√ Karakteristik Benua Amerika, Iklim, Alam, Luas (Bahas Lengkap)

Karakteristik Benua Amerika, Iklim, Alam, Luas (Bahas Lengkap) – Pada kesempatan ini StudiNews akan memberikan pembahasan tentang karakteristik Benua Amerika mulai dari letak dan luas, kondisi sosial budaya, batas-batas negara, iklim-iklim di negara-negara bagian, jumlah penduduk hingga agama yang dianut sebagian besar penduduk di benua ini.

Karakteristik Benua Amerika, Iklim, Alam, Luas (Bahas Lengkap)

Benua Amerika yakni sebuah daratan yang amat luas yang terletak di bagian barat bumi yang meliputi bagian utara dan bumi bagian selatan. Wilayah Amerika dibagi menjadi Amerika Selatan, Amerika Utara dan Amerika Tengah.

Pada awalnya, Benua Amerika disebut sebagai Dunia Baru. Setelah kedatangan Colombus di tahun 1492, barulah benua ini dikenal orang. Kata “Amerika” diambil dari nama Amerigo Vespucci yang merupakan penjelajah asal Italia.

Letak dan Luas Benua Amerika

Letak astronomis Benua Amerika yaitu antara 72o LU – 59o LS dan 163o BB – 360o BB. Benua Amerika adalah benua terbesar ke dua setelah Asia. Luas Benua Amerika kurang lebih 42.575.526 km2. Benua Amerika memiliki batas-batas geografis seperti berikut ini.

  • sebelah utara berbatasan dengan Samudra Arktik
  • sebelah timur berbatasan dengan Samudra Atlantik
  • sebelah selatan berbatasan dengan Selat Drake
  • sebelah barat berbatasan dengan Samudra Pasifik

Kemudian, ada tiga wilayah yang terdapat di Benua Amerika. berikut Pembagian wilayah di Benua Amerika.

  1. Wilayah Amerika Utara meliputi wilayah kutub utara terus ke arah selatan hingga Jazirah Florida. Kemudian, dari Samudra Pasifik ke arah timur hingga Samudra Atlantik yang mencakup Meksiko bagian utara, Teluk Meksiko, Amerika Serikat, Kanada serta Kepulauan Arktik. Wilayah Amerika Utara luasnya mencapai sekitar 24.500.000 km².
  2. Wilayah Amerika Tengah yang kawasannya terbentang mulai dari Kepulauan Karibia (Samudra Atlantik hingga wilayah Amerika Tengah yang meliputi semua wilayah Meksiko. Wilayah Amerika Tengah memiliki luas kurang lebih 253.926 km².
  3. Wilayah Amerika Selatan wilayahnya dimulai dari Terusan Panama sampai Semenanjung Horn di Argentina bagian selatan. Negara-negara yang masuk ke dalam wilayah Amerika Selatan yakni Argentina, Bolivia, Brazil, Colombia, Chili, guyana, Ekuador, Peru, Paraguay, Uruguay, Suriname, Guyana Prancis, Venezuela hingga kepulauan Falkland. Cakupan wilayah Amerika Selatan mencapai luas sekitar 17.821.601 km².

Wilayah Benua Amerika sendiri, terbagi atas 3 (tiga) wilayah, yaitu sebagi berikut :

  1. Wilayah Amerika Utara terbentang dari Kutub Utara ke selatan sampai dengan Jazirah Florida serta dari Samudra Pasifik ke timur sampai Samudra Atlantik, mencakup bagian utara Meksiko, Teluk Meksiko, daratan Amerika Serikat, Kanada, dan Kepulauan Arktik. Dan luas wilayah Amerika Utara ±24.500.000 km².
  2. Wilayah Amerika Tengah meliputi suatu wilayah di Kepulauan Karibia di Samudra Atlantik dan daratan Amerika Tengah, (mencakup seluruh kawasan Meksiko). Luas wilayah Amerika Tengah ±253.926 km².
  3. Wilayah Amerika Selatan terbentang dari Terusan Panama hingga Semenanjung Horn di selatan di wilayah Argentina. Wilayahnya sendiri meliputi Argentina, Brasil, Bolivia, Chili, Colombia, Ekuador, Guyana, Paraguay, Peru, Suriname, Uruguay, Venezuela, Guyana Prancis dan Kepulauan Falkland. Adapun Luas wilayah Amerika Selatan ±17.821.601 km².

Bentang Alam Benua Amerika

Sebelumnya sudah dijelaskan luas masing-masing dari setiap bagian di Benua Amerika. Cakupan wilayah yang sangat luas tersebut tentu memiliki keberagaman bentang alam seperti pegunungan tinggi yang berjajar, plato, pegunungan rendah hingga dataran rendah.

