Pengertian Natrium Sulfat, Rumus, Sifat dan Kegunaanya

Pengertian Natrium Sulfat, Rumus, Sifat dan Kegunaanya – Pada kesempatan ini Studi News akan membahas tentang Natrium Sulfat. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian natrium sulfat, rumus natrium sulfat, sifat natrium sulfat,  dan kegunaan natrium sulfat dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak Artikel berikut ini.

Pengertian Natrium Sulfat, Rumus, Sifat dan Kegunaanya

Natrium sulfat banyak dipakai dalam pembuatan deterjen maupun pembuatan pulp kertas (proses kraft). Natrium sulfat mempunyai karakteristik kelarutan dalam air yang tidak biasa.

Kelarutan dalam air naik lebih dari sepuluh kali lipat antara 0 derajat celcius hingga 32,384 derajat celcius, di mana ia mencapai maksimum 497 g/L.

Pada titik ini kurva kelarutan perubahan kemiringan dan kelarutan menjadi nyaris independen suhu. Ini suhu di 32,384 0C. Sesuai dengan pelepasan air kristal dan mencairnya garam terhidrasi, berguna sebagai referensi suhu yang akurat untuk kalibrasi termometer

Pengertian Natrium Sulfat

Natrium sulfat merupakan garam natrium dari asam sulfur. Dalam bentuk dekahidratnya, senyawa ini memiliki bentuk padatan kristal putih dengan rumus kimia Na2SO4, atau lebih dikenal juga dengan mineral tenardit.

Sedangkan bentuk dekahidratnya mempunyai rumus kimia Na2SO410H2O yang lebih dikenal juga dengan nama garam Glauber ataupun sal mirabilis. Bentuk heptahidratnya berbentuk padatan, yang akan berubah menjadi mirabilit pada saat di dinginkan. Dengan produksi sebesar 6 juta ton/ tahunnya, natrium sulfat menjadi salah satu komoditas bahan kimia utama.

Rumus Natrium Sulfat

Rumus kimia dari natrium sulfat yaitu Na2SO4 yang sering disebut salt cake. Natrium sulfat merupakan padatan yang berbentuk kristal putih yang dapat larut di dalam air dan gliserol. Akan tetapi senyawa ini tidak akan mudah terbakar dan tidak beracun.

Sifat Natrium Sulfat

Natrium sulfat adalah garam netral, yang membentuk larutan dengan pH 7. Netralitas solusi tersebut menggambarkan fakta bahwasanya Na2SO4 berasal dan secara resmi berbicara, dari asam sulfat asam kuat dan basa kuat natrium hidroksida. Natrium sulfat bereaksi dengan jumlah setara asam sulfat untuk memberikan konsentrasi kesetimbangan dari garam asam natrium bisulfat

Pengertian Natrium Sulfat

Kegunaan Natrium Sulfat

Natrium sulfat umumnya di produksi dengan melalui proses Hargraves dengan reaksi pembentukan:

4NaCl + 2SO2 + 2H2O + O2 –> 2Na2SO4 + 4HCl

Senyawa tersebut banyak di gunakan dalam rangka memenuhi kebutuhan industri. Seperti pada industri pembuatan kertas dan pulp, flat glass, detergen, keramik, tekstil, zat pewarna, farmasi dan juga sebagai reagent di lab kimia.

Selain dengan proses Hargraves, senyawa ini juga bisa dihasilkan dengan cara pemurnian garam natrium sulfat atau pertambangan atau sebagai produk lain dari produksi fenol. Di Indonesia, natrium sulfat biasanya diproduksi sebagai bentuk lain dari industri viscose rayon.

Setidaknya ada empat produsen natrium sulfat di negara kita Indonesia. Produsen tersebut dua di Pulau Sumatera dan dua lagi di Pulau Jawa. Mereka adalah PT. Toba Pulp Lestari namun berhenti produksi sejak 2005, PT Indo Barat Rayon, PT South Pacific Viscose yang keduanya ada di Purwakarta dan PT Indah Kiat Pulp and Paper

Sejarah Natrium Sulfat

Hidrat natrium sulfat dikenal sebagai Salt Glauber setelah kimiawan Belanda atau Jerman dan Johann Rudolf Glauber apoteker pada tahun 1604-1670. Hidrat natrium sufat tersebut yang menemukannya pada tahun 1625 pada mata air Austria. Dia menamakannya sal mirabilis atau dalam bahasa indonesia yaitu garam ajaib. Karena sifat obatnya, kristal dipakai sebagai pencahar tujuan umum, sampai alternatif yang lebih canggih ada pada tahun 1900

Pada abad ke 18, garam Glauber mulai dipakai sebagai bahan baku untuk produksi industri soda abu (natrium karbonat), melalui reaksi dengan kalium (kalium karbonat). Permintaan untuk soda abu meningkat drastis dan pasokan natrium sulfat harus meningkat sejalan. Oleh karena itu, pada abad ke-19 (sembilan belas) proses Leblanc memproduksi natrium sulfat sintetis sebagai suatu perantara kunci yang menjadi metode yang paling utama produksi soda abu.

Fisik dan kimia properties Sodium sulfat secara kimiawi ialah sangat stabil, yang tak reaktif terhadap paling pengoksidasi atau pereduksi pada suhu normal. Pada suhu tinggi, dapat dikurangi untuk natrium sulfida.

Demikian penjelasan tentang Pengertian Natrium Sulfat, Rumus, Sifat dan Kegunaanya. Semoga dapat bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan Anda. Terima kasih.