√ Pengertian Gejala Sosial, Jenis, Faktor Penyebab dan Dampaknya

Posted on

Pengertian Gejala Sosial, Jenis, Faktor Penyebab dan Dampaknya – Pada kesempatan ini Studi News akan membahas tentang Gejala Sosial. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian gejala sosial, jenis, faktor penyebab dan dampaknya dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya silahkan simak artikel gejala sosial dibawah ini.

Pengertian Gejala Sosial, Jenis, Faktor Penyebab dan Dampaknya

Pengertian gejala sosial merupakan masalah sosial yang menjadi pengaruh serta di pengaruhi dari perilaku manusia dalam kehidupan bermasyarakat. Hal ini dapat diartikan sebagai fenomena sosial yang muncul sebab awal adanya perubahan sosial.

Dalam hal ini perubahan sosial yang tidak dapat dihindari namun sangat penting untuk mengantisipasinya. Pada pengertian lainnya dari gejala sosial adalah suatu kejadian yang biasa terjadi pada lapisan masyarakat baik dalam masyarakat tradisional maupun modern.

Pengertian Gejala Sosial Jenis Faktor Penyebab dan Dampaknya

Jenis Gejala Sosial

Terdapat beberapa jenis gejala sosial yang berkembang dalam masyarakat, diantaranya yaitu:

  • Ekonomi

Gejala sosial ekonomi merupakan gejala sosial ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan pendapatan. Dengan tingkat pendapatan yang bisa diperoleh setiap orang dapat mengakibatkan gajala sosial dalam masyarakat. Hal ini dapat di lihat dari segi ekonomi yang mana gejala sosial sangat berhubungan dengan siklus perekonomian masyarakat.

Bila ada seseorang yang kurang dapat mencukupi kebutuhan sosial tentu kemungkinan akan terjadinya gejala sosial dilingkungannya. Melihat dari kesenjangan ekonomi dapat terjadi gejala sosial di masyarakat sebab kependudukan, pengangguran, kemiskinan atau lainnya.

  • Budaya

Dengan berbagainya budaya yang dimiliki negara kita, sehingga sangat mengharuskan untuk saling manghargai kebudayaan lainnya. Adanya keberagaman tersebut jangan menjadikan persatuan yang sudah terjaga menjadi terpecah belah. Tak hanya pada budaya di Indonesia saja dengan budaya lain dari luar negeri juga harus saling menghormati. Dengan banyaknya keanekaragaman budaya dapat menimbukan gejala sosial seperti contoh peniruan budaya asing yang bersifat negatif, kenakalan remaja atau lainnya.

Baca Juga:  √ Pengertian Siklus Batuan, Proses dan Contohnya (Lengkap)
  • Lingkungan Alam

Lingkungan alam juga menjadi aspek dalam gejala sosial yang berkaitan dengan kesehatan, bila seseorang terserang oleh penyakit yang dapat mengakibatkan gejala sosial lingkungannya. Contohnya seperti tercemarnya lingkungan atau lainnya.

  • Psikologi

Aspek psikologi yang mempengarusi tingkah laku seseorang dalam kehidupan, hal ini terjadi bila seseorang mengalami gangguan jiwan yang mengakibatkan gejala sosial dalam bermasyarakat. Seperti contoh aliran sesat, teroris, atau lainnya.

Faktor Gejala Sosial

Berikut ini adalah beberapa faktor penyebab gejala sosial, antara lain yaitu:

  • Faktor Kultiral

Kultiral merupakan nilai yang tumbuh dan berkembang dalam lingkungan masyarakat atau kelompok. seperti contoh kemiskinan, perilaku yang menyimpang, kerja bakti atau lainnya.

  • Faktor Struktural

Struktural merupakan sebuah keadaan yang menjadi pengaruh struktur yang disusun oleh pola yang tertentu. Faktor tersebut dapat dilihat dari pola hubungan sesama indinidu serta kelompoknya yang terjalin dalam masyarakat. Seperti interaksi penyuluhan, individu dan lainnya.

Dampak Gejala Sosial Pada Masyarakat

Berikut ini beberapa dampak gejala sosial pada masyarakat, antara lain yaitu:

  • Dampak Positif

Dalam menyikapi gejala sosial yang ada pada lingkungan masyarakan tentu di terima secara arif dan bijaksana. Apabila bisa ngimbangi perubahan yangterjadi maka akan memberikan dampak yang positif bagi semua elemen. Hal tersebut bisa dilihat dari berkembangnya kemajuan dibidang teknologi, seperti smartphone.

  • Dampak Negatif

Dampak negatif tentunya berkaitan dengan penyerapan akan perubahan yang tidak bisa diterima oleh masyarakat. Hal ini dapat menjadi sebuah guncangan atau kultur shock pada masyarakat yang mengakibatkan pada perilaku menyimpang.

Demikian penjelasan tentang Pengertian Gejala Sosial, Jenis, Faktor Penyebab dan Dampaknya, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.