√ Pengertian Hedonisme, Penyebab, Dampak dan Cirinya

Pengertian Hedonisme, Penyebab, Dampak dan Cirinya – Pada kesempatan ini Studi News akan membahas tentang Pengertian Hedonisme. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian hedonisme, penyebab, dampak dan cirinya dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel tentang pengertian hedonisme berikut ini.

 Pengertian Hedonisme, Penyebab, Dampak dan Cirinya

Pengertian hedonisme merupakan pandangan hidup yang menganggap bahwa seorang akan bahagia dengan cara mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan mengindari perasaan yang menyakitkan. Dalam hal ini hedonisme yaitu pandangan (ajaran) tentang kesenangan atau kenikmatan merupakan tujuan hidup manusia.

Hedonisme berasal dari kata hedonismos atau hedone dalam bahasa Yunani yang memiliki arti kesenangan. Pada pandangan ini dimana berusaha menjelaskan mengenai apa yang memuaskan manusia dan pa yang meningkatkan kuantitas kesenagan itu sendiri.

Untuk orang yang memiliki pemahaman hedonisme lebih cenderung tidak ingin merasakan pahitnya hidup, selalu mencari kebahagiaan dan kenikmatan dengan cara apapun yang mengesampingkan orang lain.

Banyak orang berpendapat bahwa hedonisme hanya didasari oleh hawa nafsu belaka. Yang mana hal ini sangat berkaitan dengan kepuasan seksualitas, kebebasa, kekayaan, dan hal lainnya yang memberikan kesenangan dan dapat membuat melupakan orang disekitarnya.

Penyebab Hedonisme

Dibawah ini adalah beberapa penyebab adanya orang yang menukuti paham hedonisme, antara lain yakni:

  • Faktor Internal

Melihat dari faktor internal pada paham hedonisme timbul dari diri sendiri. Manusia yang tidak akan pernah merasa puas dengan apa yang telah dimilikinya yang menjadi kebiasaan manusia. Inilah yang mempengaruhi akan selalu haus akan mengejar kepuasan dan sesuatu agar merasa puas tanpa memikirkan keadaan sekitar.

  • Faktor Eksternal

Melihat faktor eksternal atau dari luar sangatlah beragam baik dari adat dan buaday luat negri yang tersebar melalui media informasi. Dapat juga orang terpengaruh secara tidak langsung dengan mengikuti arus orang disekitar yang menganut hedonisme.

Pengertian Hedonisme Penyebab Dampak dan Cirinya

Dampak Hedonisme

Dampak dari hedonisme lebeih cenderung kedampak negatif, hal yang ditimbulkan dapat berupa:

  • Individualsime

Orang yang menganut hedonisme akan lebih mementingkan dirinya sendiri, dan kepentingan orang lain atau tidak memikirkan perasaan.

  • Konsumtif

Demi membuat dirinya senang, ia akan selalu mencoba mendapatkan kesenangan atau barang yang belum tentu barang itu akan digunakan atau tidak nantinya.

  • Egois

Sama halnya individualis, Egois selalu melakukan hal-hal hedonisme tanpa melihat sekitar, ntah itu ada yang suka ataupun tidak.

  • Tidak disiplin

Hidupnya akan menjadi tidak teratur, karena yang dipikirkannya hanyalah kesenangan semata. Dan selalu menghabiskan waktunya hanya untuk kesenangan hidup.

  • Tidak berpikir panjang

Selalu melakukan hal-hal tanpa berpikir panjang dengan dampak yang akan ditimbulkan dari apa yang dilakukannya.

  • Boros

Ini adalah dampak mutlak dari hedonisme, semua kesenangan akan cenderung dengan hal-hal yang mewah, dan tentunya akan sangat menghabiskan banyak uang.

Ciri Hedonisme

Berikut ini adalah beberapa ciri dari hedonisme antara lain yaitu:

  • Penganut hedonisme cenderung diskriminatif dan sombong, menilai seseorang orang berdasarkan hartanya, dan selalu merasa lebih baik dari pada orang lain
  • Sifat konsumtif, akan lebih mengutamakan membeli sesuatu kesenangan ketimbang kebutuhan
  • Berpikir bahwa tujuan utama dalam hidup adalah suatu kenikmatan dan kesenangan pribadi.
  • Tidak pernah merasa puas dengan hal yang telah dimiliki, baik itu harta maupun keluarga
  • Tidak memperdulikan kepentingan dan kebahagiaan orang lain sehingga menjadi pribadi yang egois.

Demikian penjelasan tentang Pengertian Hedonisme, Penyebab, Dampak dan Cirinya, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.