√ Pengertian Renang, Macam Gaya, Manfaat dan Resikonya (Lengkap)

Posted on

Pengertian Renang, Macam Gaya, Manfaat dan Resikonya (Lengkap) – Pada artikel berikut menjelaskan tentang Renang. Dalam ulasan berikut menerangkan tentang pengertian renang, macam-macam gaya renang dan manfaat renang dengan pembahasan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasan StudiNews berikut ini.

Pengertian Renang, Macam Gaya, Manfaat dan Resikonya (Lengkap)

Renang adalah salah satu dari cabang olahraga. Renang juga termasuk salah satu aktivitas yang dipelajari di mata pelajaran olahraga di sekolah-sekolah. Renang merupakan olahraga dalam air yang sangat dapat menyehatkan tubuh.

Aktivitas renang merupakan salah satu kegiatan yang paling digemari dan banyak dipilih oleh orang sebagai kegiatan menyehatkan tubuh secara rutin. Hal tersebut dikarenakan pada saat berenang seluruh anggota tubuh ikut bergerak.

Beberapa malah juga meyakini bahwa dengan berenang akan membantu mendapatkan tinggi ideal bagi tubuh seseorang. Renang juga menjadi olahraga yang kompleks untuk kesehatan seluruh tubuh. Tentunya dalam kegiatan renang juga tidak sembarangan tekniknya. Sebelum berenang, kita harus paham dan menguasai teknik-tekniknya.

Berenang untuk keperluan rekreasi ataupun juga kompetisi dilakukan orang di kolam renang. Manusia juga dapat berenang di sungai, di danau, ataupun di laut sebagai bentuk rekreasi. Olahraga renang membuat tubuh sehat karena hampir semua otot tubuh akan dipakai sewaktu berenang.

Macam Macam Gaya Renang

Renang sendiri mempunyai berbagai macam gaya yang mana sudah menjadi teknik dalam perlombaan. Berikut macam-macam gaya renang:

Gaya Renang Dada

Gaya dada merupakan salah satu teknik gaya renang. Gaya dada adalah gaya dalam renang yang sering kita jumpai dalam pelajaran olahraga di sekolah-sekolah. Gaya renang dada adalah sebuah teknik dalam renang yang menyerupai cara katak pada saat berenang. Umumnya gaya dada juga biasa disebut dengan gaya renang katak.

Pada gaya ini diperlukan kemampuan tangan untuk mendorong ke bawah saat kepala naik ke atas untuk melakukan pernafasan. Teknik gaya dada terletak pada kekuatan tangan dan kaki. Kekuatan tangan dan kaki ini guna mendorong badan ke depan. Titik kekuatan penuh tangan terletak pada saat pertukaran atau pengambilan nafas. Pengambilan nafas dilakukan ketika mulut berada di permukaan air setelah 1: 2 gerakan pada tangan dan kaki.

Baca Juga:  √ Pengertian Variabel Menurut Para Ahli, Macam dan Contohnya

Dibandingkan dengan macam-macam gaya renang lainnya, kecepatan rata-rata gaya dada adalah lebih rendah dikarenakan fokus gaya adalah untuk menggerakkan tubuh secara teratur. Gaya renang yang satu ini sangat cocok bagi orang-orang yang ingin berenang secara santai.

Gaya Renang Bebas

Gaya bebas adalah salah satu gaya yang sering dipakai untuk olimpiade atau perlombaan dalam renang. Renang gaya bebas merupakan teknik dalam renang yang menggunakan kebebasan tangan dan kaki untuk melakukan gerakan agar badan kita dapat meluncur di air dengan laju yang cepat.

Bernama gaya bebas, namun bukan berarti teknik yang dipakai bebas. Tentunya dalam gaya renang bebas juga memiliki aturan-aturan. Pada saat akan melakukan gaya renang bebas posisi tubuh berada di atas permukaan. Saat melakukan renang dengan gaya ini wajah menghadap ke permukaan air.

Tangan digunakan untuk mengayuh ke depan sedangkan kaki menendang dengan melakukan gerakan seperti menggunting.

Dalam cara teknik pengambilan nafas adalah saat tangan diangkat ke atas untuk mengayuh, kepala kemudian digelengkan ke samping kanan atau kiri secara bergantian. Secara bersamaan lakukan pernafasan dengan mulut maupun hidung.

Gaya Renang Kupu Kupu

Renang Gaya Kupu Kupu adalah suatu teknik renang yang akan didapat dari pengembangan gaya dada. Pada teknik dasar renang gaya kupu kupu yang harus dimiliki merupakan suatu kekuatan lengan.

Karena gaya kupu kupu mempunyai pusat kekuatan pada lengan, untuk gerakannya dapat seperti lumba lumba yang masuk kedalam air lalu kemudian keluar saat tangan didorong kebawah. Sedangkan kaki lurus rapat ikut bergerak sesuai alur gerakan badan tertentu.

Gaya renang kupu kupu ini juga sering disebut dengan gaya lumba lumba. Kecepatan rata-rata gaya kupu-kupu adalah lebih cepat dibanding kecepatan gaya bebas. Namun yang perlu diketahui juga, gaya renang ini juga sangat membutuhkan tenaga dan kekuatan yang ekstra lebih besar ketimbang gaya-gaya lainnya.

Gaya Renang Punggung

Gaya Renang Punggung adalah suatu teknik renang dengan posisi badan terlentang melihat keatas sedangkan punggung berada dipermukaan air. Untuk gerakan kaki atau juga tangan sama seperti gaya bebas akan tetapi arahnya yang berlawanan. Untuk teknik pengambilan nafas gaya punggung dapat dilakukan kapan saja, karena wajah akan berada diatas air atau menghadap ke atas.

