Komunikasi Bisnis : 10 Pengertian Menurut Para Ahli

Komunikasi Bisnis : 10 Pengertian Menurut Para Ahli – Dalam melakukan suatu pekerjaan pastinya kita memerlukan relasi atau teman dalam melakukan suatu pekerjaan agar dapat mengerjakan tugas dengan mudah.

Bisnis yang di jalankan pasti pada saatnya akan dapat mengalami sautu kemajuan dan juga kemunduran dengan adanya relasi yang baik akan dapat dengan mudah di lakukan bersama-sama. Maka untuk itu di perlukan adanya komunikasi bisnis yang di lakukan dengan baik antar para pebisnis.

Komunikasi Bisnis : 10 Pengertian Menurut Para Ahli

Dengan terjadinya komunikasi yang baik akan dapat memberikan banyak manfaat dan keuntungan khususnya bagi perusahaan atau bisnis yang sedang di jalankan. Untuk dapat lebih jelasnya mengerti tentang apa itu komunikasi bisnis akan di jelaskan sebagai berikut:

Pengertian Komunikasi Bisnis

Komunikasi bisnis merupakan suatu pertukaran pendapat, gagasan, informasi, intruksi yang di dalamnya terdapat tujuan yang akan di sajikan dengan personal atau interpersonal dengan melalui symbol-simbol, sinyal atau merupakan tindakan.

Secara umum komunikasi bisnis merupakan proses penyampaian dan juga penerimaan pesan ataupun informasi yang di lakukan kedua orang atau lebih yang memiliki harapan untuk dapat terjadi pengaruh positif atau untuk dapat menimbulkan efek tertentu yang telah di harapkan. Komunikasi sendiri berupa persepsi dan juga apresiasi.

Pengertian Komunikasi Bisnis Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah pengertian komunikasi bisnis menurut para ahli berdasarkan hasil riset dan pengalamannya.

1. Katz

Komunikasi bisnis merupakan adanya suatu pertukaran pesan, ide, dan juga konsep yang saling berkaitan dengan suatu pencapaian serangkaian tujuan komersil.

2. Persing

Komunikasi bisnis merupakan suatu proses penyampaian arti dengan melalui lambang-lambang yang di dalamnya meliputi seluruh unsur yang saling berkaitan dengan bentuk tulisan, lisan atau secara non-verbal yang dapat di lakukan di dalam organisasi yang membayar orang dengan cara bersama-sama membuat dan juga memasarkan barang-barang dan jasa yang dapat memperoleh keuntungan.

3. Rosenbalt

Komunikasi bisnis merupakan suatu pertukaran ide-ide, opini, instruksi, informasi, atau yang sejenisnya yang dapat di kemukakan baik dengan cara personal atau dengan cara non-personal dengan menggunakan symbol atau tanda unutk dapat mencapai suatu tujuan perusahaan.

4. Djoko Purwanto, M.B.A

Komunikasi bisnis merupakan komunikasi yang dapat di gunakan di dalam dunia bisnis yang dapat mencangkup berbagai macam bentuk dari komunikasi yang di lakukan baik itu dengan cara yang verbal atau dnegan cara non-verbal untuk dapat mencapai suatu tujuan tertentu.

5. Curtis

Komunikasi bisnis merupakan suatu komunikasi di dalam organisasi bisnis yang dalam pertunjukkannya dapat memecahkan suatu masalah dan dapat membuat keputusan.

6. William C.Himstreet dan Wyne murlin Baty

Komunikasi bisnis merupakan suatu pertukaran informasi yang di lakukan antar individu yang melalui suatu system yang biasa yang di lakukan dengan symbol, sinyal, atau juga dapat dengan prilaku atau degnan tindakan.

7. William Albig

Komunikasi bisnis berupa pertukaran informasi, pendapat, gagasan, instruksi yang memiliki suatu tujuan tertentu yang terlah di berikan dengan personal atau dengan interpersolah menggunakan symbol atau sinyal.

8. Wikipedia

Komunikasi bisnis merupakan suatu pertukaran informasi atau gagasan yang di dalamnya terdapat tujuan tertentu yang di beikand egnan personal atau interpersonal yang menggunakan sautu sinyal atau symbol.

9. Philip Kotler

Komunikasi bisnis merupakan suatu kegiatan yang di harapkan dapat memuaskan suatu kebutuhan dan juga keinginan dengan suatu proses pertukaran.

10. Hughess dan Kapoor

Komunikasi bisnis merupakan suatu kegiatan atau dapat berupa usaha dari individu yang terlah terorganisasi untuk dapat menghasilkan dan dapat menjual barang atau jasa yang dapat memberikan keuntungan dan dapat memnuhi kebutuhan masyarakat.

10 Pengertian Komunikasi Bisnis Menurut Para Ahli Lengkap
10 Pengertian Komunikasi Bisnis Menurut Para Ahli Lengkap

Unsur Komunikasi Bisnis

Komunikasi bisnis memiliki beberapa unsur di dalamnya yang berupa:

  1. Memiliki suatu tujuan jelas yang berarti bahwa komunikasi bisnis di lakukan untuk dapat menetapkan tentang tujuan yang akan di jalankan dengan tujuan organisasi.
  2. Pertukaran yang di lakukan oleh paling minimal dua orang yang saling berperan sebagai komunikator dan komunikan.
  3. Gagasan, opini, informasi, dan intruksi adalah ini pesan yang ada di dalam dengan berntuk yang beragam dan tergantung dari situasi, tujuan, dan juga kondisi.
  4. Menggunakan saluran impersonal dan personal yang memiliki sifat tatap muka, menggunakan media atau dapat juga melalui media yang dapat menjangkau jutaan orang dengan cara bersamaan.
  5. Dapat memakai symbol yang berupa alat atau suatu metode bias di mengerti dan di pahami oleh si penerima agar dapat menyampaikan pesan tertentu.
  6. Pencapaian tujuan organisasi yang menjadi salah satu karakteristik untuk dapat membedakan antara organisasi atau lembaga formal dari informasi yang dengan tujuannya telah di tetapkan sebelumnya  oleh si manajemen.

Sekianlah penjelasan mengenai Komunikasi Bisnis : 10 Pengertian Menurut Para Ahli yang di jelaskan oleh studinews. Dengan komunikasi bisnis yang baik akan dapat memberikan keuntungan yang baik pula bagi pemerannya. Semoga bermanfaat 🙂