√ Pengertian Limbah Industri dan Macam-macamnya (Lengkap)

Posted on

Pengertian Limbah Industri dan Macam-macamnya (Lengkap) – Pada kesempatan ini Studi News akan membahas tentang Limbah Industri. Yang mana dalam pembahasan ini menjelaskan pengertian limbah industri beserta macam-macamnya dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih detailnya simak artikel berikut ini.

Pengertian Limbah Industri dan Macam-macamnya (Lengkap)

Limbah atau disebut benda buangan, menjadi benda yang tidak diinginkan oleh masyarakat. Karena dengan konsentrasi dan kualitas tertentu, dampaknya negatif dan dapat mengakibatkan penyakit pada manusia, ataupun lingkungan tempat tinggalnya. Pada saat ini jumlah limbah semakin meningkat, karena hampir seluruh manusia menghasilkan benda buangan tersebut.

Hasil dari benda buangan tersebut berasal dari kegiatan industri, rumah tangga, transportasi dan lain sebagainya. Maka limbah pun dapat menjadi masalah besar bagi manusia. Pengelolaan akan limbah sangat diperlukan untuk mengatasi dampak negatif dari limbah tersebut.

Pengertian Limbah

Limbah merupakan benda yang harus atau sudah dibuang, baik yang berasal dari alam atau dari hasil proses teknologi. Limbah atau yang lebih dikenal dengan sampah dapat berupa tumpukan dari barang-barang bekas, sisa-sisa dari kotoran hewan, sisa tanaman yang sudah membusuk, atau sayuran yang sudah diolah dan sudah basi.

Pengertian lainnya dari limbah ini adalah benda buangan yang dihasilkan dari suatu proses produksi baik dari industri maupun domestik. Semisal limbah dari rumah tangga atau yang kita kenal sebagai sampah. Kehadiran limbah di suatu tempat tidak dikehendaki oleh manusia. Karena sudah menjadi benda yang tidak memiliki nilai ekonomis.

Baca Juga:  Pencemaran Tanah Dapat Mempengaruhi Segala Aspek Kehidupan

Karakteristik Fisik Limbah

Karakteristik fisik dari limbah terbagi dalam beberapa macam atau jenisnya, antara lain:

Zat Padat

Karakteristik dari limbah yang paling mudah untuk dideteksi adalah zat padat, total dari zat padat biasa disebut zat solid, yang artinya seluruh zat padat yang tetap ada sebagai suatu residu. Setelah proses pemanasan mencapai suhu 103-105 derajat celcius di dalam sebuah laboratorium. Sehingga zat tersebut tidak akan hancur walaupun dengan suhu panas rendah.

Bau

Hal yang paling khas dari limbah atau sampah adalah bau, bau adalah efek yang ditimbulkan dari limbah. Karena merupakan sisa-sisa maka sampah atau limbah akan menimbulkan bau tak sedap. Bau itu dihasilkan oleh gas hasil dari dekomposisi atau penguraian dari zat organik, yang terdapat di dalam air limbah.

Jenis gas yang dapat menimbulkan bau di dalam air limbah yaitu antara lain amonia dan senyawa organik sulfida. Sulfida ini biasanya ditemukan di perairan yang kotor sebagai dekomposisi, senyawa organik dan juga sampah industri. Sehingga biasanya anda akan mencium bau tak sedap, jika melewati sungai yang penuh dengan limbah.

Suhu

Suhu pada air limbah biasanya akan lebih tinggi dibandingkan suhu yang ada di sekitarnya. Suhu yang tinggi tersebut akan menurunkan kadar DO dan dapat dideteksi dengan mudah dengan menggunakan termometer biasa.

Warna

Warna juga merupakan karakteristik dari limbah yang paling mudah dikenali. Karena air limbah biasanya memiliki warna tertentu tetapi tergantung pada kandungan air di limbah tersebut. biasanya warna dari limbah yang baru dibuang adalah abu-abu atau bisa berubah menjadi kehitaman.

Warna yang ditimbulkan itu berasal dari adanya proses dekomposisi dari bahan organik, serta menurunnya jumlah oksigen menjadi nol sehingga akan memudarkan warnanya. Tetapi air limbah yang tidak menimbulkan warna tertentu bukan berarti tidak berbahaya.

