√ Pengertian Kata Seru, Ciri, Jenis Beserta Contohnya

Posted on

Pengertian Kata Seru, Ciri, Jenis Beserta Contohnya – Pada kesempatan ini Studi News akan membahas tentang Pengertian Kata Seru. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian kata seru, Ciri, Jenis beserta Contohnya dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih mudah memahaminya simak artikel tentang kata seru berikut ini.

Pengertian Kata Seru, Ciri, Jenis Beserta Contohnya

Kata seru atau bisa juga disebut dengan Interjeksi adalah sebuah ekspresi yang memperkuat ekspresi. Saat menafsirkan kata seru pada intonasi penutur atau pembicara diperhitungkan baik itu bentuk lisan atau tulisan.

Dalam penggunaannya kata seru biasa digunakan pada saat percakapan teks atau informal serta cenderung tidak digunakan bahkan dihindari dalam konteks formal. Kalimat kara seru yaitu memiliki sebuah intonasi yang menggambarkan adanya suatu isi perasaan pembicara.

Pengertian Kata Seru

Definisi dari kata seru adalah adanya sebuah kata tugas yang mengekspresikan perasaan atau hati manusia. Kata seru atau interjeksi yakni sebuah ungkapan ekspresi yang memperkuat ekspresi yang ingin disampaikan oleh pembicara atau penulis terhadap pendengar dan pembicara.

Bisa dikatan bahwa kata seru mengekspresikan emosi yang diekspresikan dalam frasa atau kata. Umumnya kata seru merupakan bentuk dasar dan tidak terkait dengan kata lain.

Baca Juga:  Teks Pantun : Pengertian, Ciri, Struktur dan Macamnya

Interjersi dapat mengekspresikan perasaan batin semisal perasaan saat mereka terheran, tersentuh, terkejut, sedih atau marah. Penempatan kata seru bisa diawal kalimat atau hanya satu kata, diikuti dengan tanda koma (,). Seperti yang sudah diketahui bahwa interjeksi tidak hanya dihunakan dengan tertulis bisa juga penggunaannya dalam bentuk percakapan.

Namun perlu diketahui pada saat memakai kata seru harus memperhatikan jenis tulisan atau percakapan. Kata seru umumnya digunakan dalam percakapan teks atau informal, dan cenderung tidak digunakan atau dihindari dalam konteks formal.

Dalam menafsirkan kata seru intonasi penutur harus diperhatikan, bila kata seru berbentuk lisan atau tulisan. Bila dalam bentuk teks maka pembaca harus memperhitungkan konteks diskusi teks sebab kata seru bisa memberikan makna yang berbeda-beda.

Semisal, kata ‘Sibuk’ saat diucapkan dengan intonasi tinggi menjadi ungkapan ‘Dendam’, sedangkan bila pengucapannya menggunakan intonasi rendah memiliki artian ‘Kekaguman’.

Ciri Kalimat Kata Seru

Dalam hal ini ada beberapa ciri dalam penggunaan kata seru, antara lain yaitu:

  • Penempatan kata kata seru di awal kalimat, biasanya hanya satu kata, diikuti dengan koma jika telah tertulis;
  • Kalimat kata seru yakni mempunyai sebuah intonasi yang menggambarkan adanya suatu isi perasaan pembicara.
  • Tanda seru yakni digunakan sebagai mengekspresikan suatu perasaan.

Jenis Beserta Contoh Kalimat Kata Seru

Berikut ini beberapa jenis dalam penggunaan kata seru beserta contohnya, antara lain yaitu:

Menyatakan Rasa Syukur

Kata seru dapat berupa menyatakan Rasa Syukur, dalam penggunaannya biasanya tanda seru semisal pujian, terima kasih Tuhan, ucapan syukur, keberuntungan, dan lainnya.

Contoh:

  • Syukurlah, kami selamat dari cobaan.
  • Alhamdulillah, hari ini sudah selesai bekerjanya.

Menyatakan Rasa Kagum atau Kepuasaan

Pengertian Kata Seru Ciri Jenis Beserta Contohnya

Kata seru dalam Menyatakan Rasa Kagum atau Kepuasaan, yang mana dalam sebuah tanda seru yang biasanya digunakan untuk mengekspresikan kekaguman atau kepuasan. Semisal Wow, Menyenangkan, Fantastis, Amboi, Aduh dan lainnya.

Baca Juga:  √ Pengertian Identifikasi Beserta Bentuk, Contoh, Dan Prosesnya

Contoh:

  • Wow, alangkah bagusnya tangkapannya!
  • Asyik, akhirnya kita memperolehnya!

Menyatakan Rasa Kesal atau Marah

Kata seru dalam Menyatakan Rasa Kesal atau Marah, hal ini biasanya telah menggunakan suatu tanda seru. Seperti ah, brengsek, sial, sialan, atau lainnya.

Contoh:

  • Ah, Dia anak nakal!
  • Sial, kamu selalu berbohong kepadaku!

Menyatakan Rasa Kaget

Kata seru yang Menyatakan Rasa Kaget, yang mana biasanya telah menggunakan sebuah tanda seru. Semisal nature, oh my god, crazy dan lainnya.

Contoh:

  • Astaga, aku salah telah berbuat kesalahan yang fatal!
  • Gila, kenapa Anda melakukan hal tersebut?

Menyatakan Harapan atau Keinginan

Kata seru dapat Menyatakan Harapan atau Keinginan, hal ini biasanya telah menggunakan sebuah tanda seru semisalnya semoga, insyaallah, mudah-mudahan dan lainya.

Contoh:

  • Mudah-mudahan hasil pendapatannya bagus.
  • Semoga kita semua dapat hadiah bersama.

Mengungkapkan Panggilan

Kata seru dapat Mengungkapkan Panggilan, yakni biasanya telah menggunakan sebuah tanda seru. Seperti woy, hai, halo atau lainnya.

Contoh:

  • Halo, bagaimana kabar Anda?
  • Hai, sedang apa kamu?

Mengungkapkan Rasa Marah

Kata seru dapat digunakan untuk Mengungkapkan Rasa Marah, yakni biasanya telah menggunakan sebuah tanda seru. seperti bodoh, dasar dan lainnya.

Contoh:

  • Bodoh, kenapa aku melakukan ini!
  • Dasar, saya sangat kecewa pada Anda!

Menyatakan Ajakan

Kata seru dapat digunakan untuk Menyatakan Ajakan, yakni biasanya telah menggunakan sebuah tanda seru. Seperti mari, yuk, ayo atau lainnya.

Contoh:

  • Ayo kita pergi besok!
  • Mari kita pergi dari sini!

Demikian penjelasan tentang Pengertian Kata Seru, Ciri, Jenis Beserta Contohnya, semoga dapat bermanfaat.