  1. Wilayah Benua Amerika di bagian barat sebagian besar memiliki bentang alam berupa pegunungan yang berbaris memanjang mulai dari Alaska bagian utara sampai bagian selatan Amerika Selatan.
  2. Terdapat pegunungan utama Rocky Mountains di wilayah Marika Utara dan pegunungan Cordelleras De Los Andes di wilayah Amerika Selatan. Pegunungan-pegunungan kecil yang berjajar dari utara ke selatan adalah Alaska Range, Pegunungan Mackenzie, Pegunungan Coast dan Sierra Madre Occidental.
  3. Gunung Aconcagua memiliki puncak paling tinggi (sekitar 6.960 m) yang berada di Argentina. Benua Amerika bagian barat termasuk dalam rangkaian Pegunungan Sirkum Pasifik yang masih berstatus gunung api aktif.
  4. Benua Amerika bagian tengah dan bagian timur memiliki bentang alam yang berbeda dengan bagian barat. Benua Amerika cenderung lebih landai di bagian tengah sampai timur serta membentuk dataran dan pesisir pantai. Dataran rendah di dekat Sungai Mississipi di Amerika Utara sangat populer. begitu juga dengan dataran rendah dekat Sungai Amazone di Amerika Selatan.
  5. Benua Amerika bagian tengah memiliki bentang alam berupa depresi, plato dan tanah genting. Terdapat Plato Tengah (2.500 m) yang masih bagian dari Pegunungan Mesa Central. Plato tengah melandai ke utara dan memiliki banyak sekat.
  6. Terdapat depresi celah Nicaragua yang menjadi pemisah deretan pegunungan yang melewati Guatemala, El Savador juga Nicaragua. Depresi celah Nicaragua membentuk sebuah dataran rendah yang memiliki danau besar yakni Danau Managua dan Danau Nicaragua. Di wilayah Panama dapat dijumpai tanah genting.
  7. Cekungan mendominasi wilayah Benua Amerika bagian utara. Hampir semua danau berada di Amerika Utara. Ada danau-danau utama atau Great Lakes yakni Danau Huron, Danau Superior, Danau Ontario, Danau Michigan dan Danau Erie.
  8. Sungai Missouri, Sungai mississipi, Sungai Grande, Sungai Colorado, Sungai Amazone, Sungai Hudson, Sungai Parana dan Sungai San Juan merupakan sungai0sungai utama yang mengalir di Benua Amerika.
  9. Death Valley dengan letak sekitar 86 m di bawah permukaan laut merupakan titik paling rendag di Benua Amerika.

Iklim Benua Amerika

kondisi geografis yang terbentang memanjang dan mencakup du bagian bumi serta adanya deretan pegunungan dan samudra di bagian timur dan barat menjadikan iklim Benua Amerika sangat beragam. Iklim subtropis, iklim arktik dan subarktik ada di wilayah Florida, Amerika Utara. Kemudian, Arus samudra berada di barat (Arus carolina) dan bagian timur (Arus Labrador) memegang peranan penting. Deretan Great Lakes menyebabkan keberagaman iklim di wilayah pedalaman.

Terjadi penyimpangan iklim di Benua Amerika, seperti tidak teraurnya curah hujan, tornado, angin ribut, hujan es dan badai salju. Suhu paling dingin bisa sampai -20oC.

  1. Wilayah Amerika Tengah memiliki iklim yang mendapat pengaruh dari Samudra Pasifik, Laut karibia dan Samudra Atlantik. Amerika Tengah terdiri dari zona suhu panas, dingin, sedang dan beku. Zona suhu beku hanya ada di dataran tinggi.
  2. Kepulauan Karibia dan wilaya Pasifik merupakan iklim maritim yang dipengaruhi arus hangat samudra. Curah hujan makin semakin tinggi jika semakin dekat dengan khatulistiwa. turunnya hujan dibawa angin pasat timur yang melewati Karibia.
  3. Keberagam iklim di Amerika Selatan mendapat pengaruh dari bentang dan letak lintang geografis. Dua per tiga bagian ada di wilayah tropis, misalnya Lembah Amazone dan bagian lain mempunyai iklim musim.
  4. Bagian selatan terletak di wilayah kering yang curah hujannya hanya 100 sampai 500 mm per tahun.

Sosial Budaya Benua Amerika

Benua Amerika telah dihuni bahkan sebelum kedatangan Portugis dan Spanyol. Ada bangsa Eskimo dan Indian di bagian utara, bangsa Inca di bagian selatan dan beberapa suku di bagian tengah. Hasil penyelidikan purbakala, diketahui bahwa penduduk Benua Amerika telah mempunyai peradaban tinggi, seperti bangsa Aztec di Meksiko, bangsa Inca di Peru dan bangsa Chebce di Colombia.

Datangnya bangsa Eropa dan migrasi bangsa Asia menambah keberagaman bahasa, ras dan agama di Benua Amerika.

  1. Diketahui bahwa jumlah penduduk Amerika di pertengahan 2007 menembus angka 904 juta jiwa. Penduduk paling padat ada di Amerika Selatan (Brazil, Argentina, Colombia dan lainnya).
  2. Penduduk Amerika tengah dan Amerika Selatan sebagian besar merupakan umat Katolik Roma. Penganut Kristen Protestan mendominasi penduduk di Amerika Utara.
  3. Bahasa Inggris dan Perancis adalah dua bahasa resmi di Benua Amerika.

Karakteristik Benua Amerika

Perekonomian di Benua Amerika

Negara-negara yang termasuk dalam Amerika Utara dapat dikatakan sebagai negara maju. Kegiatan ekonomi yang menjadi penopang penting di Amerika Utara adalah aktifitas industri dan perdagangan.

Kegiatan di bidang agraris juga sudah maju dengan didukung dari peralatan modern yang digunakan. Aktifitas dari sektor pertambangan dan pengolahannya pun memegang peranan penting. Kondisi ekonomi didukung dengan kegiatan pertanian, pertambangan dan perikanan.

Demikian penjelasan materi Karakteristik Benua Amerika, Iklim, Alam, Luas (Bahas Lengkap). Benua Amerika merupakan benua dengan kondisi alam maupun sosial yang beragam pada dasarnya dan semakin beragam setelah masuknya bangsa lain ke Amerika. Semoga penjelasan tersebut membawa manfaat untuk pembaca. Terima Kasih.