Baca Juga:  √ Pengertian Westernisasi, Ciri, Contoh, Pola dan Media Penyebarannya

Kekeruhan

Air limbah akan terlihat keruh jika disebabkan oleh zat organik, lumpur, tanah liat, dan organisme lainnya yang mengapung di atasnya. Sehingga akan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk mengendap. Semakin keruh air di suatu limbah maka akan semakin besar juga kandungan limbah, walaupun diidentifikasi dengan sekilas saja.

Karakteristik Kimia Limbah

Sedangkan karakteristik yang terdapat pada kimia limbah diantaranya yaitu :

Bahan Organik

Karakteristik limbah dapat dilihat dari bahan kimia yang berupa bahan organik. Air limbah tersebut mengandung bahan organik berupa protein sebesar 65%, karbohidrat sebesar 70%, dan lemak atau minyak sebesar 10%. Lemak di dalam limbah domestik tersebut biasanya berasal dari sisa-sisa makanan.

Bod Atau Biologycal Oxygen Demand

BOD merupakan jumlah oksigen yang dibutuhkan oleh mikro organisme di dalam lingkungan air. Untuk mengubah bahan organik yang terdapat di dalam lingkungan air yang terkait. Air buangan yang terdapat pada BOD akan berbahaya jika dibuang secara langsung.

Do Atau Dissolved Oxygen

DO atau oksigen yang terlarut adalah suatu kebutuhan dasar yang akan menyokong kehidupan tanaman dan juga hewan di dalam air. Air memiliki kemampuan untuk menyediakan oksigen untuk kelangsungan hidup, setiap makhluk hidup yang ada di dalamnya seperti halnya di dalam laut.

Cod Atau Chemical Oxygen Demand

COD merupakan jumlah oksigen yang dibutuhkan untuk mengoksidasi bahan organik yang dapat dilihat secara kimiawi. Di dalamnya terdapat air yang sempurna, agar bahan tersebut dapat berubah menjadi bentuk lainnya secara alami.

pH

Derajat keasaman merupakan ukuran yang menunjukan kadar asam dan basa di dalam suatu larutan. Pada saat air limbah Demiliki pH yang tidak netral maka hal itu akan menimbulkan limbah yang berbahaya. Apabila ada perubahan keasaman yang terjadi pada air limbah, maka pH akan naik dan dapat mengganggu ekosistem air.

Baca Juga:  √ Pengertian Adab dan Faktor yang Mempengaruhinya Pada Manusia

Pengertian Limbah Industri dan Macam-macamnya

Macam-Macam Limbah Industri

Berikut ini adalah macam limbah industri, antara lain:

Limbah Industri Cair

Limbah industri cair adalah limbah atau pencemaran yg di keluarkan oleh pabrik yg berbentuk cair, dan biasanya di buang langsung kesaluran perairan, kali atau pun selokan.

Contohnya : Sisa pewarna pakaian cair, Pengawet cair, Kandungan Besi pada air, Kebocoran Minyak dilaut, Sisa bahan kimia dan masih banyak lainnya.

Limbah Industri Padat

Limbah Industri padat adalah hasil buangan dari industri yg berupa padatan, lumpur ataupun bubur yg berasal dari suatu proses pengolahan, ataupun sampah yg dihasilkan dari kegiatan industri, serta dari tempat-tempat umum

Contohnya : Plastik , kantong, Sisa Pakaian atau kain, sisa atau sampah elektronik, kertas, kabel, besi dan masih banyak lagi contoh lainnya.

Limbah Gas

Limbah Industri gas adalah limbah yg disebabkan oleh sumber alami maupun sebagai hasil aktivitas manusia yg berbentuk molekul-molekul gas & pada umumnya memberikan dampak yang buruk terhadap kehidupan makhluk hidup dan lingkungan

Contohnya : Pembakaran Pabrik, Kebocoran Gas, Asap, Dan masih banyak lagi.

Adapun contoh lainnya ialah sebagai berikut : Limbah organik cair atau padat akan banyak dihasilkan oleh industri pengolahan makanan, sedangkan limbah anorganik seperti logam berat dihasilkan oleh industri tekstil, Industri yang melakukan proses pembakaran menghasilkan limbah gas.

Demikian penjelasan tentang Pengertian Limbah Industri dan Macam-macamnya (Lengkap). Semoga dapat bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan Anda. Terima kasih.

√ Pengertian Limbah Industri dan Macam-macamnya (Lengkap)
5 (100%) 14 vote[s]