√ Cara Membuat Proposal PTK Beserta Contohnya

Posted on

Cara Membuat Proposal PTK Beserta Contohnya – Pada kesempatan ini Studi News akan membahas tentang Cara Membuat Proposal PTK. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan cara membuat contoh proposal PTK atau Penelitian Tindakan Kelas dan contohnya dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih mudah dalam memahaminya silahkan simak artikel dibawah ini.

Cara Membuat Proposal PTK Beserta Contohnya

Proposal merupakan salah satu perencanaan sistematis dalam melaksanakan suatu penelitian termasuk dalam pembuatan proposal PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Proposal terdiri dari beberapa komponen dan langkah yang harus dilakukan dalam pembuatannya termasuk dalam pembuatan PTK. Disamping itu banyak kegunaan sebagai usulan untuk mengajukan dana pada instansi atau sumber dana untuk penilitian.

Dalam hal ini proposal dapat dibagi menjadi 2 yaitu identitas proposal dan perencanaan penelitian yang mana berisi tentang desain penelitian beserta langkah pelaksanaannya. Didalam pembahasan proposal akan dibagi menjadi 3 langkah yaitu cara membuat proposal, cara menilai proposal dan format proposal.

Format Proposal

Pada umumnya format proposal penelitian baik dalam penelitian PTK atau formal sudah baku. Adapun contoh susunan format yang dikembangkan oleh Tim Pelatih Proyek PGSM, antara lain yaitu:

Halaman Judul

Pada halaman judul berisikan mengenai judul dari PTK, nama peneliti dan nama lembaga, serta tahun proposal di buat.

Baca Juga:  √ Cara Membuat Surat Keterangan Penghasilan dan Contohnya

Halaman Pengesahan

Dalam halaman pengesahan berisi mengenai identitas penelitian dan penelitian yang akan dilakukan dengan ditanda tangani oleh ketua peneliti dan ketua atau kepala lembaga yang mengesahkan. Pada perguruan tinggi yang mengesahkan proposal penelitian yaitu Ketua Lembaga Penelitian dan Dekan.

Kerangka Proposal

  1. Judul dari penelitian.
  2. Bidang ilmu.
  3. Kategori penelitian.
  4. Data peneliti yang terdiri dari:
  • Nama lengkap seta gelar.
  • Golongan atau pangkat atau NIP.
  • Jabatan fungsional.
  • Jurusan.
  • Institusi.
  1. Susunan peneliti yang terdiri dari:
  • Jumlah.
  • Anggota.
  1. Lokasi penelitian.
  2. Biaya penelitian.
  3. Sumber dana.
  4. Perencanaan PTK.

Melihat dari format proposal, tugas penelitian yang selanjutnya mengembangkan rancangan atau desain PTK dari rancangan tersebut diantaranya yaitu:

Judul

Untuk membuat judul penelitian PTK dapat dinyatakan dengan jelas yang mencerminkan tujuan dengan mengandung maksud, kegiatan atau tindakan dan penyelesaian masalah.

Latar Belakang

  • Pada latar belakang berisi pentingnya penelitian dilakukan
  • Kenapa nada tertarik dengan masalah yang anda teliti?
  • Apakah masalah tersebut ialah masalah real yang anda hadapi sehari-hari ?
  • Apakah terdapat manfaat jika di teliti dengan PTK?

Dimana hal Ini perlu kajian literatur atau hasil-hasil penelitian terdahulu yang pernah dilakukan baik oleh Anda sendiri ataupun orang lain.

Cara Membuat Proposal PTK Beserta Contohnya

Permasalahan

Dalam permasalah penelitian PTK harus diangkat dari pengalaman sahri-hari. Bisa Anda mengkaji masalah tersebut, melakukan analis atau bila perlu menanyakan pada para siswa tentang masalah tersebut. Bila sudah yakin dengan masalah tersebut, silahkan anda rumuskan dalam bentuk kalimat yang jelas dan umumnya rumusan masalah dibuat dalam bentuk kalimat tanya.

Cara Penyelesaian Masalah

Dalam menyelasaikan masalah dapat dilakukan setelah Anda melakukan berbagai analisis serta pengkajian terhadap masalah yang akan diteliti. Sehingga Anda dapat menemukan cara pemecahannya.

Baca Juga:  √ Pengertian Puisi Baru, Ciri-ciri, Jenis dan Contohnya

Agar dapat cara pemecahan masalah, anda bisa melakukan dengan mengacu pada pengalaman anda selama ini atau pengalaman teman anda. Dapat juga mencari dalam buku dan hasil penelitian atau dengan melakukan konsultasi dan berdiskusi dengan teman atau para ahli. Cara penyelesaian masalah harus benar-benar applicable atau benar-benar dapat dan mungkin anda laksanakan dalam proses pembelajaran.

Tujuan dan Manfaat

Bila melihat dari masalah dan cara penyelesaiannya Anda dapat merumuskan tujuan dari PTK dengan jelas dan terarah sesuai dengan latar belakang masalah dan mengacu pada permasalahan dan cara penyelesaian.

Kerangka Teoritis dan Hipotesis

Pada kerangka teoritis sangan berpengaruh dan berkairan erat dengan masalah penelitian yang diteliti. Hal ini dapat dengan mudah dipelajari dari buku serta hasil penelitian yang berhubungan dengan masalah tersebut.

Dalam kajian ini sangat bermanfaat dalam memperkaya dengan variable yang berkaitan dengan masalah tersebut. Disamping itu juga dapat menerima masukkan yang dapat membantu Anda dalam menyelesaikan penelitian PTK terutama dalam merumuskan hipotesis.

Rencana Penelitian

Rencana penelitian dapat mencangkup penataan penelitian, faktor, rencana kegiatan, data dan cara mengumpulkan data serta teknik analisis data penelitian.

Jadwal Penelitian

Dihalaman yang berisi tentang bentuk aktivitas yang mengenai penelitian dan rancangan waktu kapan akan dilaksanakan dan dalam waktu atau jangka yang ditentukan. Bila membuat jadwal harus menginventaris jenis kegiatan yang akan dilakukan mulai dari awal rencana, penyusunan proposal sampai penulisan laporan. Biasanya dalam penulisan PTK berupa barchart

Rencana Anggaran

Rencana anggaran yang dicantumkan tentang apa yang digunaan dalam PTK, terlebih biaya bilamana dibiayai oleh sumber dana terkait. Hal ini meliputi persiapan, pelaksanaan dan penysunan laporan. Dalam tahap ini dijelaskan jenis pengeluaran yang akan dilaksanakan dan berapa banyak alokasi dana yang disediakan dalan kegiatan tersebut.

Baca Juga:  √ Pengertian Freelance, Syarat, Cara Kerja dan Kelebihannya (Lengkap)

Demikian penjelasan tentang Cara Membuat Proposal PTK Beserta Contohnya, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.