√ Pengertian Bakteri Patogen, Jenis, Contoh dan Faktornya

Posted on

Pengertian Bakteri Patogen, Jenis, Contoh dan Faktornya –  Pada kesempatan ini Studi News akan membahas tentang Bakteri Patogen. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian bakteri patogen, jenis, faktor dan contohnya dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel berikut ini.

Pengertian Bakteri Patogen, Jenis, Contoh dan Faktornya

Ada beragam jenis bakteri, salah satunya yaitu kelompok patogenik. Untuk dapat memahami kelompok bakteri yang satu ini, dapat dimulai dari istilah “patogenik” itu sendiri. Secara harfiah, istilah bahasa Yunani kuno yang berarti penyebab penderitaan. Jadi secara sederhana, bakteri pathogen bisa diartikan sebagai jenis bakteri yang menjadi sumber penderitaan.

Dalam kajian yang lebih lengkap, bakteri patogen merupakan jenis-jenis bakteri yang menjadi biang penyakit pada makhluk hidup. Bakteri patogen ini bekerja dengan cara menginfeksi organisme dan sebagai akibatnya, muncul gejala-gejala abnormal yang kita kenali sebagai tanda-tanda penyakit. Sebagian dari bakteri patogen ini tidak terasa di tubuh, namun tak jarang pula yang menyebabkan penyakit serius semacam HIV, SARS, Flu Burung dan masih banyak lagi lainnya.

Dalam kajian ilmu biologi, dikenal kecenderungan karakteristik organisme yang sangat patogen sajalah yang bisa menyebabkan penyakit pada makhluk hidup. Sementara selebihnya tidak mengakibatkan apa-apa. Bakteri yang jarang menyebabkan pemyakit tersebut dikenal dengan istilah patogen oportunis, yakni jenis bakteri yang tidak menyebabkan atau menimbulkan penyakit pada makhluk hidup dengan kompetensi umun atau daya tahan tubuh yang baik.

Baca Juga:  √ Proses Pembuahan Tunggal dan Ganda Pada Tumbuhan

Sebaliknya, jenis bakteri ini bisa memicu penyakit bagi mereka yang memiliki kekebalan tubuh yang rendah. Jadi dapat disimpulkan bahwa bakteri patogen oportunis ini mengambil kesempatan dari menurunnya sistem pertahanan di dalam tubuh sang inang yang ia infeksi.

Jenis Bakteri Patogen Penyebab Penyakit

Ada beragam jenis penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang (juga) terdiri atas beragam jenis. Untuk memahaminya lebih lanjut, silahkan lihat table berikut ini:

Bakteri Patogen Pada Manusia

Bakteri Patogen Pada Manusia

Bakteri Patogen Pada Hewan

Bakteri Patogen Pada Hewan

Bakteri Patogen Pada Tumbuhan

Bakteri Patogen Pada Tumbuhan

Faktor Virulensi Bakteri Patogen

Virulensi adalah derajat tingkatan patogenitas bakteri. Ukurannya didasarkan pada banyaknya organisme yang dibutuhkan agar supaya penyakit timbul dan dalam jangka waktu tertentu. Virulensi bakteri patogen ini disebabkan oleh sejumlah faktor yaitu antara lain:

  • Transmisibilitas

Transmisibilitas adalah tahapan paling awal dari rangkaian proses infeksi yang dilakukan oleh bakteri patogen. Jalurnya adalah saluran pernapasan, saluran pencernaan, dan kemudian urogenetalia. Serangkaian saluran yang dilalui cukup berat, dan jika suatu bakteri patogen berhasil melewatinya berarti virulensinya tinggi.

  • Pelekatan

Pelekatan dimana bakteri patogen memiliki kemampuan untuk menempel pada membran sel inang yang ia infeksi. Hal ini akan meningkatkan virulensinya .

  • Kemampuan Invasif

Kemampuan Invasif tergantung virulensi jenis bakteri patogen yang diukur melalui kemampuannya memasuki sel inang atau berhasil tidaknya ia menembus permukaan kelenjar mucus dan menyebabkan terjadinya penyebaran infeksi.

  • Toksin Bakteri

Toksin Bakteri adalah bakteri patogen bisa diukur tingkatan virulensinya dari kemampuannya memproduksi racun.

Pengertian Bakteri Patogen Jenis Contoh dan Faktornya

Contoh Bakteri Patogen

Bakteri yang termasuk dalam organisme prokariot selain memiliki kegunaan, juga dapat menimbulkan kerugian. Karena merupakan patogen yang umum pada mahluk hidup seperti manusia.

Contohnya adalah bakteri patogen oportunis Pseudomonas aeruginosa yang dapat menginfeksi paru-paru sehingga dapat menimbulkan kematian.

Baca Juga:  √ Mengetahui Sistem Reproduksi Pada Manusia (Terlengkap)

Selain P. aeruginosa bakteri patogen lain yang populer adalah Staphylococcus aureus yang adalah Mikroflora normal manusia pada permukaan kulit, mulut, dan hidung, namun pada saat sistem imun menurun, S. aureus akan bersifat patogen dan dapat menimbulkan penyakit seperti penggumpalan darah.

Demikian penjelasan tentang Pengertian Bakteri Patogen, Jenis, Contoh dan Faktornya. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Terima kasih.