√ Pengertian Pembuluh Balik Vena, Fungsi, Ciri dan Jenisnya

Posted on

Pengertian Pembuluh Balik Vena, Fungsi, Ciri dan Jenisnya – Pada kesempatan ini Studi News akan membahas tentang Pembuluh Balik Vena. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian pembuluh balik vena, fungsi, ciri dan jenisnya dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih mudah dipahaminya silahkan simak artikel tentang pembuluh balik vena berikut ini.

Pengertian Pembuluh Balik Vena, Fungsi, Ciri dan Jenisnya

Vena merupakan pembuluh yang mana berfungsi sebagai pembawa darah menuju jantung. Didalam darah tersebut mengandung karbondioksida yang vena berada didekat pemukaan tubuh dan terlihat berwarna kebiruan. Pada vena terdapat dinding pembuluh yang tidak elastis dan tipis, berukuran kecil dari pembuluh nadi. Hal ini menjadikan darah yang kembali kejantung memiliki tekanan yang sangat kecil sampai tidak terasa.

Pada pembulu terdapat katup pembuluh disepanjang vena yang mana berfungsi supaya darah tetap mengalir pada satu arah. Adanya katup berguna mengalirkan darah menuju jantung, bila terjadi luka maka darah tidak memancar. Akan tetapi mengalir keluar sebab adanya tekanan yang rendah atau tidak terasa.

Vena cava merupakan pembuluh yang akan menjadi satu pembuluh balik yang besar. Vena cava akan masuk ke jantung melewati serambi kanan. Apabila telah terjadi pertukaran gas pada paru-paru kemudian darah akan mengalir menuju jantung lagi melewati vena paru-paru.

Didalam vena ini terkandung oksigen, sedangkan darang yang ada karbondioksida terdapat pada vena pulmonalis. Pada manusia penyakit yang meyerang pembuluh ini biasa disebut varises.

Baca Juga:  √ Pengertian Kantung Empedu, Struktur, dan Fungsi Pada Manusia

Fungsi Vena

Adapun fungsi dari pada vena yaitu sebagai penyalur atau membawa darah dari seluruh tubuh ke jantung atau menuju jantung.

Ciri Vena

Terdapat beberapa ciri vena antara lain yaitu:

  • Banyak terkandung karbondioksida didalamnya kecuali vena pulmonalis
  • Memiliki dinding yang tipis dibandingkan pembuluh arteri.
  • Memiliki ukuran diameter hingga 1,5 cm
  • Berada tidak jauh dari permukaan tubuh dan terlihat berwarna kebiruan.
  • Tidak elastis dan memiliki diameter lebih besar dai pembuluh nadi atau arteri.

Pengertian Pembuluh Balik Vena Fungsi Ciri dan Jenisnya

Jenis Pembuluh Vena

Berikut ini beberapa jenis pembuluh vena diantaranya yaitu:

Vena Cava Superior atau Pembuluh Balik Besar Bagian Atas

Vena cava superior berfungsi sebagai pengangkut darah dan penerima dari bagian atas tubuh yakni pada bagian kepala dan lengan.

Vena Cava Inferior atau Pembuluh Balik Besar Bagian Bawah

Vena cava inferioir berfungsi sebagai pengangkut dan penerima darah pada bagian tengah badan yaitu kaki dan badan.

Selain vena cava, vena terbagi lagi menjadi empat jenis, yaitu:

  • Vena Pulmonalis

Vena pulmonalis atau vena paru-paru yang mana berfungsi sebagai wadah darah yang mengandung oksigen yang dihirup oleh paru untuk dibawa oleh pembuluh vena ini kejantung. Pumbuluh ini terbagi dalam 2 (dua) jenis pembuluh yakni vena pulmonalis kiri dan vena pulmonalis kanan.

  • Vena Cava

Vena cava atau disebut vena sistemik yang berfungsi membawa darah dari tubuh ke jantung bagian atrium kanan. Vena ini terbagi menjadi 2 (dua) jenis yaitu vena cava inferior dan vena cava superior.

  • Vena Supervisialis

Vena Supervisialis atau cuntanea adalah jenis pembuluh balik vena cava yang terletak dibawah kulit dan tidak berada dekat dengan pembuluh arteri. Biasanya dalam melakukan pengecekan kadar gula darah, kolesterol atau lainnya darah diambil pada pembuluh ini.

  • Vena Dalam
Baca Juga:  √ Pengertian Otak Belakang (Metencephalon), Struktur & Fungsinya

Vena dalam atau Deep Vein merupakan pembuluh darah balik yang bersampingan dengan pembuluh arteri, sama-sama disimpan di pembungkus dan tidak terlihat dengan mata telanjang.

Demikian penjelasan tentang Pengertian Pembuluh Balik Vena, Fungsi, Ciri dan Jenisnya, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.