Pengertian Debat, Tujuan, Unsur, Struktur dan Manfaatnya

Pengertian Debat, Tujuan, Unsur, Struktur dan Manfaatnya – Pada kesempatan ini Studi News akan membahas tentang Debat. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian debat, tujuan, unsur, struktur, contoh, manfaat dan kaidahnya dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel berikut ini.

Pengertian Debat, Tujuan, Unsur, Struktur dan Manfaatnya

Debat adalah sebagai pembahasan dan petukaran pendapat mengenai tentang suatu hal, dimana dengan saling memberi alasan untuk mempertahankan pendapat masing-masing.

Pengertian Debat

Kemendikbud, mendefinisikan bahwa debat sebagai suatu kegiatan dimana mempertahankan pendapat dengan disertai argumen serta mendukung pendapat.

Pratama, debat adalah suatu kegiatan adu argumenasi terkait antara dua pihak maupun lebih artinya baik perorangan maupun kelompok sebagai bentuk upaya untuk mendiskusikan dan memutuskan lalu mengkaji perbedaan.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Debat merupakan sebagai pembahasan dan petukaran pendapat mengenai suatu hal, dimana dengan saling memberi alasan untuk mempertahankan pendapat masing-masing.

Dengan begitu, dapat disimpulkan teks debat merupakan sebagai teks yang berisi pernyataan serta argumenasi atas pihak – pihak yang berdebat mengenai permasalahan tertentu dimana dengan tujuan untuk mendiskusikan, memutuskan, serta mengkaji perbedaan.

Tujuan Debat

Dengan berdasarkan pengertian diatas, teks debat memiliki tujuan yaitu diantaranya dapat :

  • Melatih keberanian untuk mengemukakan suatu pendapat.
  • Mematahkan pendapat lawan debat.
  • Meningkatkan kemampuan untuk merespon sesuatu masalah.

Unsur – Unsur Debat

Berikut ini adalah beberapa unsur dari teks debat yaitu antara lain :

  • Mosi

Pada mosi hal tersebut mengacu pada topik maupun tema yang didebatkan. Topik inilah yang menjadi dasar bagi masing – masing pihak yang berdebat dalam menentukan sikap dan menyatakan pendapat disertai dengan argumen pendukung.

  • Tim Afirmasi

Tim Afirmasi adalah tim dimana bertugas untuk mendukung mosi maupun tema debat. Mendefinisikan tema debat yang akan dibahas, menyampaikan argumen – argumen yang mendukung kasus tim afirmasi, memberikan materi inti dimana diikuti contoh – contoh, serta merespon kasus tim oposisi.

  • Tim Oposisi

Tim Oposisi Merupakan tim yang bertugas untuk menolak mosi maupun tema debat. Memberikan tanggapan definisi tim afirmasi, menyampaikan argumen penolakan mosi, serta merespon argumen – argumen dari tim afirmasi.

  • Tim netral

Tim netral adalah yang tidak mendukung maupun menolak mosi atau tema debat.

  • Moderator

Moderator adalah seseorang yang mengacu pemandu debat maupun orang yang mengarahkan jalannya debat tersebut.

  • Penulis

Penulis adalah seseorang dimana bertugas untuk mencatat segala sesuatu yang dinyatakan didalam perdebatan tersebut.

Struktur

Seperti halnya struktur teks yang lainnya, teks debat memiliki beberapa struktur tersendiri yang membedakan dengan struktur teks lainnya. Berikut ini merupakan strukturnya antara lain :

  • Perkenalan

Pada tahapan perkenalan ini, ia menyampaikan salam pembuka dan memperkenalkan tim.

  • Penyampaian Argumentasi

Pada tahapan ini tiap tim yaitu Tim Afirmasi, Tim Oposisi, serta Tim Netral akan menyampaikan argumentasinya terhadap pernyataan topik yang dibahas.

  • Debat

Pada tahapan debat ini, setiap tim yaitu Tim Afirmasi dan Tim Oposisi saling memberikan komentar, sanggahan, lalu ditengahi dengan tim netral.

  • Simpulan

Pada tahapan ini Tim Afirmasi, Tim Oposisi, serta Tim Netral menyampaikan simpulan terkait mosi, pendapat, serta sanggahan dari tim lain.

  • Penutup

Pada tahapan penutup ini moderator memberikan kesimpulan dengan secara keseluruhan tanpa berpihak, kemudian diikuti untuk menutup kegiatan debat dengan salam.

Contoh Teks Debat

Berikut ini adalah beberapa contoh teks debat, agar kalian dapat memahami lebih dalam lagi yaitu :

  • Tim Afirmasi

Program operasi kebersihan pada tiap – tiap sekolah, kami setuju dengan adanya operasi kebersihan di sekolah, karena kebersihan merupakan kunci dari kenyamanan, keamanan, didalam kegiatan belajar mengajar serta menjadi momok bagi siswa khususnya supaya dapat termotifasi tentang kebersihan.

  • Tim Oposisi

Sebaliknya, kami tidak setuju dengan adanya operasi kebersihan, karena terdapat beberapa alasan dimana pertama, masalah psikologis pada kurulikulum kurtilas ini siswa harus ditekankan untuk belajar seharian penuh, sedangkan hal itu telah membutuhkan tenaga yang ekstra.

Namun, akan atau mau di tambah lagi dengan adanya opsi tersebut, bagaimana nanti siswa dapat fokus belajar kalau dalam keadaan fisik yang kurang memadai atau vit karena opsi yang kalian maksud.

  • Tim Netral

Telah disampaikan 2 hal oleh kedua kubu memang masuk akal, namun kami disini memberikan solusi untuk masalah ini, memang benar dengan adanya opsi maka akan terjadi penurunan konsentrasi akibat kelelahan. Tapi disamping itu, kebersihan juga penting.

Sehingga solusinya ialah bagaimana si siswa supaya bisa menghilangkan rasa capek dengan adanya opsi yaitu dengan cara pemberian jam istirahat yang lebih optimal, dan pemberian berupa waktu untuk bercengkrama dengan sesama temanya supaya terjadi keakraban antar siswanya, dan tentu mengembalikan semangat mereka untuk belajar kembali.

Pengetian Debat Tujuan Unsur Struktur dan Manfaatnya

Manfaat Debat

Adapun manfaat debat antara lain sebagai berikut :

  • Mempertahankan Agrumen
  • Membela Diri
  • Menyelesaikan Masalah
  • Mengambil Keputusan Yang Terbaik

Kaidah Kebahasaan Teks Debat

Berikut kaidah kebahasaannya, antara lain sebagai berikut :

  • Kaidah bahasa Indonesia yang digunakan harus benar serta sesuai dengan kaidah bahasa baku.
  • Ide yang diungkapkan harus benar atau tepat sesuai dengan fakta yang ada dan bisa diterima oleh akal sehat (logis), dan hanya mempunyai satu makna, padat, langsung menuju sasaran, runtun serta sistematis.
  • Kata yang dipilih tersirat makna yang sebenarnya (denotatif).

Perbedaan Debat Dengan Diskusi

Diskusi adalah suatu pertukaran pendapat serta gagasan. Sedangkan debat adalah suatu bentuk kontes formal argumentasi yang terjadi antara dua orang maupun kelompok.

Demikian penjelasan tentang Pengertian Debat, Tujuan, Unsur, Struktur dan Manfaatnya. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Terima kasih.