√ Pengertian Cerebrum (Otak Besar), Struktur dan Fungsinya

Pengertian Cerebrum (Otak Besar), Struktur dan Fungsinya – Pada kesempatan ini Studi News akan membahas tentang Pengertian Cerebrum. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan penegertian cerebrum (otak besar), struktur dan fungsinya dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih mudah dalam memahaminya simak artikel tentang pengertian cerebrum berikut ini.

Pengertian Cerebrum (Otak Besar), Struktur dan Fungsinya

Pengertian cerebrum atau biasa dikenal dengan otak besar adalah salah satu bagian terbesar yang berada di otak. Cerebrum mempunyai berat kisaran 1 kilogram pada orang dewasa dan menjadi 2/3 dari berat keseluruhan otak. Cerebrum terbagi menjadi 2 yakni kanan dan kiri.

Dimana pada bagian kiri bertugas dalam mengontrol fungsi dari bagian tubuh sebelah kanan dan pada bagian sebelah kiri untuk mengontrol fungsi bagian tubuh sebelah kiri. Cerebrum fungsinya sangat penting atau sangat vital bagi tubuh manusia, sebab cerebrum adalah struktur terbesar dalam otak. Pada sebagiannya sangat penting dimana terdapat ratusan ribu neuron yang bertugas mengirim informasi ke seluruh bagian tubuh.

Fungsi Cerebrum

Otak besar atau cerebrum mempunyai banyak fungsi yang mana juga menjadi pusat pengontrol dari sebagaian besar aktifitas yang kita lakukan. Dalam hal ini cerebrum berperan untuk mengatur gerak sadar, memori, emosi, belajar, persepsi pada rangsangan, mengatur alat indra dan lainnya. Bisa dibilang cerebrum dapat menjadi pusat pengetur kesadaran dan pusat memori.

Struktur dan Bagian Cerebrum

Melihat dari struktur terdapat 2 bagian dari cerebrum, antara lain yaitu:

Korteks Cerebrum atau Bagian Luar

Korteks merupakan lapisan tipis berwarna abu-abu yang memiliki milyaran badan sel saraf. Pada bagian ini disebut dengan area grey metter. Dimana selsaraf saling berhubungan antara satu dengan lainnya membentuk seperti untaian santai yang mana informasi diterima satu saraf dapat diteruskan dengan komuniasi pada saraf lainnya. Pada bagian korteks di bagi menjadi 3 area utama, antara lain yaitu:

  1. Area Sensorik di mana bertugas untuk mengartikan informasi berupa rangsangan atau sensorik, seperti cahaya, suara dan pengecapan.
  2. Area motorik di mana bertugas mengendalikan otot sampai terjadinya suatu geakan, seperti saat kita menginjak sesuatu yang tajam, maka akan terjadi refleks, kita akan bergerak menjauhi benda tersebut.
  3. Area asosiasi di mana berfungsi untuk merekan pengalaman yang dialami oleh tubuh, kecedasan dan kemauan, juga mengatur beberapa fungsi bahasa.

Pengertian Cerebrum (Otak Besar) Struktur dan Fungsinya

Ganglia Dasar atau Bagian Dalam

Ganglia adalah area berwarna putih yang banyak mengandung dendrit dan akson. Dalam bagian ini lebih tebal dibandingkan korteks, dimana berfungsi emosional, fungsi kognisi, koordinasi gerakan dan mengatur gerakan tak sadar.

Bila melihat dari lobusnya, cerebrum dibagi menjadi 4 bagian, diantaranya :

  1. Lobus Frontal

Lobus Frontal  merupakan bagian otak besar yang terletak didepan yang berfungsi untuk mengatur gerakan atau kegiatan motorik dengan sadar, berfikir, berbicara dan emosi.

  1. Lobus Parietal

Lobus Parietal merupakan bagian yang terletak dibagian belakang lobus fontal di bagian atas cerebrum. Lobus Parietal berfungsi sebagai pusat sensorik atau penerima rangsangan. Contohnya tekanan, suhu, rasa sakit, sentuhan dan lain sebagainya.

  1. Lobus Temporal

Lobus Temporal merupakan bagian otak yang letaknya dibawah lobus parietal, tepatnya pada sisi otak besar yang berfungsi sebagai pusat pendengaran dan bahasa.

  1. Lobus Oksipital

Lobus Oksipital adalah bagian belakang otak besar yang berfungsi sebagai pusat visual atau penglihatan.

Demikian penjelasan tentang Pengertian Cerebrum (Otak Besar), Struktur dan Fungsinya, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.