√ Pengertian Kepemimpinan, Fungsi, Sejarah dan Macam Gayanya

Posted on

Pengertian Kepemimpinan, Fungsi, Sejarah dan Macam Gayanya – Pada kesempatan ini Studi News akan membahas tentang Kepemimpinan. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian kepemimpinan, fungsi, sejarah serta macam gayanya dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel berikut ini.

Pengertian Kepemimpinan, Fungsi, Sejarah dan Macam Gayanya

Seorang ilmuan yang bernama Frederick W.Tailor yang menjadi ilmuan sekaligus pelopor dalam perkembangan manajemen ilmiah pada awal abad ke 20. Dimana Ferederick mengembangakan kepemimpinan secara ilmiah bersama dengan pertumbuhan manajemen ilmiah yang ada.

Dalam mempersiapkan pemimpin yang didasari bakat serta pengalaman yang dipersiapkan, direncanakan dan melatih calon muda baru. Hal ini dilakuakan dengan berbagai percobaan, rencana, analisis, penelitian, pengemblengan serta supervisi secara sistematis. Sehingga dapat menumbuhkan sifat kepemimpinan yang kompeten dan berkualitas dalam melaksanakan segala tugas yang dihadapi.

Kepemimpinan Menurut Para Ahli

Agar memudahkan dalam memahami apa itu kepemimpinan, berikut pengertian kepemimpinan menurut para ahli, antara lain sebagai berikut:

  • Menurut Tead, Terry dan Hoyt

Menurutnya yang dikutip dalam kartono, 2003. pengertian Kepemimpinan adalah kegiatan atau seni yang mempengaruhi orang lain supaya mau bekerjasama yang didasari pada kemampuan orang itu. Untuk memimpin dan membimbing orang lain dalam mencapai suatu tujuan yang diinginkan kelompok.

Baca Juga:  √ Pengertian Strategi Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap)
  • Menurut Young (dalam Kartono, 2003)

Menurutnya yang dikuti dalam Kartono, 2003. Definisi kepemimpinan adalah bentuk dominasi yang didasari atas kemampuan pribadi yang mampu mendorong atau mengajak orang lain untuk melakukan sesuatu berdasarkan penerimaan oleh kelompoknya dan memiliki keahlian khusus yang tepat bagi situasi yang khusus.

  • Menurut George R. Terry

Menurutnya, definisi dari kepeimpinan adalah suatu kegiatan yang mempengaruhi orang-orang supaya mereka suka berusaha mencapai tujuan-tujuan kelompok.

Melihat berbagai definisi diatas, dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan merupakan kemampuan mempengaruhi orang lain, kelompok atau bawahan, mengarahkan serta memiliki keahlian khusus dalam bidang yang diinginkan dalam kelompok agar tercapainya tujuan dari suatu kelompok.

Macam Jenis Kepemimpinan

Berikut ini adalah beberapa macam jenis kepemimpinan, diantaranya yaitu:

  • Kepemimpinan Otoriter (Authoritarian)

Kepemimpinan otoriter adalah gaya pemimpin yang memusatkan segala keputusan dan kebijakan yang diambil dari dirinya sendiri secara utuh atau penuh. Segala pembagian tanggung jawab dan tugas di kelola oleh pemimpin secara otoriter. Sedangkan bagi para pengikut hanya menjalankan secaga tugas yang telah diberikan.

  • Kepemimpinan Demokratis (Democratic)

Kepemimpinan demokratis adalah gaya kepemimpinan yang memberikan wewenang sacara luas pada bawahan atau pengikut. Dengan segala masalah yang selalu mengikutsertakan bawahan sebagai tim. Gaya pdalam pimpinan ini, lebih cenderung memberikan banyak informasi mengenai tanggung jawab dan tugas bagi para bawahan.

  • Kepemimpinan Bebas (Laissez Faire)

Kepempinan bebas merupakan kepemimpinan yang hanya terlihat dalam kuantitas yang kecil dimana para bawahan yang aktif menentukan penyelesaian masalah dan tujuan yang sedang dihadapi.

Pengertian Kepemimpinan Fungsi Sejarah dan Macam Gayanya

Gaya Kepemimpinan

Terdapat beberapa gaya kepemimpinan, antara lain yaitu:

  • Karismatis

Karismatis adalah gaya untuk mendapatkan daya tarik orang lain. Dengan melihat saja akan membuat terpesona sehingga akan membangkitkan gairah semangat orang lain. Umumnya gaya ini lebih cenderung menyukai tantangan dan perubahan, dengan gaya kepribadian visionaris.

  • Diplomatis

Diplomatis merupakan gaya penempatan yang perspektif. Kebanyakan bagi orang yang melihat dari satu sisi saja yaitu keuntungan unutk dirinya dan selanjutnya sisi keuntungan lawan. Hanya sebagai pemimpin yang demokratis yang dapat melihat dari berbagai sisi yang jelas.

Baca Juga:  √ Jenis Informasi, Ciri dan Fungsinya (Pembahasan Terlengkap)

Dengan kesabaran dan kepasifannya hal ini menjadi kelemahannya. Sehingga memilki sifat yang mampu menerima tekanan dan sabar menunggu. Namun bila kesabaran telah mencapai puncaknya maka perlakuan yang tidak menyenangkan akan membuat bawahan pergi.

  • Otoriter

Dengan gaya kepemimpinan yang otoriter. Tentu dengan maksud menghadapi segala upaya dan memutuskan satu tujuan yang menjadi harga mati dan tidak ada alasan apapun unutk tidak dapat melakukannya. Dalam gaya kepemimpinan ini sangat dengan penuh perhitungan dan sistematis yang matang.

Mereka akan mementingkan segala upaya untuk menuju tujuan yang telah di tetapkan. Sehingga dapat memiliki sifat dingin dan kejam yang menjadi kelemahan dari gaya kepemimpinan otoriter ini.

  • Moralis

Gaya Moralis umumnya lebih di minati karena sopan dan hangat terhadap semua orang. Dengan memilki simpati baik dalam permasalahan, murah hati dan sabar. Segala bentuk kebijakaan yang di pimpin akan selalu di ikuti karen kehangatan dan kesopanan yang di berikan kepada bawahannya.

Adapun efek dari gaya ini lebih cenderung emosi yang tidak stabil. Sehingga terkadang memilki situasi bersahabat sedih bahkan menyeramkan tergantung yang dihadapinya.

Fungsi Kepemimpinan

Adapun fungsi dari kepemimpinan, antara lain yaitu:

  • Mengadakan perubahan, inovasi pengembangan, penyempurnaan dan perubahan dalam organisasi
  • Dapat mengatasi berbagai konflik, pertentangan, dan mengevaluasi ulang masalah.
  • Dapat berintergrasi dan koordinasi dalam sebuah organisasi dengan secara efektif.
  • Dapat merumuskan, menentukan dan cara yang mudah agar tercapainya tujuan.
  • Dapat memgkoorinasi dalam struktur organisasi.

Demikian penjelasan tentang Pengertian Kepemimpinan, Fungsi, Sejarah dan Macam Gayanya. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Terima kasih.