi seakan-akan wartawan tersebut masuk kedalam animasi itu.

  • Militer Training

Augmented Reality juga dapat digunakan dalam militer traning atau latihan tempur. Seperti penggunaan Augmented Reality bisa membuat suatu permainan perang yang mana bagi prajurit yang masuk dalam permainan itu seakan-akan sedang melakukan perang secara nyata.

  • Engineering Design

Augmented Reality juga dapat digunakan bagi seorang engineering design yang tentu memerlukan Augmented Reality sebagar proyeksi atau menggambarkan hasil design secara nyata kepada klien. Hal tersebut bertujuan agar klien mengetahui tentang spesifikasi mendetai tentang desain yang akan dibuat.

  • Dalam bidang robotika

Augmented Reality juga bisa dipakai dalam bidang robotics dan telorobotics. Di mana dalam pengoperasiannya seorang operator robot menggunakan panel dari pencitraan visual dalam melakukan kendali pada robot. Sekingga penerapan Augmented Reality ini sangat diperlukan pada dunia robotika.

  • Consumer Design

Augmented Reality juga sudah dipakai dalam mekalakukan pengiklanan atau promosi produk. Semisal seorang pengembang memankai brosur virtual dalam memberikan informasi yang rinci secara 3D (tiga dimensi). Hal ini bertujuan agar pelanggan bisa mengetahui secara jelas produk yang akan ditawarkan.

  • Kedokteran (Medical)

Teknologi Augmented Reality juga sangat dibutuhkan dalan bidang kedokteran (medical). Seperti pada pengenalan akan operasi, pengenalan pembuatan vaksin virus dan lain sebagainya. Dalam bidang kedokteran ini sangat memerlukan penerapan dalam teknologi Augmented Realitysebagai visualisasi penelitian mereka.

Alat dan Bahan Augmented Reality

Berikut ini beberapa alat dan bahan yang diperlukan dalam pembuatan Augmented Reality, antara lain yaitu:

Hardware

  • Komputer/Laptop
  • Software
  • Mouse

ArToolkit

ArToolkit merupakan software library dalam menciptakan Augmented Reality. pada aplikasi ini adalah aplikasi yang mengikutsertakan overlay pencitraan virtual ke dunia nyata.

Baca Juga:  √ Pengertian Web Server, Fungsi, Jenis, Cara Kerja, Contoh, Kelebihan & Kekurangan

Blender

Blender adalah open source (software terbuka) grafika komputer 3D. Di mana perangkat ini bisa digunakan pada pembuatan film animasi efek visual, penteksturan, model cetak 3D, animasi, penyunting video, rendering, penyunting gambar bitmap, pemahat digital, simulasi cairan dan asap dan lain sebagainya.

Marker

Marker adalah pola yang dibuat dalam bentuk gambar yang telah dicetak dengan printer yang akan dikenali oleh kamera. Marker pada ArToolkit merupakan gambar yang tersusun atas pattern images, border dan outline.

Demikian penjelasan tentang Pengertian Augmented Reality, Fungsi, Manfaat dan Bahannya, semoga dapat bermanfaat.