√ Pengertian Integritas Serta Komitmen Dalam Pekerjaan

Posted on

Pengertian Integritas Serta Komitmen Dalam Pekerjaan – Pada kesempatan ini Studi News akan membahas tentang Integritas. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian integritas serta komitmen dalam melakukan pekerjaan dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya lihat detail penjelasan berikut ini.

Pengertian Integritas Serta Komitmen Dalam Pekerjaan

Menurut Jack Welch dalam karangan buku dengan judul “Winning”, bahwa pengertian integritas adalah sepatah kata kabur atau tidak jelas. Orang yang memiliki integritas adalah orang yang memegang setiap perkataan mereka, yang dapat dipertangung jawabkan kebenarannya.

Mereka dapat mengkoreksi segala perbuatan yang mereka lakukan dan bertanggung jawab dalam setiap tindakan yang telah dilakukan di masa lalu. Serta mengetahui berbagai hukum yang berlaku di negara,perusahaan, industri atau lain sebagainya baik secara tersirat atau tersurat dan mentaatinya.

Mereka melakukannya dengan benar, jujur dan bersih sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan. Dari berbagai survei yang dilakukan mengenai integritas atau kejujuran ini yaitu sebagai sebuah karakteristik pribadi yang dimiliki didalam diri seirang pemimpin.

Pengertian Integritas serta Komitmen

Pengertian integritas adalah sesuatu kunci atau atribut penting yang wajib di miliki bagi seorang pemimpin. Integritas merupakan sesuatu konsep penting dalam melakukan segala tindakan, metode, perinsip, ukuran, ekspetasi, nilai dan lain sebagainya dengan secara konsisten.

Dalam hal ini bagi orang yang memilki karakteristik integritas tentu memiliki kepribadian yang kuat serta jujur dalam bertindak. Kata intergritas berasal dari bahasa lain yaitu “integer” yang memiliki arti yaitu :

Bersikap teguh dalam pempertahankan prinsip yang menjadi dasar dalam diri sendiri dan melekat sebagai nilai moralnya serta tidak korupsi.

Baca Juga:  √ Pengertian Kebugaran Jasmani, Manfaat, Tujuan dan Unsurnya

Memiliki sifat bermutu atau dalam keadaan yang dapat menunjukkan kesatuan secara utuh. Yang mana memiliki kemampuan, potensi, kewibawaan serta kejujuran.

Pengertian komitmen adalah sesuatu yang membuat seorang membulatkan tekad diadalam hati demi tercapainya suatu tujuan. Walupun orang tersebut belum mengetahui perjalanan dari awal hingga akhir. Dengan berusaha semaksimal mungkin baik berkorban dan bekerja keras sehingga dapat menyelesaikan akhir dari sebuah tujuan yang ingin dicapainya.

Pengertian Integritas Serta Komitmen Dalam Pekerjaan

Dalam hal ini Dr. Kenneth Boa yaitu Presiden dari Reflections Ministries menggambarkan bahwa integritas yaitu lawan langsung dari sebuah kemunafikan. Dia mengatakan bahwa seorang munafik tidaklah memiliki qualified untuk membimbing orang lain untuk mencapai karakter yang lebih tinggi.

Dimana tak seorang pun yang menaruh respek atau respon pada seseorang yang memiliki kepribadian berbicara tentang permainan yang baik. Tetapi apa yang dilakukan terhadap dirinya gagal untuk mencapai karakter yang lebih tinggi lagi dengan berbagai peraturan yang telah ditetapkan.

Yang mana apa yang  dilakuak bagi seorang pemimpin akan mempunyai dampak besar atas apa yang mereka pimpin kedepannya. Orang tidak akan lupa bagaimana pemimpin itu, akan tetapi dapat lupa apa yang telah dikatakan oleh pemimpin itu.

Berbicara tentang integritas tentu berhubungan erat tentang moralitas, etika, komitmen, keontetikan. Namun yang paling dibutuhkan dalam hal ini yaitu pemahaman akan konsep dari integritas tersebut. Dengan memahami integritas yang berhubungan dengan hati nurani dan kautuhan secara pribadi serka kualita kebenaran terhadap diri sendiri.

Integritas sangat dibutuhkan kepada siapapun, tidak hanya bagi seorang pemimpin akan tetapi berlaku juga bagi orang yang dipimpin. Dimana bagi kebanykan orang menginginkan jaminan pemimpin yang dapat dipercaya bila mereka mengikutinya.

Baca Juga:  √ Pengertian Budidaya, Manfaat dan Contohnya (Bahasan Lengkap)

Bagi merekan yang benar-benar merasa yakin bahwa pemipin akan memperhatikan kepentingan setiap anggota. Serta pemimpin dapat menruh kepercayaan kepada anggota dalam melaksanakan tugas serta tanggung jawabnya. Bagi pseorang pemimpin dan yang dipimpin sama ingin menepati janji serta dapat berkomitmen dengan apa yang dikatankannya.

Dengan hidup integritas, seseorang dapat menaruh kepercayaan diri merekan dan tidak mudah menyerah dalam menghadapi berbagai masalah. Senantiasa memilih yang menurutnya benar dan selalu memihak kepada kebenaran. Hal ini menandakan bahwa seseorang memilki integritas dengan mengatakan kebenaran dan tanggung jawab bila mana terdapat kejanggalan didalam hatinya.

Demikian penjelasan tentang Pengertian Integritas Serta Komitmen Dalam Pekerjaan. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan pengetahuan Anda pembaca. Terimakasih.