Baca Juga:  √ Pengertian Konvensi, Jenis, Ciri dan Contohnya (Terlengkap)

Gaya renang yang juga sering diajarkan untuk pelajaran olahraga di sekolah adalah gaya renang punggung. Gaya renang punggung adalah teknik dalam renang dengan posisi badan terlentang menghadap ke atas. Untuk punggung tetap berada di permukaan air.

Berbeda dengan gaya dada, gaya bebas maupun kupu-kupu, start lomba renang gaya punggung dilakukan dengan posisi tubuh menghadap ke dinding, untuk kedua tangan berpegangan pada besi pegangan tepi kolam, kaki ditekuk dengan telapak kaki bertumpu pada dinding kolam dan berada diantara lengan tangan.

Gaya Renang Anjing

Gaya Renang Anjing merupakan suatu teknik berenang yang mempunyai gerakan seperti Anjing berenang di Air. Dengan posisi kepala berada diatas air lalu sedangkan kaki dan tangan melakukan gerakan seperti anjing melakukan renang.

Untuk gaya renang yang satu ini mungkin jarang didengar dan dipakai dalam belajar teknik renang. Namun gaya anjing cocok bagi kita yang merupakan pemula dalam berenang. Gaya renang anjing merupakan teknik dalam renang yang memiliki gerakan seperti anjing ketika berenang dalam air.

Kepala kita diposisikan berada di atas permukaan air. Kemudian badan kita sedikit membungkuk seperti merangkak, sedangkan tangan dan kaki melakukan gerakan seperti anjing melakukan renang.

Gaya Renang Samping

Gaya renang samping adalah suatu teknik gaya renang yang dimana menggunakan sisi samping bagian tubuh. Gaya ini tidak akan diperlombakan dalam kompetisi resmi renang. Sehingga jarang orang yang mengetahui gaya ini, namun jika kita melatih gaya ini maka dapat menambah skill maupun juga kemampuan kita untuk variasi berenang ini.

Manfaat Renang

Olahraga renang selain menyehatkan juga mempunyai manfaat. Menurut Budiningsih (2010:5) manfaat olahraga renang ada 5 yakni:

  1. Sebagai sarana bermain ataupun rekreasi. Kolam renang dapat dijadikan sebagai sarana bermain dan rekreasi. Anak-anak maupun juga balita akan menyukai permainan air.
  2. Menyehatkan badan atau juga dapat merangsang gerakan motorik. Berolahraga renang dapat menyehatkan badan. Bagi balita dan anak-anak, otot-ototnya akan berkembang, persendian dapat tumbuh optimal, tubuh akan menjadi lentur atau pertumbuhan badan meningkat.
  3. Dapat menghilangkan rasa takut pada air. Dengan berolahraga renang dapat menghilangkan rasa takut pada air. lalu Sebaiknya, semenjak bayi sudah dibiasakan bermain air atau agar kelak  jika sudah besar tidak takut pada air.
  4. Meningkatkan keberanian, percaya diri maupun juga mengasah kemandirian. Olahraga renang dapat mendorong kita tumbuh menjadi sosok yang berani, percaya diri tinggi atau juga mandiri.
  5. Dapat Meningkatkan kemampuan sosial. Olahraga renang yang sering dilakukan bersama-sama dapat menumbuhkan rasa kebersamaan. Juga dapat meningkatkan kemampuan untuk beradaptasi atau juga bersosialisasi dengan orang lain.
Baca Juga:  √ Pengertian Strategi Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap)

Risiko pada Renang

Kecelakaan di air dikarena bisa menyebabkan cedera hingga kematian akibat tenggelam dalam air. Sebelum memasuki air, perenang harus mencari tahu kedalaman kolam renang, sungai, maupun juga laut yang ingin direnangi.

Berenang di sungai atau juga di laut bisa sangat berbahaya bila datang arus deras maupun ombak besar secara tiba-tiba. Orang yang sedang dalam pengaruh alkohol dan obat-obatan akan dilarang untuk berenang.

Kaca mata renang bisa juga mencegah mata orang yang memakainya dari iritasi. Berenang di air kotor akan menyebabkan suatu penyakit kulit atau iritasi mata. Di kolam renang, bakteri penyebab penyakit akan dikendalikan dengan pemberian kaporit. Pergantian air yang sangat teratur akan meningkatkan kualitas air kolam yang sangat sehat.

Ukuran Kolam Renang

Ukuran kolam renang yang ideal adalah sebagai berikut:

Ukuran Kolam Renang Standar Nasional

  • Panjang kolam : 50 m
  • Lebar kolam renang : 25 m
  • Kedalaman kolam Renang minimum : 2 meter
  • Lebar lintasan kolam renang : 2, 5 m
  • Jumlah Lintasan Kolam Renang : 8
  • Temperatur Air pada kolam renang : 25° C – 28° C

Ukuran Kolam Renang Standar Internasional

  • Panjang kolam Renang : 50 m
  • Lebar kolam Renang : 25 m
  • Temperatur Air pada kolam renang : 25° C sampai 28° C
  • Lebar lintasan kolam renang : 2,5 m
  • Jumlah Lintasan Kolam Renang : 8

Kedalaman kolam minimum adalah 1,35 meter. Dimulai dari 1,0 m pada lintasan pertama hingga paling sedikit 6,0 m dihitung dari dinding kolam renang yang dilengkapi dengan balok start. Kedalaman minimum pada bagian lainnya yaitu 1,0 m.

Demikianlah artikel tentang Pengertian Renang, Macam Gaya, Manfaat dan Resikonya (Lengkap). Semoga dapat bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan untuk kita semua. Terimakasih.