Konjungsi adalah : Pengertian dan Macamnya

Konjungsi adalah : Pengertian dan Macamnya – Didalam mengguanakan atau membuat suatu kalimat atau peragraf di butuhkan suatu kata yang dapat menggabungkan bagian-bagian katanya agar tersusun dengan baik.

Susunan yang baik dan benar akan dapat membuat para pembacanya merasa nyaman dan dapat dengan mudah mengerti tentang apa saja maksud yang akan di ungkapkan oleh si pembuat kalimat atau paragraph tersebut.

Maka dari itu di perlukan pemahaman mengenai konjungsi yang baik agar kalimat yang di buatnya menjadi baik dan dapat tersusun dengan rapi. Untuk dapat mengerti tentang apa itu konjungsi akan di jelaskan sebagai berikut.

Konjungsi adalah : Pengertian dan Macamnya

Mari kita bahas pengertian konjungsi terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Konjungsi

Konjungsi merupakan suatu kata atau merupakan ungkapa n yang memiliki tugas sebagai kata penghubung di antarakata, antara kalimat, atau juga di antara paragraph yang dapat membentuk maknya yang gramatikal. Konjungsi ini di butuhkan agar kata, kalimat, atau juga paragraph yang ada di dalam suatu susunan karangan menjadi teratur.

Keteraturan itu sangat di perlukan untuk dapat memperlihatkan tentang adanya kepaduan yang terjadi di antara kata, kalimat, atau juga paragraph yang satu dengan yang lainnya. Dari kepaduan itu dapat di titikberatkan kepada hubungan yang terjadi di antara ketida unsur tersebut.  Didalam kaitannya dengan hubungan antar kalimat ini maka sangat lah penting peranan dari konjungsi ini.

Di dalam pemakaian konjungsi di dalamsuatu kalimat bukannya untuk menerangkan suatu kata, akan tetapi tidak lebih hanya menjadi sekedar alat penghubung yang memiliki fungsi untuk dapat mempertegas dan juga memadukan makna.

Macam-macam Konjungsi

Konjungsi memiliki beberapa macam yang di tentukan berdasarkan letaknya. Maka dari itu konjungsi di bagi menjadi dua macam. Yang pertama konjungsi intrakalimat dan juga konjungsi ekstrakalimat.

Konjungsi Intrakalimat

Konjungsi ini merupakan konjungsi yang dapat menghubungkan satuan-satuan kata yang ada dengan kata, frase dengan frase, atau dapat juga klausa dengan klausa. Ada beberapa kata yang juga termasuk kedalam konjungsi intrakalimat yaitu adalah:

  1. Agar
  2. Andaikata
  3. Jika
  4. Apabila
  5. Jikalau
  6. Hingga
  7. Sampai
  8. Bahwa
  9. Atau
  10. Baik
  11. Maupun
  12. Demi
  13. Daripada
  14. Sambil
  15. Meski
  16. Ketika
  17. Padahal
  18. Seandainya
  19. Kalau
  20. Lalu

Di bawah ini adlaah contoh kalimat konjungsi intrakalimat

  1. Saipul melakukan olahraga agar badannya tetap sehat.
  2. Andi berkerja sambil mendengarkan music.
  3. Adik boleh bermain jika sudah selesai bersih-bersih.
  4. Kita pulang ketika hujan datang.

Konjungsi Intratekstual

Konjungsi intratekstual merupakan suatu konjungsi yang dapat menghubungkan kalimat dengan kalimat atau juga paragraph dengan paragraph. Ada beberapa yang termasuk kedalam konjungsi intratekstual yang diantaranya:

  1. Akan tetapi
  2. Meski demikian
  3. Disamping itu
  4. Oleh karena itu
  5. Sementara itu
  6. Selain itu
  7. Tembahan pula
  8. Sebaiknya
  9. Walaupun demikian

Di bawah ini adalah contoh penggunaan konjungsi ikstrakalimat:

  1. Saras mengaku dia yang mengambil, akan tetapi semua sudah terlambat.
  2. Ketika kita makan banyak sebaiknya di imbangi dengan olah raga yang cukup.
  3. Dia orang kaya dan memiliki mobil, meski demikian dia tidak sombong.
  4. Laras sangat supel sebaliknya adiknya sangat pemalu.

Pengertian Konjungsi Beserta Macam-Macam Konjungsi Lengkap

Konjungsi Ekstratekstual

Konjungsi ekstratekstual merupakan konjungsi yang memiliki hubungan dengan dunia luar  bahasa dengan menggunakan wacana. Konjungsi ini pada umumnya memang di guanakan pada naskah-naskah lama, beberapa yang ada di dalam konjungsi ini adalah:

  1. Alkisah
  2. Hatta
  3. Adapun
  4. Arkian
  5. Syahdan
  6. Bermula

Di bawah ini adah contoh penggunaan konjungsi ektratekstual:

  1. Alkisah tardapat sebuah Negara yang sangatah makmur.
  2. Bermula di suatu pedesaan yang indah nan permai.

Sekianlah penjelasan mengenai Konjungsi adalah : Pengertian dan Macamnya yang di jelaskan oleh studinews. Dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar maka maksud yang di jelaskan akan dapat di terima dengan baik. Semoga bermanfaat.