Pengertian Bakteri Coliform Beserta Contoh Bakteri Coliform

Pengertian Bakteri Coliform Beserta Contoh Bakteri Coliform – Pada kesempatan ini Studi News akan membahas tentang Bakteri Coliform. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian bakteri coliform beserta contoh bakteri coliform dengan secara singkat dan jelas. Unutk lebih jelasnya simak artikel berikut.

Pengertian Bakteri Coliform Beserta Contoh Bakteri Coliform

Bakteri coliform adalah parameter mikrobiologis terpenting bagi kualitas dari air minum. Kelompok dari bakteri coliform, antara lain Eschericia coli, Enterrobacter aerogenes, serta Citrobacter fruendii.

Keberadaan bakteri di dalam air minum itu menunjukkan bahwa tingkat sanitasi yang rendah. Keberadaan dari bakteri ini menunjukkan adanya bakteri patogen lain, misalnya Shigella yang mengakibatkan diare hingga muntaber.

Pengertian Bakteri Coliform

Bakteri coliform adalah golongan bakteri intestinal yang hidup dalam saluran pencernaan manusia. Bakteri coliform sendiri adalah bakteri indikator keberadaan dari bakteri patogenik lain. Lebih tepatnya bakteri coliform fekal merupakan bakteri indikator adanya pencemaran bakteri patogen. Penentuan coliform fekal menjadi indikator pencemaran dikarenakan jumlah koloninya yang pasti berkorelasi positif dengan keberadaan bakteri patogen.

Bakteri coliform sendiri timbul karena buangan kotoran manusia serta limbah laundry dari rumah tangga yang merembes dari sungai-sungai dan disebabkan juga oleh pencemaran mata air atau air baku, lemahnya sistem filterisasi.

Pengertian Bakteri Coliform Beserta Contoh Bakteri Coliform

Oleh karena itu, air minum haruslah bebas dari semua jenis coliform. Karena semakin tinggi tingkat kontaminasi bakteri coliform, maka semakin tinggi pula risiko akan kehadiran bakteri-bakteri patogen lain yang biasa hidup dalam kotoran manusia dan hewan. Bakteri E. coli bila masuk ke dalam saluran pencernaan dalam jumlah banyak bisa membahayakan kesehatan.

Salah satu dari contoh bakteri patogen yang kemungkinan terdapat dalam air terkontaminasi kotoran manusia atau hewan berdarah panas adalah Shigella yang merupakan mikroba penyebab gejala diare, deman, kram perut, serta muntah-muntah. Jenis bakteri coliform tertentu, misalnya E coli O:157:H7, bersifat patogen dan juga bisa mengakibatkan diare atau diare berdarah, kram perut, mual, dan rasa tidak enak badan.

Bakteri coliform sendiri menghasilkan zat ethionine dimana pada penelitian akan mengakibatkan kanker. Bakteri-bakteri pembusuk ini juga memproduksi bermacam-macam racun. Seperti Indole, skatole yang bisa menimbulkan penyakit jika berlebih didalam tubuh. E. coli juga dapat menyebabkan diare dengan metode :

  • Produksi enterotoksin yang secara tidak langsung dapat mengakibatkan kehilangan cairan
  • Invasi yang sebenarnya lapisan epitelium dinding usus yang mengakibatkan peradangan dan kehilangan cairan.

Contoh Bakeri Coliform

Contoh dari bakteri koliform antara lain, yaitu:

  • Escherichia coli;
  • Salmonella spp;
  • Citrobacter;
  • Enterobacter;
  • Klebsiella dan Lain-lain.

Demikian penjelasan tentang Pengertian Bakteri Coliform Beserta Contoh Bakteri Coliform. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Terima kasih.