Pengertian Kecepatan, Rumus Kecepatan dan Contoh Soalnya

Pengertian Kecepatan, Rumus Kecepatan dan Contoh Soalnya – Pada kesempatan ini Studi News akan membahas tentang Kecepatan. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian kecepatan, rumus dan contohnya dengan secara singkat dan jelas. Unutk lebih jelasnya simak artikel berikut ini.

Pengertian Kecepatan, Rumus Kecepatan dan Contoh Soalnya

Kecepatan adalah gerak suatu benda untuk mengubah posisi (Δs) dari titik acuan ke titik akhir tentunya terjadi dalam selang waktu (Δt) tertentu.

Dengan perubahan posisi benda dalam satuan waktu disebut dengan kecepatan (v). Kecepatan sendiri yaitu ukuran tingkat di mana sebuah benda berubah posisinya terhadap waktu.

Pengertian Kecepatan Rumus Kecepatan dan Contoh Soalnya

Macam Kecepatan

Berikut ini adalah macam – macam kecepatan antara lain sebagai berikut:

Kecepatan Tetap

Benda dikatakan bergerak dengan kecepatan tetap untuk melakukan perubahan kedudukan yang sama dengan waktu yang diperlukannya juga sama.

Contohnya Bila sebuah kendaraan yang kedudukannya berubah sejauh 15 km dalam waktu 30 menit. Kendaraan tersebut dikatakan berkecepatan tetap jika untuk 15 km. Selanjutnya waktu yang dilalui tetap, yakni selama 30 menit.

Berdasarkan penjelasan di atas, secara matematis kecepatan tetap dapat ditulis sebagai :

Rumus kecepatan tetap

Keterangan:

Δs = perubahan kedudukan (meter = m)

Δt = selang waktu (sekon = s)

v = kecepatan (meter/sekon = m/s)

Kecepatan (v) adalah besaran vektor yang nilai dan arahnya tergantung pada arah perubahan posisi. Untuk mengukur kecepatan bisa / dapat digunakan alat yang disebut dengan speedometer.

Jika kita menghitung jarak (panjang perubahan posisi yang terjadi) dinotasikan x dan dibagi selang waktu yang diperlukan untuk menempuh jarak itu. Maka hasil yang didapatkan bukan suatu nilai kecepatan melainkan adalah laju.

Laju sendiri adalah besaran skalar yang tidak mempunyai arah. Notasi laju sama dengan notasi kecepatan, yaitu v, dan persamaannya adalah sebagai berikut :

rumus kecepatan

Keterangan:

x = jarak/panjang perubahan posisi (meter = m)

Δt = selang waktu (sekon = s)

v = kecepatan (meter/sekon = m/s)

Meskipun dalam Sistem Internasional (SI) satuan kecepatan dan laju adalah m/s, dan sering kita menjumpai satuan kecepatan dan laju dalam km/jam. Salah satunya yaitu speedometer kendaraan bermotor.

Kemudian, bagaimana cara mengubah satuan km/jam menjadi satuan SI? Silahkan perhatikan uraian berikut ini!

Pengertian Kecepatan, Rumus Kecepatan dan Contoh Soalnya

 

 

Ingatlah bahwa 1 km = 1.000 m serta 1 jam = 3.600 sekon. Sehingga,

Dari uraian di atas diperoleh perbandingan yang bisa digunakan, yaitu:

Pengertian Kecepatan, Rumus Kecepatan dan Contoh Soalnya

Kecepatan Rata-Rata

Di saat kita berjalan, kita tidak bisa mengukur kecepatan perjalanan kaki kita secara kuantitatif. Tetapi, Anda rasakanlah langkah-langkah itu!

Saat kita sedang terburu-buru, tentunya langkah kaki kita akan cepat. Sesaat kemudian, kita terhambat oleh kerumunan anak-anak. Perlahan namun pasti kita akan memperlambat jalan kita. Setelah melaluinya, langkah kita kembali tergesa-gesa.

Pada gerak dengan kecepatan berubah-ubah seperti yang telah dijelaskan diatas, kita bisa menentukan kecepatan rata-rata dari gerak yang telah dilakukan.

Kecepatan rata-rata merupakan hasil bagi perpindahan total yang ditempuh benda oleh selang waktu total yang diperlukan untuk menempuh perpindahan total tersebut.

Persamaannya yaitu:

Pengertian Kecepatan, Rumus Kecepatan dan Contoh Soalnya

Keterangan:

Δstot = total perpindahan benda (m)

Δttot = total selang waktu (s)

v = kecepatan rata-rata (m/s)

Contoh Soal Kecepatan

Adi sedang melakukan perjalanan menempuh jarak 50 km dengan menggunakan sepeda motor. Di 45 menit pertama, ia melaju dengan kecepatan tetap dan jarak yang ia tempuh yaitu hanya 30 km. Kemudian, Adi terus mempercepat laju sepeda motornya sehingga dalam 10 menit ia bisa menempuh sisa dari jarak yang harus ia lalui.

Maka, Tentukanlah (dalam m/s):

  1. kecepatan tetap dari perjalanan Adi selama 45 menit pertama
  2. kecepatan rata-rata dari perjalanan Adi

Penyelesaian:

Diketahui : jarak total yang ditempuh oleh Adi adalah s = 50 km, 45 menit pertama (t1) menempuh jarak (s1) 30 km dengan kecepatan tetap serta sisa jaraknya ditempuh dalam waktu (t2) 10 menit dengan kecepatan yang berubah-ubah.

Ditanya :

  1. kecepatan tetap
  2. kecepatan rata-rata

Jawab:

Pengertian Kecepatan, Rumus Kecepatan dan Contoh Soalnya

Demikian penjelasan tentang Pengertian Kecepatan, Rumus Kecepatan dan Contoh Soalnya. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Terima kasih.